Saturday, February 22, 2014

Steak Daging Cincang & Sosis


Wah...maaf ya teman2..baru online dan bisa posting resep baru. Hari ini sibuk beres2 dapur sendiri..karena ada tukang mau benerin rak dapur..eh lha kok pas mba art ku libur..jadi dech dari bangun pagi sibuk di dapur..bukan masak ..tapi bersih2 dan beres2. Sampai nggak terasa waktunya makan siang..ya udah masak yang cepet aja dan simple..bikin steak praktis ini. Kebetulan tadi malem ke toko daging langganan..jadi punya stock daging cincang segar dan sosis yang enak. Yummy dech walau simple steaknya teman2. Eh lha kok mau posting dari tadi...internet kok ya lemot banget..jadinya baru sempat sekarang dech. 3 sekarang kok kurang bagus kualitasnya koneksinya..dulu awal2...cepet banget padahal..sakarang sering lemot..huhu. Jadi maaf juga ya teman2..belum bisa bales komen2nya..nanti lha..nge klik reply aja..muter2 aja terus nggak kebuka2..nanti segera aku bales ya..setelah koneksinya normal..^^

Oh ya..selain di buat steak dan di makan dengan saus dan aneka sayuran begini..steak daging cincang ini juga enak buat isian burger atau sandwich..karena ya memang rasanya mirip2 sama daging burger. Mudah saja kok membuatnya..dan pastinya lebih enak & sehat ya..karena homemade dan dagingnya juga lebih banyak dan lebih segar. Oh ya..dagingnya jangan terlalu halus ya..kalau buat steak gini..lebih baik pakai daging cincang siap beli yang ada di supermarket itu..kalau nggak beli di toko daging kayak aku , jadi kualitasnya bagus dan empuk dagingnya...juicy gitu lho kalau di panggang. tapi kalau pakai daging biasa..ya nggak apa2..asal yang kualitas bagus, terus di cincang2 sendiri aja..jangan di blender..atau food processor..nanti terlalu halus..jadinya galantin dech..hihi. Karena steak daging gini..enaknya kalau masih terasa cincangan dan serat2 dagingnya. Kalau nggak punya panggangan yang tebal..ya di goreng saja dulu, baru di panggang bentar di teflon sambil di oles saus. Tapi kalau punya panggangan yang tebal..misal..kayak grill pan..atau happy call..dll..memang lebih enak  lagi kalau langsung di panggang.

Oke..selamat mencoba ya teman2..moga2 bisa jadi ide menu buat weekend di rumah ya..^^
Steak Daging Cincang & Sosis
( Untuk 3 porsi )
Bahan :
Sosis sapi 6 buah, kerat2 
2 buah wortel, potong panjang2, rebus sebentar
50 gram buncis, rebus sebentar 
2 buah kentang, potong panjang2, goreng

Bahan steak daging cincang :
150 daging cincang
50 gram tepung panir
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 butir telur ukuran kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Bahan saus :
1 sendok margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
200 ml air
1/2 sendok makan tepung tapioka, cairkan dengan 1 sendok air
2 sendok makan saus tomat
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Saus : tumis bawang bombay hingga harum, masukkan semua bahan lain. Koreksi rasa. Kentalkan dengan tepung tapioka. Masak hingga meletup2 dan kental
Campur semua bahan steak daging cincang, aduk rata, bentuk bulat pipih. Panggang di grill pan yang sudah di oles margarin , sambil sesekali di oles sedikit saus steak. Jika pakai teflon biasa..lebih baik di goreng dulu sebentar di minyak terendam..supaya lebih matang bagian dalamnya, baru di panggang sebentar di teflon sambil di oles saus.
Panggang juga sosis, sambil di oles saus.
Sajikan steak dengan kentang goreng, sayuran dan saus.
  • Siang tadi ujan deres banget, jadi terpaksa foto di dalam ruangan..jadi agak kurang maksimal fotonya..plus di usilin anak ganteng nich..hihi..jadi salah fokus kameranya..^^
  • Gunakan sosis kualiatas bagus ya teman2..agar lebih enak hasilnya...tadi Yodha bilang..wah..keren mi...kayak menu di kafe..*mix grill* katanya..hihi.

