Wednesday, February 5, 2014

Sapo Tahu Udang Goreng Tepung


Judulnya aneh ya teman2...jadi menu yang aku masak hari ini adalah sapo tahu biasa..tapi rasanya jadi istimewa..karena di tambahin udang goreng tepung. Biasanya kan sapo tahu..udang atau cuminya di masukin langsung ke kuah..nah..kalau itu kan biasa..jadi biar istimewa dan semakin enak..udangnya di goreng dulu..di celup adonan tepung..terus pas mau makan sapo tahunya..udang goreng tepungnya..cemplungin dech ke sapo tahunya. Enak lho teman2..serasa menemukan harta karun tersembunyi dech..di antara tumpukan sayuran di sapo tahu..hihi..harta karun yang enak. Selain udang bisa juga di ganti kan goreng tepung atau cumi goreng tepung..jadi intinya buat penyeimbang rasa aneka sayuran di sapo tahu..rasa yang gurih dan enak..biasa..kan kita2 penyuka gorengan ya..jadi kalau nemu gorengan udang..ikan atau cumi yang gurih di sapo tahu..tentunya semakin semangat dech makannya.

Sapo tahu ini adalah semacam cap cay kuah ya teman2..jika ada yang belum pernah makan..dengan bumbu utama saus tiram. Jadi membuat citarasa sapo tahu ini berbeda dengan cap cay biasa. Ada juga yang suka menambahkan saus tomat di kuah sapo tahu..tapi kalau aku kurang suka. Aku lebih suka rasa gurih saus tiram aja. Sapo tahu ini isinya bebas..sayurannya..bisa pakai apa aja yang biasa buat cap cay..tapi yang harus ada utamanya adalah tahu sutra ya..ya iya dong..kan namanya sapo tahu..kalau minus tahu..jadinya sapo sayuran ya..hihi. Tahu yang di pakai bisa tahu sutra, tahu telur atau tahu Jepang rasa lain. Tapi..kalau pakai tahu sutra yang putih polos..biasanya mudah hancur..kalau di masak...jadi kadang kalau pakai tahu jenis itu..aku goreng dulu dengan di lumuri tepung maizena. Tapi..jika tidak suka di goreng dulu..bisa pakai tahu telur yang relatif lebih kokoh tekturenya..jadi jika di masak langsung tidak akan hancur..asal jangan keseringan di aduk ya..kalau di aduk2 ya tetep mudah hancur. Di supermarket banyak sekarang ini aneka versi tahu telur ya teman2 dengan berbagai rasa..misal ..rasa udang..ayam..dll. Aneka tahu sutra dan tahu telur itu paling enak ya di masak sapo tahu begini..seger rasanya. Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka sapo tahu..ini dia resepnya, enak dan seger..di nikmati di musim hujan gini..^^
Sapo Tahu Udang Goreng Tepung

Bahan2 :
2 buah egg tofu , potong 2 cm
1 buah bawang bombay, iris panjang
3 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, memarkan 
2 buah wortel, iris miring
3 lembar jamur kuping, rendam air panas, potong-potong
3  sendok makan saus tiram
1  sendok makan kecap ikan
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
800 ml air kaldu ayam
1 kuntum brokoli, potong-potong
5 lembar sawi putih, potong2
2 sendok makan tepung sagu, dan 2 sendok makan air, larutkan
2 batang daun bawang, potong-potong miring besar
1 sendok teh minyak wijen ( optional )
1 sendok makan margarin untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe dengan margarin sampai harum.
Masukkan. Tambahkan air kaldu, dan bahan2 lain. masak hingga sayuran matang. Koreksi rasa. Masukkan egg tofu. Aduk perlahan, dan amsak lagi sebentar. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masukkan daun bawang, minyak wijen. Aduk rata. Sajikan hangat dengan taburan udang goreng tepung.
Udang Goreng Tepung :
100 gram udang , kupas, sisakan ekornya, kerat punggungnya.Tepung terigu protein sedang 100 gram, tepung beras 1 sendok makan, tepung tapioka 1 sendok makan
Air 125 -150 ml
1 siung bwang putih, haluskan. Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh / garam secukupnya
Merica bubuk 1/8 sendok teh

Cara Membuat :
Campur udang dengan garam , bawang putih, diamkan beberapa 15 menit. Aduk rata bahan pencelup, tepung , bumbu dan air.
Celupkan udang ke dalam bahan pencelup.
Goreng hingga matang dan kecoklatan


6 comments :

  1. Kalau anak2 sukanya sapo tahunya di goreng dulu mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..aku kalau pakai tahu sutera yang putih ya aku goreng..tapi kalau pakai tahu telur..nggak di goreng..biar tetep lembut tahunya..:)

      Delete
  2. enakkk banget mbak...,jadi ngiler dah. coba buat tofu homemade mbak...,rasanya lebih yahudd dah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Sawitri,...iya Mba..ntar kpn2 tak coba buat ..dari susu kedelai kan ya..:)..Cuma kadang2 tuch..sering sekali ke superindo dkt rumah.kok ya pasti beli egg tofu..hihi..

      Delete
  3. masakan mbak didi emang enak enak...suami dan anaknya pasti bahagia banget bisa makan makanan enak enak kayak gini hihi..

    ReplyDelete
  4. Hihi..iya Mak Susan...mksh ya..cuma masakan harian aja kok Mak..:)

    ReplyDelete