Tuesday, February 18, 2014

Pernak Pernik Pelengkap Bahan Kue, Cake atau Roti

Beberapa kali..ada beberapa teman yang nanya..bahan2 untuk pelengkap pembuatan cake atau kue2 ya..misal sp dan Tbm..dll...oke..aku jawab sekalian di sini ya..siapa tau bermanfaat buat teman2 lain..cuma..memang lagi baking blue nich minggu2 ini..jadi belum sempat baking lagi atau ke TBK..jadi belum ada foto2nya. Besok tak ke TBK dulu ya..foto2nya nyusul..hihi..itupun kalau boleh ambil2 foto sama penjaganya..ntar aku rayu2 dech..kan pelanggan setia..soalnya kan nggak semuanya aku beli kan..sesuai yang aku butuhin aja. Oke..ini beberapa bahan2 dasar pelengkap bahan cake atau kue yang..yang suka bikin bingung buat pemula..nanti kalau udah ada foto2nya..aku lengkapin lagi ya..jika ada tambahan lain..moga2 boleh motret ke TBK..doain ya teman2..hihi.

SP
Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan fungsi ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah turun saat dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang menggunakan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku. Merek SP cap Koepoe-Koepoe, SP Baker Cream, SP-Nova atau Sponge-28. Gunakan 1 sendok teh setiap 5 butir telur.

Cream of Tar-Tar
Bahan ini biasanya ditambahkan saat mengocok putih telur dalam proses membuat cake, kue bolu, meringue atau kue-kue yang memerlukan kocokan putih telur sampai mengembang kaku. Fungsi bahan ini adalah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang baik pula. ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek cream of tar tar adalah McKenzie’s, Koepoe-Koepoe, dan McCormuck.

Baking Soda
Sering disebut juga soda kue. Baking soda sebenarnya nama lain dari sodium bikarbonat. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabondioksida (CO2) ketikan dipanaskan atau bertemu dengan cairan atau asam. Karenanya bahan ini bisa digunakan sebagai pengembang karena mengeluarkan gelembung gas saat adonan kue di goreng, kukus atau dipanggang. Baking soda bisa ditambahkan untuk membuat cake atau kue kering. Di dalam cake baking soda akan memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori dan jika ditambahkan di dalam adonan kue kering, baking soda akan menjadikan kue kering bertekstur garing, kering dan renyah. Bentuknya bubuk berwarna putih. Gunakan ½ sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Merek di pasaran Baking Soda Arm & Hammer, Koepoe-Koepoe dan Pesawat Angkasa.

Baking Powder
Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancake. Komposisi kimia dari baking powder adalah  campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Seperti halnya baking soda, cara kerja baking powder adalah akan mengeluarkan gas karbondioksida saat bertemu dengan cairan dan terkena panas. Karenanya baking powder dapat mengembangkan cake atau kue. Di pasaran dijual single acting baking powder dan double acting baking powder. Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng. Gunakan jenis baking powder ini jika anda membuat kue dalam jumlah banyak agar kue yang terahir dipanggang tetap dapat mengembang dengan sempurna.  Bentuknya bubuk berwarna putih. Merek untuk baking powder double acting adalah Suparize, Hercules dan U-88. Gunakan1/2 sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Dipasaran baking powder biasa, contohnya Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.

Ovalet
Ovalet sebenarnya bukan bahan pengembang melainkan cake emulsifier atau pelembut dan pensetabil adonan agar adonan cake homogen dan tidak mudah turun saat dikocok serta adonan tercampur dengan baik. Ovalet, TBM dan SP bisa saling menggantikan. Biasanyanya digunakan sebagai bahan pengemulsi pada adonan cake dan bolu. Bentuknya pasta berwarna kuning. Gunakan 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Merek  di pasaran dijual dengan merek Ovalet cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.

TBM
TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM adalah merek dagang, komposisi kimia bahan ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida.  Biasanya ditambahkan saat pengocokan adonan telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta seperti ovalet. Merek TBM yang terkenal adalah TBM cap Koepoe-Koepoe.
Bread Improver
Di sebut juga Unipan atau Baker Bonus. Bread improver adalah bahan tambahan roti yang ditambahkan dengan tujuan agar hasil roti lebih empuk, teksturnya lebih lembut, fermentasi berjalan lebih cepat dan roti memiliki serat yang halus.Bentuk bread improver adalah serbuk berwarna cokelat muda. Bisa di beli di toko yang menjual aneka bahan kue. Penggunaanya sekitar 1 sdt untuk 500 g tepung terigu. Contoh merek bread improver seperti Eka-300, Unipan, Lowan, V9, Baker’s Bonus dan Bakerine Plus.
Ragi instan..udah pernah ku bahas tersendiri ya di blog ini.klik di sini ya..^^
Aneka jenis tepung juga udah pernah ku bahas di sini
Aneka jenis cake..pernah ku bahas di sini

Semoga bermanfaat..^^

11 comments :

  1. Tks infonya, mb Di, bermanfaat banget. Get well soon yo, mb, dan smoga sgr kabur baking bluenya...
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida..mskh doanya..iya nich..berhari2 lagi males baking .hihi..moga2 sgr pulih lagi..:)

      Delete
  2. wah..lengkap infonya mbak.., terima kasih ya..
    bread improver, baru tau istilah ini..emang nggak pernah juga buat roti sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Monda..sama2..memang nggak harus pake kok Mba..klu bread improber di roti2 rumahan..biasanya pabrik2 roti yang suka pake..:)

      Delete
  3. Dari kecil si mama suka banget bikin kue sampe hapal aku bahan2 dii atas mbak hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...sipp itu Mba..ayukk di ikutin hobbi mamanya bikin kue ya Mba..:)

      Delete
  4. makasih banyak atas infonya mbak diah...ini yang selama ini kucari, maklum pemula di dunia perbakingan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Luvi..sama2 ya.semoga bermanfaat,..:)

      Delete
  5. Sangat membantu sekali informasinya.. saya mau tanya.. apakah bisa soda kue di campur dengan unipan / bread improver dalam satu adonan? Trims sebelumnya

    ReplyDelete