33 comments :

  1. Replies
    1. Makasih Mba Mutiara..yukk di cicip..:)

      Delete
  2. Assalamualaikum mb.diah....

    baru pertama kali ini aku meninggalkan jejak....hihi....
    Nyummy bgt ya mb steaknya ngileer ini liatnya ;3
    oh ya mb. mau tanya toko dagingnya namanya apa ya mb? sekalian ancer2 alamatnya...hehehehe :)
    trus mau tanyak lagi mb...tbk yang kumplit di semarang bawah dimana ya mb?? siapa tau mb diah tau,,,hihihi


    matursuwun mb, maaf bnyk tnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass..Mba Mela..:)
      Mksh Mba..aku biasa beli daging dan sosis di toko daging Nandisari Mba..ada di Karangrejo Banyumanik..kalau dari Smrg bawah samapi carefour Srondol..lurus dikit lagi terus ada pertigaan terminal kecil Banyumanik..belok kiri Mba..lurus terus..nanti ada papan namanya Nandasari..depannya bakso dan mie ayam Pak Hadi..:)
      Kalau di bawah banyak tho Mba..TBK..ada Lusiana...ada Harmany mart di CItarum..dll.

      Delete
  3. mba, daging cincangnya ga pake telor ya? ga ambrol (ambroolllllll...hahahahah) ya pas digoreng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake mBa..lupa nulis ya..maaf..pakai telur 1 butir di adonan..:)

      Delete
  4. mbak diah nih bikin ngiler aja masakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Lydia..:)..yukk di coba :)

      Delete
  5. Mbak didiiiii , menyenangkan sekali webnya , resepnya mudah ga begitu ribet dan anti gagal. Baru pertama kali aku bisa masak sesuai resep. Hihi masakan yg udah aku buat tahu pletok , kremes yg di blender , ayam kecap , ayam goreng kunyit , sambel terasi matang. Sebelomnya ga bisa masak banget. *maklum anak kuliahan males belajar masak maunya beli hihi* Tx ya mbakkk serasa akhirnya jadi cewe banget nih hihi.. aku mau coba steaknya nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkasih Mba,..syukurlah jika sedikit membantu ya resep2 di sini. Sipp ayukk semangat coba resep2 lain..drpd beli kan lebih murah dan sehat bikin apa2 sendiri kan..:)

      Delete
  6. Mba Diah,,, aku ngileeeeer ngeliat sosisnya,,, enak banget tuh montok2 gitu, trus kalau sapinya andai aja bisa diganti ayam nyuuuummmm,,,, ngiler banget deeeeh mba,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong Mba Tina..jadi steak ayam cincang..prinsipnya..semua daging bisa di buat steak ala burger gitu..daging ika tenggiri jug abisa..tau akakap..:) Itu memang sosoi homemade mba..bukan buatan pabrik..di jual khusus di toko daging langgananku..enak..terasa daging tapi tetep kenal.:)

      Delete
  7. Aku udah coba ini, mbak. Dilahap habis sama keponakanku. Makannya pelan pelan, dikit dikit gitu. Aku tanya, "kenapa kok gitu? Gak enak yak?". Dia jawabnya: "takut cepet abis, enak sih." hahaha. Ternyata, buat sendiri juga bisa seenak beli. Trimso mbak resepnya. *btw ini aku kayaknya pake account-nya suami deh :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba...ndak pa2..:)
      Aih..lucunya keponakannya ya Mba...masak karena enak..di makannya dikit2 dan pelan2..:)

      Delete
  8. Aku dah coba bikin ini kemarin mba. Simpel tapi enaak. Buat anak2, dagingnya aku jadiin sandwich, tapi ga pake sausnya karena mereka kurang suka. Kalo aku sih dimakan pake nasi :D Makasih resepnya yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mama Aisyah..iya..bisa buat isian burger atau sandwich lho buat anak...:)

      Delete
  9. Mbak itu tepyng panir yg dipake yg gmn? Sy pk yg kasar warna orange. Trs knp penampilannya ga item menarik ky yg mbak buat ya? Pdhl smua udh sperti resep.hehe sy amatiran emg.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung panir bisa halus..bisa kasar ..:)
      Lha..kan tinggal manggangnya aja tho Mba..kalau masalah warna...resep kan cuma ukuran bahan..pengaruh ke rasa..bukan terus pengaruh ke hasil akhir warnanya harus sama gitu..hihi..kalau itu ya tergantung cara manggang masing2..:)

