Tuesday, June 9, 2015

Menu Untuk Sahur Anak-Anak


Alahmdulillah..sebentar lagi sudah mau masuk bulan suci Ramadhan ya..teman-teman. Senangnya bisa menjalankan ibadah puasa lagi. Dan bulan puasa besok pasti nich akan terasa beda..karena *boss kecilku..berjanji akan puasa full sehari katanya. Semoga di beri kekuatan dan bisa tamat 1 bulan. Tiap hari udah tanya..puasanya kapan Mi ?..kata yodha..hihi..gak sabar dia. Jadi ingat waktu kecil...mungkin yang generasiku ngalamin kali ya..pas anak-anak..jika mau masuk bulan puasa itu seneng banget..karena akan selalu ada kemaraian di kampung..hihi. Masjid atau jaman dulu Langgar selalu ramai..ada banyak penjual makanan dadakan di sore hari. Setiap sore anak-anak ada acara takjilan di Masjid, buka puasa bareng. Tiap sahur banyak warga atau remaja berkeliling dari rumah ke rumah dengan aneka bunyi-bunyian...untuk membangunkan warga untuk sahur. Tiap pagi subuhan..selalu jalan-jalan ramai-ramai sama teman-teman..sore ngabuburit juga ramai..wah pokoknya terasa spesial banget kalau bulan puasa itu. Apalagi jika sudah dekat hari raya...ada tradisi * Oncor-Oncoran*..tradisi keramaian pakai *oncor bambu..haha..seru banget dech..*must have* dech dulu...oncor dari bambu dan minyak tanah ini untuk anak-anak...jika sudah dekat-dekat Lebaran. Baru nyadar..aku generasi jaman dulu banget ya..hihi. Beda dengan jaman sekarang..apalagi di kota nich..bulan puasa sama aja seperti bulan-bulan biasa suasananya. Paling acara tivi aja ya yang bernuansa bulan Puasa. Sama kalau sore..lumayan banyak menjamur pedagang-pedagang dadakan..tapi kebanyakan pedagang kelapa muda aja kalau di sini..hihi. Tapi..tetep semangat..semoga lancar bisa beribadah sebulan penuh. 

Nah..karena Yodha udah mau puasa penuh..otomatis biar dia semangat..harus memikirkan menu-menu favorit dia nich untuk sahur. Karena waktu sahur nich anak-anak kadang suka malas jika bangun pagi..terus di suruh makan gitu ya teman-teman. Makanya..harus pinter-pinter nich menyajikan menu-menu favorit mereka agar mau semangat   makan sahur. Kalau Yodha, pastinya..harus nyetok ayam ungkep..jadi sewaktu-waktu minta ayam goreng Juga daging ungkep..dan sosis, dll yang jadi favorit dia. Nah..untuk menu pendampingnya..tentu aja menu-menu yang tidak pedas, agar lebih nyaman buat anak-anak, karena di makan di pagi hari.

Menu-menu pendamping yang cocok untuk menu sahur anak-anak..contohnya menu aneka opor, semur, terik, sup, gulai, kare sayuran, cap cay, dll. Sediakan juga menu-menu kering favorit mereka ya teman-teman..misal kering tempe, kering kentang, abon, serundeng  dll, jadi bisa ada pilihan..misal hari ini malas sahur pakai lauk tertentu..masih ada pilihan lauk lain di meja makan. Jangan sampai kekurangan tenaga ya anak-anak pas puasa. Apalagi jika masih masuk sekolah. Tapi kayaknya sich pas libur panjang ini ya...anak-anak puasanya. Oh ya..jangan lupakan sayur atau buah-buahan ya teman-teman. Pagi-pagi makan buah ?..No problemo..kita bisa pilih buah-buahan yang aman di makan di pagi hari..seperti pepaya, melon..pisang, dll.

Contoh   lauk kering yang bisa di stock untuk menu sahur anak-anak, misalkan kering mustafa ini teman-teman..resepnya sudah pernah ku posting di SINI ya. atau bisa juga lauk kering serundeng . Resep serundeng..pernah juga ku posting di SINI. Tapi, jika malas buat serundeng sendiri..beli aja serundeng siap pakai..aku juga jual lho serundeng kering yang awet dan enak..hihi.


Contoh menu-menu favorit Yodha..ini nich teman-teman..ada semur soun , cap cay   Jawa dan ayam pok pok...serta sup bola bola daging..sup pangsit kuah. dll. Semoga bisa jadi inspirasi menu  sahur buat anak-anak ya. Menu-menu lain. Silahkan search di web ini..pakai kata kunci judul resep yang di perlukan..atau jika mau praktis..ada menu-menu harian komplet..yang ada dalam buku 62 RESEP MASAKAN LEZAT untuk menu sehari-hari yang pas banget untuk menyusun menu bulan puasa besok...karena ada padu padan 62 menu komplet dari menu daging, menu ayam, menu telur, menu ikan dan seafood, menu sayur, menu tahu & tempe..pas banget buat bekal menyusun menu dasar atau pelengkap untuk 1 bulan puasa..hihi. Jadi..silahkan cari di toko Gramedia terdekat ya..atau di Gunung Agung. Jika memerlukannya. Yang mau belajar  bikin kue kering buat Lebaran..juga sudah terbit..buku keduaku ya...yang berjudul..BIKIN KUE KERING YUK..ini buku panduan membuat kue kering untuk pemula..jadi dalam buku ini aku kupas tuntas semua tips dasar dalam pembuatan kue kering. Semoga bermanfaat buat teman-teman..yang mau belajar membuat sendiri kue kering untuk Lebaran ya. Atau mau coba-coba untuk menambah pemasukan menerima pesanan kue-kue kering mungkin. Jika mau pesan lewat aku juga bisa yang buku kue kering ini..hari ini semoga sudah datang..kemaren sudah di kirim dari penerbit Jakarta.

Oke..aku kasih contoh beberapa menu sahur praktis untuk anak-anak ya teman-teman..semoga bermanfaat ^^


Pangsit Kuah Rebus

Sup Pangsit udang ini bercitarasa gurih ringan. Di sajikan dengan kuah yang ringan dan segar, akan jadi hidangan ringan yang menyenangkan untuk sahur, biar cepat, pangsitnya bisa di siapkan malam sebelumnya. Pagi-pagi tinggal masak kuahnya dech.

Untuk  2 - 3 porsi

Kuah Bening
Bahan :
1000 ml air kaldu ayam
2 siung bawang putih goreng, geprek
½ sendok teh garam
1 sendok teh gula
¼ sendok teh merica
2 batang daun sledri, ikat
Cara membuat :
Rebus semua Bahan hingga mendidih dan bumbu mersap. Koreksi rasa
Bahan Pangsit
10 lembar kulit pangsit yang khusus kuah ukuran kecil
100 gram udang cincang
50 gram ayam cincang
1 sendok makan tepung sagu atau tapioka
¼ sendok teh garam
½ sendok teh gula
¼ sendok teh merica
½ sendok teh bawang putih bubuk
Pelengkap
1 batang daun bawang, potong kecil
4 lembar  pok coy
Cara membuat
Aduk rata semua bahan pangsit, isikan ke kulit pangsit, bentuk sesuai selera
Rebus di air mendidih hingga matang sekitar 10 menit
Angkat, tiriskan
Sajikan dengan kuah sup bening dan pok coy rebus
Selain itu ada menu seperti cap cay goreng Jawa berikut..juga cocok untuk menu sahur, resepnya mudah dan cepat. Kekian udang bisa di buat sore atau malam harinya..jadi pas waktu sebelum sahur, tinggal di tumis sebentar.


Cap Cay Jawa
Bahan Kekian Goreng :
150 gram tepung terigu protein sedang
50 gram udang kupas, haluskan
1 butir telur
150 ml air
1 sendok teh  bawang putih bubuk (2 siung bawang putih yang di haluskan )
¼ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh garam
½ sendok teh gula pasir
Aduk rata semua bahan dan sendokkan ke minyak yang sudah di panaskan hingga adonan habis. Dinginkan, lalu potong serong

Bahan Sayuran & Pelengkap
2 lembar kol, potong kasar
3 lembar daun sawi hijau, potong kasar
1 buah wortel, potong serong tipis
100 gram kembang kol, potong kecil
3 butir bakso, iris tipis
1 pasang ati ampela, potong kecil
1 potong ayam rebus,   suwir  atau potong kecil
1 butir telur
½ sendok teh gula pasir
½ sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh kaldu ayam ( aku pakai Alsultan...dan garam secukupnya )

Bumbu halus :
1 sendok makan peres bumbu dasar putih, atau 2 siung bawang putih, 2 butir kemiri, ¼ sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis  bumbu halus hingga matang dan harum, sisihkan di pinggir pan, masukkan telur, buat orak arik
Masukkan bakso, air dan semua bahan lain serta bumbu, kecuali kekian goreng. Tutup sebentar agar bumbu meresap dan sayuran layu. Masukkan kekian goreng aduk rata dan masak hingga meresap sebentar  sebentar saja
Koreksi  rasa
Ada lagi menu yang pasti di sukai anak-anak..soun tumis kecap. Tumisan dengan citarasa gurih manis ini  bisa di variasikan dengan telur puyuh, jamur, kentang goreng, ayam, bakso, sosis, udang. dll. Pasti anak-anak suka teman-teman. Resep Soun Kecap silahkan di liat di SINI ya teman-teman..udah pernah ku posting kok.


Untuk lauk favorit anak-anak..jika suka yang kriuk-kriuk gurih..ayam pok pok ini juga bisa di stock di freezer lho...setelah di goreng setengah matang. Jika mau di sajikan..di biarkan suhu ruang dulu, baru di goreng kembali hingga renyah. Resep ayam pok-pok..juga pernah ku posting di SINI teman-teman. Oke..Selamat menyambut  bulan puasa ya..^^

7 comments :

  1. Cap cay goreng Jawa ini mengingatkan saya waktu masih tinggal di Solo Mbak Diah.. :)

    Terima kasih share-nya... :)

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum mbak Diah..cap cay jawa nya sudah dicoba..maknyus..sekalian mau lapor, paket buku dan pesanan lain sudah saya terima pagi ini..sukses buat karya selanjutnya ya..Fajarati Riau

    ReplyDelete
  3. oncor bambu ? Seumur-umur aku baru sekali pake oncor bambu waktu SD. Disuruh ikut takbiran di sekolah. Pulangnya takut setengah mati karena harus lewat kuburan jam 9 malam, berdua sama teman hihi....

    ReplyDelete
  4. kalau menu itu maknya juga doyan mbak diah..ga hanya anaknya..hehe.
    good job n brilliant!
    ditunggu menu menu simple lainnya edisi ramadhan ya!! (disamping namat in buku resepnya) :)

    ReplyDelete
  5. Mbak, buku resepnya pingin. Belum order dr kmrn2. Hiks

    ReplyDelete
  6. Kalau ada kering kentang di rumah selalu cepat habi smbak, anak-anak suka sampai di jadiin camilan

    ReplyDelete
  7. Mbak mau tanya, tepung kulit ayamnya bisa keriting dengan cantik dan manis diapain ya? Aku sudah baca di resep Mbak, instruksinya dicubit cubit, cuman nggak ngeh dicubitnya bagaimana ya?..mohon pencerahan..matursembahnuwun..

    ReplyDelete