Monday, February 3, 2014

Ayam Bumbu Klaten



Masakan ayam lagi..hihi..jangan bosan ya teman2..biarpun masaknya ayam..bumbunya beda kok..jadi citarasanya juga beda...dan yang pasti..lidah bakal merasakan..enaknya menu ayam dengan bumbu lain lagi. Kali ini..aku masak ayam bumbu Klaten..kalau di lanjut..masaknya sampai agak kering..bisa di panggang..jadilah ayam panggang ala Klaten..yang kadang2 di plesetkan jadi eyem penggeng. Eyem penggeng ini jadi salah satu menu favorit di salah satu resto terkenal di Yogya..punyanya Pak Butet..jika mungkin ada teman2 yang udah pernah makan di resto Bu Ageng Yogya. 

Ayam bumbu Klaten ini rasanya enak sekali..perpaduan rasa gurih dan sedikit manis..pas banget dengan bumbu2 tebal menyelimuti ayam..karena di ungkep dengan aneka bumbu yang banyak dan santan kental...terus di ungkep dengan api kecil..sampai kuah menyusut dan bumbu2 menyelimuti ayamnya. Nah..kalau mau lanjut jadi ayam panggang..tinggal di panggang aja ayamnya..sambil di oles sisa bumbu ungkepan..yummy dech.

Ayam panggang Klaten ini memang paling enak pakai ayam kampung atau pejantan..tapi karena aku punyanya cuma sayap ayam biasa tadi..buat Yodha..ya udah dech pakai sayap aja..hasilnya..tetep enak kok..malah empuk sayapnya..hemm..Yodha pasti suka nanti dech kalau pulang sekolah. Makanya nggak aku panggang dulu..cuma aku ungkep dulu..sampai kuah menyusut..nanti kalau Yodha pulang baru di panggang bentar. Tapi..walaupun belum di panggang..tadi aku nyicip pakai nasi sepiring..kok ya udah enak banget..hihi..*nyicip atau makan Mak..sepiring..!! *..lha tadi belum sarapan je teman2..jadilah sekalian sarapan sekalian menjelang makan siang..hihi. Ayam panggang ala Klaten ini lebih enak lagi di sajikan dengan sambal sesuai selera..tapi tanpa sambal pun juga enak kok..karena benar2 sudah berbumbu ayamnya. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^

Ayam Bumbu Klaten

Bahan :
1/2 kg ayam
2 lembar daun salam
1 batang serai
2 lembar daun jeruk
1 sendok teh kaldu ayam
Garam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan
Santan kental 800 ml

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1 sendok teh terasi
2 cm lengkuas

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan dan semua bumbu lain. Masukkan ayam. Ungkep dengan api kecil hingga kuah meyusut dan kental. Koreksi rasa. Panggang dengan di oles sisa bumbu jika mau lanjut jadi ayam panggang..jika tidak..bisa di hidangkan basah berselimut kuah kental juga enak..^^. Sajikan hangat.



12 comments :

  1. gak bosen kok mbaktenang aja, kanbisa aku contek2 resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iay Mak Lydia...aku sering bgt nich masak ayam..:)

      Delete
  2. Ih... sukka deh mba.. kayaknya bakal nyoba.. baru kali ini dpt resep ayam yg pake terasi.. terima kasih buat resepnya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Wiwid..enak lho Mba..terasi di campur bumbu2 ayam gini..jadi tambah gurih..:)

      Delete
  3. Aiiih saya selalu nungguin nih, resep olahan ayamnya mba Diah (soalnya telur sering langka disni mbak,,,,) *pecinta telur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..pasokan telur kurang kali ya Mba Tina..banjir kah..?..Kalau di sini alhamdulillah masih byk..di pasar atau di warung2..sampai di Indomaret / alfamart dkt rumah..masih byk..sama nich..di rumah juga lauk andalan telur Mba..terutama kalau sarapan..hihi

      Delete
    2. Bisa jadi karena berapa titik disekitar daerah saya kena banjir mba,,, Mulai dari pedang kelontongan sampai Alfamart stock telur kosong mba :(

      Delete
  4. Salken mbak diah. aku salah satu penggemar masakanmu loh :) siang ini sudah kucoba resep ayam klaten ini. rasanya mirip ky opor ya.... enak bgt deh nih si dede lahap maemnya, kukasih irisan timun sbagai sayurannya. sukses terus ya mbak
    * dwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Dwi..salam kenal juga ya..syukurlah Mba..jika sesuai selera resep2 di sini ya..:)
      Iya Mba..emmang kayak opor tapi versi kering..karena di masak sampai kuah mengental menyelimuti ayam..jadi citarasanya lebih gurih dan nendang drpd opor ya Mba..:)..kalau mau lebih kering bisa di bakar Mba..sambil di oles sisa bumbu..jadi ayam panggang Klaten dech..:)

      Delete
  5. mbak,ini bumbu2nya mirip bumbu empal kelem ya mbak? apa rasa nya nnt itu jdnya mirip2 sm empal kelem mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mirip2 Mba..tapi yang ini pakai terasi..jadi sedikit beda juga..:)

      Delete
  6. Mba Diah, dah dicoba resep yang ini..ok banget, pas bumbunya. Udah sering nengok blog ini, baru sempet komen..hehehe..padahal dah banyak yang aku coba resepnya. Maklum baru blajar masak mba, tgl di luar jd agak susah nemu bumbu2nya. Tapi resep2nya mba Diah cukup mudah untuk diikuti. Ma kasih banyak ya mba.. :)

    ReplyDelete