Sunday, February 23, 2014

Kue Ku Labu Kuning


Kalau ke pasar..tak pernah terlewatkan olehku untuk beli labu kuning. Tau dech..aku suka banget berekplorasi dengan aneka resep kue2 tradisional dari labu kuning..ubi dll. Seru aja..jika mencoba2 dan berhasil membuat penganan yang enak dari campuran umbi2 an yang harganya cukup murah..tapi jika sudah di olah..bisa jadi snack baru yang beda dan cantik alami warnanya. 

Kayak kue ku labu kuning yang ku buat pagi tadi..cantik kan teman2..labu kuningnya menyumbang warna kuning alami dan juga menambah legit kue ku nya. Kebetulan tadi juga nemu cetakan kue ku bentuk nanas di gudang..jadi pas dech..kue ku warna kuning..bentuk nanas..jadi imut dan lucu kue ku nya. Yodha seneng sekali..membantu mbikin dan nyetak tadi..seru katanya..tapi begitu udah matang..di tawari nyoba..nggak mau katanya..nggak suka kue ketan..hihi. Dasar Yodha..masih susah banget di ajari makan kue2 tradisional..ya mungkin banyak tandingannya kali ya di meja makan..ada biskuit..sereal dll...daripada di suruh makan kue ku..Yodha cepet2 langsung ngambil Simba sereal favoritnya..terus di makan dan alasan..udah kenyang mi..! ..katanya pas ku suruh makan kue ku. Ya udah..aku aja yang makan..dan kebetulan papinya Yodha juga suka kalau kue2 kukus gini.

Mau coba teman2..yukk simak ya resepnya..hasil uji coba ku tadi..semoga suka rasanya..^^
Kue Ku Labu Kuning

Bahan :
Tepung ketan 150 gram
Labu kuning sudah dikupas 100 gram, kukus, haluskan
Gula pasir 25 gram
Tepung tapioka 1 sendok makan
Santan kental kurang lebih 100 ml
Garam 1/4 sendok teh
Daun pandan 2 lembar

Bahan isi
125 gram kacang hijau kupas, kukus sampai matang
250 ml santan
1/4 sendok teh garam
50 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1 sachet vanili
Blender semua bahan isi dan masak hingga kalis 

Cara membuat :
Aduk rata tepung ketan, tapioka, gula dan labu kuning kukus.
Rebus santan dan garam serta daun pandan hingga mendidih.
Tuang santan panas2 ke campuran tepung sedikit demi sedikit hingga adonan kalis, namun jangan terlalu kering. Jika sudah kalis santan masih..tidak perlu di habiskan.
Ambil adonan secukupnya..isi dengan bahan isi, lalu cetak di cetakan kue ku sesuai selera yang sudah di olesi minyak goreng. Alasi angsang kukusan dengan daun atau plastik tebal, olesi sedikit minyak, lalu kukus kue ku selama 15 menit, sambil sering di buka tutupnya..supaya kue ku nya tidak mengembang terlalu besar.

5 comments :

  1. wow.. cantiknya..:) ini bikinnya dari jam berapa ni mbak? jam segini udah bisa publish aja.. kilat ya berarti bikinnya gak perlu waktu lama. santan kurang kenatl maksudnya santan cair ya mbak itu? untuk isian, kacang hijaunya di kukus dan direbus apakah akan eda citarasanya nanti? kalau di rebus, bisa juga kah? karena jika direbus airnya bisa untuk bikin sari kacang ijo seger..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Intan..:)..cepet kok mba bikinnya kan..cuma dikit..hihi.
      Eh sorry itu maksudnya santan kental kurang lebih 100 ml Mba..hihi..mksh koreksinya..:)
      Di rebus bisa di ambil airnya dulu mba..tapi jangan banyak2 ya..ntar tinggal ampasna dech..:)

      Delete
    2. Seep menggugah sekali jadi pengen comot satu hihihihi:)

      Delete