Wednesday, February 19, 2014

Oseng Bunga Pepaya


Tadi pagi udah iseng ke pasar...soalnya beberapa hari nggak ke pasar suka bingung juga..kehabisan stock lauk di freezer. Serunya ke pasar tuch..juga bisa ngobrol sama ibu2..sambil belanja..ternyata ibu2 tuch problemnya sama ya tiap hari..pertanyaan yang sama setiap hari ke penjual sayur..bingung..hari ini meh masak opo yo ?..( Bingung hari ini mau masak apa ya ? )..hihi..padahal..kalau ke pasar kan pilihan bahan banyak ya..kenapa musti bingung2..? 

Kalau aku..malah suka bingung..karena kebanyakan yang pengen aku masak dan aku beli kalau ke pasar..hihi..tadi aja..udah tengok2..jantung pisang..dll sayur2 unik lain yang jarang nemu di tukang sayur..eh tapi hatiku kok tertambat pada bunga pepaya juga..setelah mbah2 penjual sayuran langgananku bilang dia bawa mbang kates..atau bunga pepaya. Kayaknya enak dech di oseng..soalnya ingat beberapa hari kemaren kan mulut agak pahit..nah musti di lawan dengan makanan pahit alami kayak gini juga..biar kembali normal lidahnya. Ya udah..akhirnya aku beli bunga pepaya dulu sayurnya..walau yang doyan aku sendiri..hihi. Buat Yodha dan papinya asal banyak stock lauk di freezer..beres..dech.


Bunga pepaya ..udah tau kan ya teman2..bunga yang di ambil dari pohon pepaya khusus yang bukan untuk buah..di Jawa..bunga pepaya ini biasa di masak oseng2. Bisa di tambah teri atau ikan asin peda. Memang rasanya pahit sekali..tapi kalau di bumbuin pedas dan banyak bumbu..rasanya enak sekali..pahit gimana gitu..apalagi di tambah ikan asin peda yang sudah di goreng..wah tambah enak dech. Kalau nggak suka terlalu pahit sebenernya ada tipsnya sich dari mbah penjualnya..pas di rebus di kasih daun jambu biji. Tapi karena aku nggak punya je..ya nggak pake...jadi pakai garam aja..tetep enak kok...paitnya berkurang dikit juga.

Oke..buat yang belum pernah makan atau yang suka bunga pepaya..oke..aku share aja ya..menu sederhana banget sich..tapi tetep bisa ngabis ngabisin nasi kok..hihi. Pahit..tapi enak..seperti kehidupan ini..ada pahit..ada manis..kalau di nikmati ya enak2 aja..* lebay maning..*
Oseng Kembang Kates ( Bunga Pepaya )

Bahan :
200 gram bunga pepaya, cuci dan sedikit remas dengan garam, diamkan sebentar, lalu cuci bersih, rebus sebentar di air mendidih.
3 buah ikan peda, goreng, suwir kasar
1/2 papan pete, belah dua
Terasi 1/2 sendok teh
2 lembar daun salam
1 sendok teh gula pasir
Garam dan kaldu bubuk secukupnya jika suka
Bawang merah 6 butir, iris tipis
Bawang putih 3 siung, iris tipis
Cabai merah 5 buah, iris tipis
Cabai rawit 5 buah, iris tipis

Cara memasak :
Tumis bumbu iris dan terasi hingga harum dan matang, masukkan 100 ml air, dan bumbu2 lain, serta bunga pepaya. Masak hingga meresap , koreksi rasa. Terakhir masukkan peda suwir. Aduk rata. Sajikan hangat.


25 comments :

  1. Mbak samping rumahku ada pohonnya,,,kadang suka diminta sama tetangga katanya buat dioseng. Aku sendiri masih ragu mbak apa enak ya...?? hehe tapi kalo campurannya ikan peda dan pete kayak di rsep mbak DD pastinya sedep tuh...cuma ya itu mbak yg mau makan paling aku tok hihi....suami sama anakku mana mau mbak....tp boleh jg deh buat dicoba...hehe makasih resepnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kok Mba Diah..hihi..memang agak pahit dikit..tapi justru itulah yang bikin enak..tapi kalau nggak mau pahit banget ya di rebus pakai daun jambu Mba.cobain dech. Aku juga..di rumah cuma aku yang doyan..tapi nggak pa2 kan..daripada penasaran Mba..hihi..itu buktinya banyak di minta sama tetangga kan..berarti memang enak..:)

