Thursday, July 10, 2014

Ayam Bakar Bumbu Terik



Beberapa waktu lalu sempat ngobrol di email sama tante Francine di email tentang aneka masakan. Nah..salah satunya kita ngobrolin seru masalah ayam terik. Tante Francine cerita kalau beliau bikin ayam bumbu terik..yaitu bumbu khas Yogya itu selalu hasil akhirnya di panggang atau di bakar. Jadi rasanya jadi lebih legit dan enak sekali. Nah..pas kemaren aku bikin ayam terik ini..jadi ingat tips tersebut..jadi aku coba..dan ternyata..memang tambah enak banget ayam teriknya. Bumbu2nya yang mengental..di bakar..hemm..jadi ada aroma dan citarasa tersendiri ya. Suka dech. Jadi rasanya mirip2 sama ayam  panggang Klaten yang udah pernah ku share juga resepnya dulu. Rasanya..Jawa banget..hihi...gurih dan sedikit manis.

Untuk sambelnya..aku pakai sambel mentah aja..cabai rawit, bawang merah, bawang putih, di iris2..kemudian di remas2 sedikit pakai garam dan gula pasir sesuai selera. Tambah minyak panas sedikit, biar nggak langu. Terus..tambahin kemangi dech..eh enak lho ternyata..kayak sambal dabu2 gitu..hihi. Tapi ini versi ngarang aja..aku tambahin kemangi..hihi. Tambah seger kok..dan ada aroma khas kemanginya.

Untuk ayamnya..paling enak sich pakai ayam kampung..tapi jika tidak ada yang pakai ayam pejantan aja..juga enak..nggak ada juga..ya..pakai ayam biasa aja..hihi. Asal bumbu2nya pas..ya tetep enak kok. Selamat mencoba ya teman2..^^

Ayam Bakar Bumbu Terik

Bahan :
1 ekor ayam pejantan, potong jadi beberapa bagian
3 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
1.500 ml santan dari 2 butir kelapa
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
1 sendok teh air asam Jawa.

Bumbu Halus: 
8 siung bawang merah 
4 siung bawang putih
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan semua bumbu2 lain, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, ayam empuk dan kuah mengental. Panggang atau bakar hingga harum. Sajikan dengan sambal sesuai selera.


14 comments :

  1. Mbak Diah.. bakarnya pakai arang ato magic roaster?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma pake frying pan biasa mba..manggangnya..hihi..tapi punyaku tebel memang dr stainless steel...jadi suka tak buat manggang2 gini..males je nyalain arang ya Mba..hihi. Pake teflon juga bisa kok mba..api kecil..praktis..atau pan lain yang yang ada di rumah yang nggak lengket.

      Delete
    2. Iya, mbak.. dah bayangin mo masak sate, ayam bakar mesti nyalain arang?? baunya kemana-mana belum lagi kotornya...

      Delete
  2. Oke sip mba,,, masuk dalam daftar yang mau dieksekusi,,, ayam penjantan gitu loh xixixi, pasti lah enak apalagi dibakar gini... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mba Tina..kita nich penggemar ayam ini ya..yukk di coba biar nggak bosan olahan ayamnya..:)

      Delete
  3. mba diah, bumbu terik itu kyk bumbu opor ya tp minus jintan ? winny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba..bedanya cuma santan utk terik ini harus kental dan di masak sampai kuah mengental gt mba..jd nanti citarasanya akan berbeda dari opor..lebih merasuk ke bahan2..cobain dech..^^

      Delete
  4. Biasanya saya membakarnya di teflon diberi alas daun pisang, agar bumbu teriknya nggak ikut hangus, dan semakin nikmat bumbu teriknya, aroma daun juga menambah lezatnya ayam bakar ini,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Yanti,,mskh info dan tipsnya ya..kpn2 aku coba..:)

      Delete
  5. Mbak sy perhatikan kok mbak diah ngga pernah pakai ayam broiler ya? Apa benar ayam broiler itu sumber penyakit kanker mbak jadi kita baiknya pakai ayam kampung atau ayam pejantan aja ya? - andry-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku karena cenderung suka rasanya Mba..hihi..lebih enak dan nggak amis..:) di buat kaldu dll lebih gurih gt mba..:)

      Delete
  6. Mba Di, kalau mau bikin ayamnya 5 ekor, bumbu2nya harus dikali 5 atau bisa dibuat untuk pengulangan?

    ReplyDelete