Friday, February 7, 2014

Lumpia Basah Jagung Isi Tahu & Sayuran


Lumpia lagi...dadar lagi..hihi..memang..lagi seneng2nya ndadar dan bikin aneka kulit snack yang di dadar..sejak punya wajan kewalik nich..mendadar jadi semudah goreng telur...hihi. Iya sich..tinggal di celup..terus di panaskan di atas api..dadar tipis yang sama tipis dan sama rata...jadi cepet sekali buatnya. Padahal..mendadar manual ya..udah sering dan biasa sich..bisa cepet juga..tapi kalau ada alat yang bisa buat lebih mudah..ya kenapa nggak ya..^^

Jadi..jangan bosan ya teman2, jika ke dapurku..soalnya nanti bakalan lebih sering ketemu dengan postingan aneka..dadar..crepes..lumpia..risol..dan sejenisnya..hihi..tunggu sampai aku nemu gagdet dapur lain yang lebih seru..baru ganti kali menunya. Untung suami juga suka sich...aneka dadar2..jadi ada yang bantuin ngabisin dech. Kalau Yodha..hemmm..masih belum mau makan jajan pasar...gorengan paing sukanya mendoan sama bakwan..hihi.

Biasa dech..kalau punya gadget baru..kayak anak kecil punya mainan baru dech aku..di pakai terus..buat nyoba aneka resep..nanti kalau udah bosan..tersimpan manis dech di lemari..hihi. tapi kayaknya kalau yang ini nggak dech..soalnya aku suka sekali aneka kue2 atau jajanan yang kulitnya di dadar. Jadi..semoga tetep jadi alat dapur yang multi fungsi favoritku..kayak snack maker double pan..yang sampai sekerang..masih sering ku pakai..^^

Oh ya..tadi aku bikin lumpia lagi..tapi versi yang basah..nggak perlu di goreng..biar lebih sehat..nggak perlu minyak..dan juga biar nggak bosan lumpia goreng terus. Buat variasi kulit lumpianya aku tambah jagung manis yang di belnder..lumayan menambah rasa kulitnya dan memmberi warna kekuningan cantik dech. Isinya..yang murah meriah aja..isi tahu dan sayuran..minus daging atau ayam..cuma biar gurih aku tambah sekedar 3 - 4 udang yang di geprek. Jadi..rasanya kayak lumpia basah ala pasar..jaman aku kecil dech..ya begini..cuma minus udang..^^ Tapi jika tidak suka lumpia basah..resep ini bisa juga di jadiin lumpia panggang. Setelah di isi adonan kulitnya dan di bentuk..tinggal di panggang dech di teflon sampai kulitnya kecoklatan dan agak renyah. Tapi tidak cocok untuk di goreng lho ya..kulit lumpia ini..karena sangat elmbut..kalau di goreng bakal nyerap minyak.

Oke...yang suka lumpia  basah..yuk di coba ya teman2..ini dia resepnya :
Lumpia Basah Jagung isi Tahu & Sayuran

Bahan kulit :
1 buah jagung manis, di pipil, dan di blender halus dengan 350 ml air, lalu saring
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
1 butir telur
Aduk rata semua bahan kulit, lalu saring jika perlu.
Bahan isi :
200 gram tahu, potong kecil2
1 buah wortel, potong korek api halus
50 gram taoge panjang
4 ekor udang segar, geprek
Daun bawang 2 batang, iris halus ( tadi aku gak pake..pas habis )
Telur 2 butir, di buat orak arik
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Air 100 ml

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat isi :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang yang di geprek, aduk hingga udang berubah warna. Masukkan air , dan semua bahan serta bumbu, kec taoge. Masak hingga meresap dan hampir kering. Masukkan taoge, aduk rata dan masak sebentar hingga kering. Koreksi rasa.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit lumpia , isi dengan bahan isi secukupnya, lalu gulung bentuk lumpia. Sajikan denga cabe rawit..atau di teruskan jadi lumpia panggang dengan di panggang sebentar di teflon hingga kecoklatan kulitnya.





14 comments :

  1. mbak diah,,fungsinya jagung diresep kulit buat apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat variasi aja Mba..nambah rasa dan warna kuning cantik..biasanya kan kulit lumpia basah hasilnya putih pucat..kalau di tambah jagung manis..jadi kekuningan..lebih cantik..:)

      Delete
  2. Kebetulan punya tahu, jadi pengen nyoba resep ini. Mbak kalo pake jagung kalengan, kira kira berapa gram ya jagungnya? Atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 100 gram Mba Atik..satu buah jagung ukuran sedang di sini..:)

      Delete
    2. matur nuwun jawabannya mbak

      Delete
  3. Wah ♏ϐάκ Diah,aku juga buat darlung polkadot n nagasarinya resep mba,pas bgt rasanya uenak lembut,✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ ya ♏ϐάκ selalu ikuti blog mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ika..sama2..met coba resep2 lain ya..:)

      Delete
  4. Aduh mbak kulit lumpianya cantik banget.....jadi pengen cepet2 beli wajan kwaliknya trus nyoba resepnya mbak DD deh.... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba DIah..iya Mba..ayukk beli..hihi,..*tukang kompor *..di online byk mba..:)

      Delete
  5. kalau jagungnya diganti tepung terigu bisa ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tepung semua resepnya di sini Mba..: http://www.diahdidi.com/2013/07/lumpia-semarang-versi-basah.html

      Delete
  6. Ada yang tahu dimana jual kulit lumpia basah ? kalo ada yg transparant mba Didi,,,,kalo ada merk apa yah..
    trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau mba...klu yang transparan bukannya kulit lumpia Vietnam itu ya :D

      Delete
  7. Enyaak....aku sk yg ada jagung2 nya spt klepet jagung itu jg enak. Mba wajan terbalik belinya dmn? Blgnya apa klo mau cr heeee.....ga dong ...takut malu aku 😊

    ReplyDelete