      Delete
  2. Waduh mba Diah,,, neguk liur nih,,, Ini makanan kesukaanku kalau dikampung, orangrumah tau banget kalau aku mudik pasti dibuatkan ini mba,,, pedas2 makan pakai ikan asin duuuh, saya pernah makan sampai 3 piring lho mba *nikmat dan lezat banget deh kembang kates ini,,, Kalau dikampung g usah beli mba, metik aja disamping jendela rumah dah menjuntai kembang2nya,,, selama jauh dari perantauan gini saya g pernah bikin,,, *duuuh jadi kangeeeennnn kampung,,,, Oya bapa saya kalau mau flu atau kurang enak badan, obatnya cuma ini mba,,, Daun kates atau kembang kates,,, makin pait makin enak katanya xixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..nggak ada yang jual ya Mba Tina..di sana..sayang ya..ayo nanem sendiri mba..pepayanya..mduah numbuh kok..tapi emang pepaya khusus ya kalau buat sayur bungannya gini. Lha tadi Mba art ku komen..lha itu bu di belakang rumah ada bunga pepaya gt kok beli di pasar..ph alah.ternyata di blkg rumah juga punya aku..kirain itu pepaya buah je hihi. Wah..beneran..aku tadi maem..bunga pepaya..kok jadi nggak pusing lagi ya Mba..hihi..*di pas2 sin..*..dari kmrn kayak masuk angin..pusing terus gitu.

      Delete
    2. Wah semoga dengan makan Kembang kates cepat enakkan ya mba Badannya,,, Iya mba saya sudah selalu berusaha nanam pepaya tapi susah banget hidupnya hehehe.... Ntar kapan2 kalau pas ketemu kembang kates, wajib nih coba resep ini,,,,

      Delete
    3. Iya Mba..moga2 nemu ya..hihi..biar nggak usah nunggu mudik..:)

      Delete
  3. Q pernah sih mb, kembang kates kata tukang sayur direms dulu pake garam habis tu baru direbus, tapi kok langu y mbak, ap memang begitu y, paitnya sih pait, kata simbah kakung pait_co (enak gitu, he he)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gt Mba..bener yangkungnya..pait co..pait tapi eco..hihi..bumbu agak berani Mba..biar ngimbangi langunya..:)

      Delete
  4. Belom pernah makan bunga kates tapi kayaknya enak nih pedes pait2 *ileran* *ayoliattimbangan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..kalau lagi makan pakai ini..sebaiknya timbang di umpetin dulu ya..hihi

      Delete
  5. Wah, diganti pare enak juga kali ya mbak? jarang yg jual kembang kates di sini. di pohon pun gak sebanyak yg diinginkan. *elus perut lagi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mba..boleh banget di ganti pare..cocok juga kok asam Peda..hihi

      Delete
  6. pengen aku mbak Diah.....dulu suka makan ini tapi begitu yang jual berhenti jadi gak pernah makan,,,,,asli pengen,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..seandainya deket tak kirim sepiring Mba..:)

      Delete
  7. aku belum pernah makan bunga pepaya mbak

    ReplyDelete
  8. Waah..jd kangen dech. .di Melbourne ga ada mbak...jd inget waktu di yk dulu punya 3 pohon pepaya ternyata semuanya cuman ngembang alias ga ada pepayanya..jd sering banget masak oseng kembang pepaya ini. Katanya sih pohon pepaya kaya gini bs nular..pantesan 3 pohon sama semua, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..malah ndak usah beli ya Mba..kalau 3 ketularan semua jadi bunga ..:)

      Delete
  9. Mba aku udah nyoba oseng ini kemaren, cuman pedanya aku ganti ikan asin, rasanya pait-pait enakk....*salam kenal dari atik sipembaca setia yang barusan nongol...;)*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Atik..salam kenal juga ya..:)
      memang pait..tapi bisa bikin nambah2 ya Mba..:)

      Delete
  10. udah sering makan sayur ne tp lum pernah nyoba sendiri. ne sekarang aku lagi praktekin resepnya mb, tapi karena ibuku ga boleh makan ikan asin, jadinya polosan ga di campur apa-apa tapi tetep enak kok. kebetulan di belakang rumah da yang lagi berbunga banyak, tadi aku rebus pake daun jambu, jadinya ngurangin paitnya. pas udah mateng, ga sabar pengen nyobain, karena tadi pagi udah sarapan jadinya aku gadoin ja tu sayur ma kerupuk, nyam nyam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..mksh tipsnya Mba..aku tak nanem jambu biji ah ..berguna ya buat ngilangin paitnya. Bisa juag buat bikin pindang telur.gudeg dll..biar warnanya cakepp..wua..tapi cari bibit jambu biji yang ndeso kluthuk itu di mana ya..hihi

      Delete
  11. mba kalau mau ga pait direbus sebentar sama asam jawa mba. Kalau aku kok suka pait, ditumis pake kangkung duh sadaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mksh infonya mba..bsk di coba.:)

      Delete
  12. Salam kenal, sy Gunawan dri CV. Sukses Jaya makmur, sy ingin menawarkan beberapa hasil produksi dari perkebunan saya, di antaranya bunga pepaya, sayuran hidroponik bayam & kangkung. Kalau ada yg berminat bisa menghubungi 085881406929 email; gunawanunpam@yahoo.com terima kasih

    ReplyDelete