Tuesday, April 14, 2015

Sambal Goreng Bola Daging, Tempe & Krecek




Sambel goreng lagi..yapp..memang ini salah satu menu favorit di rumah. Maklum..wong Jowo..sukanya ya sambal goreng. Sampai ada temenku protes..kamu kapan masak rendang..hihi. Iya ya..kebangetan banget aku ini..masak rendang aja nggak jadi-jadi terus. Lha gimana coba..tiap punya daging bagus..aku tanya ke suami, mau di masakin apa dagingnya ..pasti jawabnya..di ungkep aja..di empal kelem aja..di terik aja..di bacem aja..di tongsengaja..hihi..pokoknya pasti menu2 ala Jowo bingit yang di pilih suami dan anakku. Yo wis lah..jadinya belum sempat masak rendang hingga sekarang. Tapi..aku janji dech..aku mau masak rendang nanti jika selo..jika semua kerjaan bulan ini udah beres..hihi. Halah..kelamaan..hihi. 

Padahal suamiku yo suka masakan Padang..tapi seringnya beli aja. Takut masakan Padang rasa Jowo kali ya..kalau aku yang masak..hihi. Lha..kemaren aku buat sambal hejo aja..tetep..ku kasih sedikit gula..haha. Tapi..jadi lebih sedep kok..sambalnya.

Nah..kalau masak sambel goreng nich..apa aja bisa teman-teman..mau telur, krecek, ati, daging, ayam, tahu..tempe..kentang..buncis..labu siam..dll..enak di masak sambel goreng. Biar komplet gizinya sekali masak aku buat aja 3 bahan sekalian masuk..tempe..krecek dan bola-bola daging. Jadi sekali  masak padat gizinya..hihi. Memang kalau sambel goreng ala Jowo..itu bahan yang paling sering ada itu yang krecek atau rambak.

Oh ya..ini aku buat sambal gorengnya..pakai krecek versi Solo. Krecek adalah kulit sapi yang di olah dan di proses , dan di goreng, jadi kayak kerupuk gitu. Biasa di masak untuk sambal goreng,  teman makan gudeg dll.  Di sebut juga rambak. Aku biasa masak pakai yang rambak Yogya..tapi pas habis..jadi aku pakai yang Solo ini..lebih kecil2..dan ada sedikit kenyal..jadi nggak mudah hancur. Tapi..tetep bisa empuk kok teman-teman..asal masaknya bener..di masak api kecil hingga agak lama...biar bumbu-bumbu juga makin meresap.


Jadi buat teman-teman yang kemaren pesan rambak krecek Yogya ku yang stocknya habis..bisa di ganti yang Solo ini..rasanya sama enak..cuma ukuran lebih kecil-kecil..dan ada sedikit kenyalnya. Di bagian luar, tapi empuk dan lembut bagian dalamnya..sama kaayak krecek Yogya. Bedanya..kalau krecek Yogya besar-besar dan lembut luar dalam...jadi lebih cepat empuknya.

Sambel Goreng Bola Daging, Tempe & Krecek

Bahan Bola daging :
150 gram daging cincang / daging giling ( bukan di blender atau pakai food processor ya )
1 putih telur
Garam 1/4 sendok teh
Aduk semua bahan, bentuk bulat2, lalu rebus di air mendidih hingga terapung.
Krecek 50 gram, cuci bersih, tempe 1/2 papan, potong kotak kecil
Santan 500 ml
8 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis, 
10 buah cabai merah keriting, haluskan
 1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu sapi bubuk ( optional )
Garam secukupnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabai merah halus, aduk rata hingga matang, masukkan santan dan bumbu-bumbu lain. Biarkan hingga mendidih, masukkan bola-bola daging, dan tempe dan krecek. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Sajikan.

Nich..Yodhaku juga penggemar sambal goreng lho teman-teman..hihi..dia suka kreceknya..lembut katanya.



5 comments :

  1. Yang namanya sambel goreng emang top markotop... apalagi pake resepnya mbak Diah..wis pasti rasanya pas karena sama2 ilat jowo. Duhh kreceknya bikin ngilerrr... bagi sedikit apa mbak..hehe ngarep.com ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba..Yodha skrg maunya sayur gini..udah bosan keringan..:D

      Delete
  2. Besok pagi mau masak kaya gini ahhhh...tp pake buncis, labu siam ama sayap ayam....kebetulan ada stok di kulkas yaaa itu...hihihihi

    ReplyDelete
  3. Mbak itu kreceknya gak usah digoreng dulu, ya? Terima kasih

    ReplyDelete