      Delete
  10. haloo mbak, sy udah 2x bikin resep ini. rasanya enak, hehe bangga.com Oya mbak diah cara manggangnya gmn spy bs tampil cantik gt ? suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..syukurlah jika suka..:)
      Lha..aku manggangnya pakai teflon biasa itu lho Mba..hihi. Di panggang biasa aja :)

      Delete
  11. ya mb 3 sekarang gitu. Mungkin banyak yang pakai kali ya. Resep yang diatas telurnya ada 2 ya mb . 1 sebelahnya daging cincang, 1 bawahnya bawang bombay ? kalau dagingnya dicampur tempe, gimana ya sensasinya ? saosnya enak mb, bahannya gampang nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul Mba Jenny..kira2 pindah ap alaghi ya..yang belum byk pake..hihi..nich lemot terus klu buka fb...juga..:)
      Satu aja mba..telurnya..kmrn ada yang nanya..ku pikir belum ku tulis..hihi
      Tambah tempe..coba ja mba..kali enak juga..hihi

      Delete
  12. pernah mb ak ganti im3, xl, sempati , cepet juga sih mb, kuota jg cepet he...he akhirnya back to basic. pelan2 asal kelakon, kok jd ngomongin ini ya , g apa2 kan mb. ini uda ak coba steak tempe ama daging. enak jg ternyata. resep steak tetap resepnya mb, oce....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba Jenny..aku pernah pakai IM2 juga cepet habisnya..kalau 3 ini walau lemot ya tetep bisa update blog..wis ndak pa2 dech ya,..hihi. Wah..sipp itu di tambah tempe ya mba steaknya..:)

      Delete
  13. Baru kemarin sy nemu blog nya mba Diah. Dan sy kagum sekali dgn blog mba ini. Resep2nya komplit, asli masakan keluarga, dan sy ga akan kehabisan ide karena tinggal contek. Dan yg bikin aq tertarik selain mba Diah pinter masak, juga pinter mengambil gambar sehingga fotonya terlihat menarik. Kaya dimajalah2 gitu mba. Mba pake kamera apa? #maaf pertanyaannya ga penting n out of topick hehe:D gpp kan?? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Sopa..iya..meu sehari2 aja kok Mba..isi blog ini..buat catatan harian dapurku..hihi.
      Aku pakai Nikon Mba..yang DSLR kameranya..:)

      Delete
  14. Mbak Diah, bawang bombay buat steak-nya memang mentahan ya, tdk perlu ditumis dulu? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  15. uda cobaaaa bunda diahhhh enakkkkkkk

    ReplyDelete
  16. Sipp mba Archita, mba Sisca..maaf telat bales..iya mentah..:)

    ReplyDelete
  17. Hai Mbak, saya sudah coba resep ini 2x..suami dan anak saya suka banget. Bumbu nya pas bingittt... tiap gigitan nya berasa maknyus mbakkk... Saya selalu goreng dulu biar pasti matang, trus saus nya saya pake jadi olesan jd keluar warna panggangannya (pake teflon). Disini banyak saus steak kemasan gitu mbak, jadi untuk sausnya kami ganti-ganti terus rasanya... tapi steak nya teuteup... Thanks banget mbak.... :)
    Fera - den haag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Fera..syukurlah jika suka ya..:) Iya..bis adi goreng dulu biar matang sempurna ya..:)

      Delete
  18. Kak Diiii, kok aku buat hasilnya lembek ya kak ? Gak padet kaya penjual burger lain. Bagian yang pas dan hemat untuk mbuat daging ini apa aja sih kak ? Adakah tipsnya ? Ditunggu infonya kak. Many thankssssss

    ReplyDelete
  19. Karena ga ada daging sapi akhirnya saya ganti bahannya menggunakan daging ayam. Keterbatasan perangkat masak tidak menghalangi kreasi, sesuai saran mbak Diah, adonan steak digoreng dulu agar dagingnya masak sampai dalam. Taraa hasilnya tetap lezat. Anak saya suka banget. Sun sayang dari putri kecil saya untuk mbak Diah.

    ReplyDelete