Tuesday, October 21, 2014

Leker Isi Sosis



Membuat kue leker sendiri..kini makin mudah dech..sejak adanya tepung leker mix yang aku jual..aku jadi sering banget bikin leker buat Yodha. Apalagi dia memang suka cemilan yang kriuk2 garing gitu. Paling seneng sich dia isi meises atau coklat serut atau susu kental manis. Kayak tadi..buat bekal dia minta kue leker isi coklat. Adonan masih sisa separo..iseng aku buat leker isi sosis. Ternyata enak banget teman2. Gurih kriuk kulit leker..berpadu dengan gurih sosis dan olesan saus tomat atau sambal..wah..perpaduan yang istimewa. Tapi harus segera di nikmati ya..sesaat setelah di buat leker sosis ini..agar sensasi kriuk kresnya tetep dapat. Buat yang suka mayones..keju dll..bisa juga di tambahkan ya..sesuai selera.


Dulu..aku agak2 ragu makan kue leker atau crepes yang isinya gurih..aku pikir apa enak ya..ndak nabrak2 gitu rasanya. Ternyata enak banget..hihi. Di Semarang sini ada penjual leker yang terkenal memang isinya macam2..selain manis..jual isi kornet..daging asap..sosis..sayur dll. Dulu aku belum bergeming untuk mencobanya. Buatku..kue leker paling enak ya isi pisang raja yang ranum dan matang di tambah coklat meises..udah itu *the best* dulu...hihi. Nah kemaren malam nonton acara Eat Street di afc itu di luar negeri ada penjual Crepes renyah yang isinya macam2..aneka daging, telur, isian buah dll..macam2 dech..mana isinya melimpah gitu dan laris manis...di jual di jalanan Amerika. Jadi kepengen crepes ala Indonesia..alias kue leker..hihi yang di isi macam2 juga. Akhirnya tadi mencoba isi yang simple dulu..isi sosis sama saus tomat aja..udah enak banget..hihi. Wah..bisa terus berkreasi nich dengan kue leker. Apalagi bikinnya cepet dech..kalau pakai tepung leker yang aku jual nich..tinggal campur2 bahan..di blender bisa..di mixer bentar bisa..jadi dech adonan..tinggal panggang.

Untuk menghasilkan kue leker yang crispi dan tipis..paling mudah memang pakai wajan kewalik atau crepe maker..apa itu ?..Klik di SINI ya info lengkapnya...aku juga jual lho wajan kewaliknya. Jadi jika teman2 mau pesan..ready stock juga. Tepung leker yang aku jual..produksi pengusaha kue leker Semarang..yang dulu beli franchise resepnya dari leker terkenal di sini..jadi sudah pasti enak hasilnya. Yodha aja nggak pernah bosan lho..makan leker ini. Hasilnya kriuk..renyah dan gurih. Pas dech rasanya. Bisa di buat jadi kue leker tradisional..atau crepes renyah ala mall yang bisa di isi macam2 isian..salah satunya kayak isi sosis yang aku buat ini. Next mau coba isi buah2 an dan es krim ah..pasti yummy dech di nikmati di siang yang terik begini. Ini tepung lekernya..tapi masih pakai stiker lama..hihi..karena ini foto lama. Tapi sama kok dengan kemasan stiker baru yang sekarang produksinya teman2.


Ini hasil kue leker yang pakai wajan  kewalik atau crepes maker teman2..bisa tipis dan renyah kriuk. Tapi aslinya adonan dari petunjuk di kemasan tepungnya lebih tebal. Tapi kalau aku suka yang tipis dan kriuk gini..jadi jumlah air pasti aku tambah dari yang tertulis di kemasan. Jadi..jika di jual juga kue lekernya bisa lebih banyak hasilnya teman2..karena lebih tipis. Jika mau usaha kue leker..ada alatnya khusus lho. Ada yang bisa di putar2 manual plus kompornya..rakitan khusus gitu sekitar 1 jutaan ya..kalau yang lebih modern udah *build in* yang langsung di atas kompor wajan ceper gitu..dan di putar pakai sutil khusus gitu aku liat di internet 3 sampai 4 juta..itu juga lebih mudah lagi. Yang paling murah alatnya..cukup pakai wajan kewalik yang aku jual aja..hihi...murah meriah , udah dapat bonus wadah adonan dan sutil kayu teman2. atau jika telaten ya pakai teflon biasa yang anti lengket ya. Cara pakai wajan kewaliknya juga mudah saja..tinggal bagian bawah wajan di celup ke adonan setelah di panaskan terlebih dahulu, lalu di panggang hingga matang..hasil..bisa tipis dan renyah.tanpa perlu repot2 meratakan manual adonannya..hihi. 

Ok...ini dia resep kue leker sosis dari tepung leker yang aku jual ya..moga2 bisa jadi salah satu alternatif varian kue leker buat teman2 yang kemaren udah order tepung leker ya..^^ 
Leker Sosis

Bahan :
10 buah sosis sapi kualitas bagus, panggang sebentar dengan sedikit margarin, potong2 bulat , sisihkan.
Saus tomat secukupnya.

Adonan leker
125 gram tepung leker
2 sendok makan gula pasir ( karena isi gurih aku pakai gula sedikit aja...tapi bisa di sesuaikan selera ya teman2..maksimal 50 gram aja biar nggak terlalu manis )
1 sendok teh margarin cair
1/4 sendok teh garam
1/4 butir telur
Air 200 ml

Cara membuat :
Blender semua bahan adonan leker hingga halus adonannya. Saring jika perlu.
Tuang di wadah adonan khusus crepes maker.
Panaskan wajan kewalik, jangan terlalu panas ya..cukup agar adonan bisa menempel saja..agar leker tidak berlubang2.
Panggang hingga hampir kering, beri sosis, dan saus sesuai selera
Lipat dua, panggang hingga kering dan renyah di api kecil
Sajikan segera





10 comments :

  1. makk...tepung lekkernya bisa buat bikin mille crepes gak maak..??? hiihiih dah lm beli tp masih nganggur nih makk...:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda adonannya mak..kalau mile crepes itu terigu aja.plus pakai susu byk..hihi

      Delete
  2. aku belum di buat tepung lekernya nih mbak

    ReplyDelete
  3. Mbak,beli tepung lekernya kalo di Semarang di mana?

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. mau tepungnya kah email ya di bundadidi@gmail.com mas..Tq

      Delete
  5. 1/4 butir telur ini gmna mbak?putihnya ato kuning, ato yg bagaimana?bingung... ini tepung dari mbk masih baru mau tak coba. bingung.. hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kocok lepas dulu mba..terus di bagi 4..hihi

      Delete