Friday, July 28, 2017

Resep Menu Hantaran Spesial : Nasi Langgi Istimewa


Dalam keseharian kita, tentu ada momen khusus di mana kita sering berbagi makanan ke tetangga, saudara atau kolega kita ya teman-teman.Teman-teman sering bingung memilih menu hantaran untuk keluarga atau teman jika lagi ada acara khusus ? Ngga perlu bingung kok teman-teman...sebenernya banyak sich menu-menu tradisional kita yang menarik ya untuk di jadiin menu spesial untuk hantaran.

Biasanya kan sebatas Nasi kuning, dll...padahal sebenernya masih banyak menu lain yang menarik untuk bisa di jadikan menu hantaran Nah...kali ini aku mau berbgai resep menu hantaran yang nggak biasa nich...dan mungkin belum banyak di kenal luas ya, yaitu Nasi Langgi khas Solo. Nasi Langgi ini adalah Nasi gurih yang di sajikan dengan baragam lauk pauk. Ya seperti halnya Nasi kuning, ada berbagai lauk pelengkap, Nasi Langgi juga.

Ada beragam versi lauk Nasi Langgi khas Solo, tapi aku mau share yang sudah pernah aku cicipi saja ya di Solo versi lauknya. Yang khas itu harus ada Serundeng dan Telur Dadar, selanjutnya ada Sambal Goreng Ati dan Kentang, ada Kering Kentang, ada Terik Daging. Selain lauk-lauk tersebut, bisa di ganti Ayam goreng atau Bestik Daging. Namun aku lebih suka Terik Daging, seperti yang aku makan di Solo, lebih eksotis rasanya...hihi. terik daging itu Daging yang di bumbuin gurih dan di masak api kecil hingga meresap dan mengental kuahnya.

Nasinya udah gurih, di masak pakai santan, lauknya Terik Daging yang gurih manis sedep, ada lauk kering lain...pasti dech akan menarik jika di sajikan sebagai menu hantaran, misal waktu ulangtahun anak, menu hantaran Khitanan dll. Nah tinggal di kemasan saja dalam wadah yang menarik, pasti akan semakin cantik ya teman-teman...walau semua kita masak sendiri di rumah, tetap menarik kan..hihi.

Jika lagi ada acara dan mau membuat menu hantara sendiri, tips dari aku, kita cicil masak dulu menu-menu yang awet dan kering, misal, serundengnya, Kering kentangnya, bahkan Sambel Goreng Atinya bisa kita masak sehari sebelumnya kok, malah akan semakin meresap rasanya. Kita simpan di kulkas, kita panaskan esok hari ketika akan di susun di wadah ya. Nah pas hari H nya kita tinggal memasak Nasi gurih, terik daging dan menggoreng telur dadarnya..jadi lebih mudah dan efisien kan waktunya.

Untuk Wadah, bisa di pilih wadah box sekali pakai, wadah Bento yang lucu, sekalian bisa jadi goodie bag juga kan jika untuk ultah anak..atau jika mau lebih simple bisa pakai kardus lunch box biasa. Kalau aku suka wadah yang unik dan beda seperti yang aku foto ini, lebih terasa spesial gitu...hihi. Tinggal di masukkan ke tas kain yang lucu juga..sudah dech, bisa jadi menu hantaran yang menarik dan istimewa...ya kan teman-teman. 

Oke dech, langsung aja aku share ya resep Nasi Langgi nya. Yang aku share Nasi gurihnya, kemudian Terik Daging, Sambal goreng kentang, sama Kering Kentang  aja ya. Serundengnya aku pakai yang siap pakai. Telur pasti semua udah bisa kan bikin Telur dadar iris..hihi.
Sego gurih
Bahan :
300 gram beras
2 lembar daun salam 
1 batang serai, di ambil putihnya, dimemarkan
1/2 - 1 sendok teh garam / secukupnya
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa 

Cara memasak :
Rebus beras, daun salam, serai, garam, dan santan sampai mendidih.
Kecilkan api, masak hingga santan terserap di nasi
Kukus hingga matang
Terik Daging

Bahan :
500 gram daging berlemak ( misal tetelan atau Sengkel, plus boleh di tambah Telur rebus beberapa lho, jadi enak telurnya di masak Terik gini )
4 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan 
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang, memarkan
Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula merah 50 gram
Santan sedang 1500 ml

Bumbu halus :
8 buah bawang merah 
4 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daging, aduk hingga  berubah warna, masukkan santan dan bumbu2 lain. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengaental dan daging empuk .
Koresi rasa. Sajikan
Sambel Goreng Kentang & Ati

Bahan :
250 gram kentang, potong kotak kecil-kecil, goreng hingga matang
5 pasang Ati ampela, rebus, potong kecil
2 lembar daun salam
2 lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk ( optional )
Garam sesuai selera
Bawang merah 8 butir, iris tipis
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Cabai merah besar 10 buah, iris tipis, haluskan ( sesuai selera )
500 ml santan

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, masukkan cabai merah halus, tumis kembali hingga matang dan harum cabenya. Masukkan santan, kentang, Ati dan bumbu lainnya. Masak dengan api kecil hingga kuah menyusut. Koreksi rasa. Sajikan.
Kering Kentang

500 gram kentang kupas, potong dua, iris tipis
1 sendok teh air kapur sirih ( jika tidak ada ya nggak usah pakai )
3 buah cabai merah besar buang biji, iris halus, goreng
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas memarkan
50 gram gula merah, serut
1/2 sendok kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok makan air asam jawa dari 1 sendok teh asam, larutkan

Bumbu Halus:
2 buah cabai merah keriting
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih 

Cara membuat :
Rendam kentang dengan air secukupnya dan air kapur sirih, selama 15 menit, angkat, cuci bersih kembali, tiriskan. Jika nggak ada Kapur sirih, rendam aja dengan sedikit garam.
Goreng hingga kering dan renyah
Tumis bumbu halus hingga matang, masukkan 100 ml air, gula dan semua bumbu
Aduk hingga mengental dan berambut ( muncul buih ), tes rasa sudah pas belum gurih manisnya, tapi ati2 bumbunya sangat panas ya..hihi.
Masukkan kentang goreng, aduk cepat hingga bumbu terselimuti rata
 Penyajian :
 Sajikan Nasi Gurih dan lauk pauk pelengkap, serta lalapan, Kerupuk Udang, Sambal dll sesuai selera.

Selamat mencoba ya teman-teman....



Oh ya, teman-teman yang nggak punya banyak waktu di dapur, bisa juga pesan ke Catering kok, kita bisa request menu sesuai yang kita inginkan juga, mungkin tetap akan jadi hantaran spesial walau nggak sempat masak sendiri. Pilih Catering yang terpercaya dan berkualitas ya.

Untuk teman-teman di wilayah Jakarta, ada teman-teman bisa menghubungi jakarta Catering. layanan Catering terpercaya yang menyediakan beragam layanan paket yang menarik dengan harga terjangkau, seperti menu Nasi box atau menu hantaran  dengan kualitas dan pelayanan yang memuaskan. Bisa untuk event pernikahan, ulang tahun, khitanan katering kantoran, dll. Untuk melihat menu-menunya, bisa di lihat di websitenya  Catering Jakarta ya.




1 comment :

  1. Selamat pagi mbak Dyah. Terik daging sdh saya coba, mantap! Tapi saya tdk pake santan, jadi kuah agak encer. Tetep enak kok! Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete