Google Ad

Monday, February 17, 2014

Tips Membuat Rollade Tahu & Daun Singkong


Resep rollade tahu dan daun singkong...lauk atau cemilan murah meriah yang enak banget...udah pernah aku share dulu ya teman..tapi ternyata banyak yang kesulitan ya menggulung atau mengirisnya..oke..aku kasih tips2nya lagi  ya..kebetulan kemaren bikin lagi..jadi aku foto. Sebenernya udah aku foto step by step..tapi ternyata..sebagian kehapus..karena lupa nge save dulu..dan ketumpuk foto lain..huhu..bener2 dech..komputerku udah kebanyakan foto di semua file..hihi..musti bersih2 dech..saking banyaknya.Tapi untung masih ada beberapa yang selamat foto rollade tahunya nich..jadi bisa buat aku tulis ulang tips2nya.


Tips membuat rollade tahu & daun singkong :
  • Pilih jenis tahu yang kesat dan nggak berair..supaya hasilnya bisa padat dan nggak lembek..dan tidak mudah hancur ketika di potong. Jika terpaksa pakai tahu berair..lebih baik di peras dahulu.
  • Gunakan daun singkong yang muda..agak lebih empuk dan mudah di potong. Kalau daun singkong tua..biasanya keras dan liat...jadi pas di potong rolladenya bisa hancur.
  • Saat menaruh adonan tahu di daun atau di plastik..sambil di tekan2 dan di padatkan ya teman..jangan asal di taruh dan di ratakan..nanti hasilnya bisa kurang set gitu rolladenya. 
  • Ratakan daun singkong di atas adonan tahu, sambil di tekan2 juga supaya daun singkongnya agak menempel di adonan tahunya..jadi jika di gulung lebih padat dan kuat. 
  • Gulung rollade tahu sambil di tekan2 hingga agak padat..seperti menggulung sushi..padatkan juga bagian sisi kiri dan kanan.
  • Bungkus rollade dengan daun pisang beberapa lembar / di dobel..gulung sambil di padatkan hingga set dan kuat agar hasilnya tetep bisa bulat lonjong dan nggak berubah bentuk, semat kiri kanan dengan lidi atau steples dengan kuat agar tidak berubah bentuk selama di kukus.
  • Setelah di kukus..biarkan dulu rollade hingga dingin, baru di potong2..jika perlu simpan dulu beberapa waktu di kulkas..supaya tambah set. Jangan langsung di potong panas2 habis di kukus ya teman2..nanti bisa jadi hancur.
  • Gunakan pisau yang tajam untuk mengiris rollade tahu..supaya rapi dan nggak hancur.
  • Agar lebih gurih...adonan tahu bisa di tambahkan sedikit ebi untuk bumbunya.
  • Rollade tahu siap di goreng dengan kocokan telur atau adonan tepung.
  • Rollade singkong ini bisa di simpan beberapa hari di kulkas jika sudah di kukus.

Selamat mencoba ya teman2..ini resepnya aku share ulang..tapi aku tambahin ebi kemaren di adonan tahunya..jadi lebih gurih..jika tidak suka..hilangkan saja ebinya..tetep enak kok..^^
Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan :
300 gram tahu putih
100 gram daun singkong muda, rebus, peras dan campur dengan sedikit garam
Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
Bawang putih 1 siung, ebi 1/2 sendok teh, rendam di air panas, haluskan
Kaldu bubuk rasa ayam 1 sachet kecil / garam secukupnya
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Haluskan tahu, campur dengan bawang putih & ebi halus dan bumbu2 lain. Tambahkan telur, aduk rata.
Ambil  beberapa lembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya..taruh daun singkong rata menutupi tahu. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2 dan celupkan ke kocokan telur...atau adonan tepung..kayak adonan mendoan. Goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.

22 comments :

  1. Salam kenal mb didi..seneng banget bisa nemuin blog yg asyik kyk gini hehehe..resep2nya oke bgt jadi nambah ilmu pembendaharaan dapur haahaha..oia mb minta resep rolade dading dunk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Eva..sama2 Mba..rollade daging / galantin udah ada Mba..ini versi ayam udang :http://www.diahdidi.com/2013/04/ketika-ayam-dan-udang-menyatujadilah.html
      Kalau yang daging..di sini :http://www.diahdidi.com/2013/05/happy-weekendmari-masak-galantin.html

      Delete
  2. Sorry mb didi..rolade daging maksudx hehehe

    ReplyDelete
  3. wah asyik bener mbak roladenya, ini tips buat anak yang gak suka makan sayur juga bisa ya dikasih rolade ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..jadi snack gurih yang enak..anak2 pasti suka..:)

      Delete
  4. kalo disini rolade tahunya biasanya bentuknya kayak bakwan mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di campur sekalian ya Mba Tika..praktis..cuma kurang cantik..hihi

      Delete
  5. Mbak Diah, jadi ngileerr... ayo to buka warung nanti aku bisa main :) Kan udah di Salatiga nih, jd bisa ke Ungaran sering2, heheh....
    Ella^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ella makasih. Wah..mau ngusahain Dedek dulu buat Yodha Mba..hihi..jadi masih nanti buka2 warungnya..:)

      Delete
  6. mba daun singkong di ganti bayam ga pa2 kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya nggak pa2 Mba Wilda..cuma jadi agak lembek nanti bayamnya ya..kalau di rebus dulu..mungkin ndak usah di rebus dulu aja..jadi langsung di kukus bareng tahunya...:)

      Delete
  7. Asyikk dapat resep baru, trims ya mba yu!

    ReplyDelete
  8. Mba kalau yang dicelupin tepung resep tepungnya yang biasa buat goreng tempe atau ada resepnya lagi gak mba? Kalau ada aku mau dong hihihi makasih ya mba, oh iya kemarin sahabat ku pulang ke semarang mba aku dibawain petis, tahu baxo bu pudji sama bandeng juwana enak2 yah mba di, jadi pingin kulineran ke semarang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak kalau adonan buat tempe mendoan Mba..udah bisa kan buatnya..:)
      Ayo Mba..ke Semarang..bayak yang lain yang enak2 makanannya..:)

      Delete
  9. Oke mba, InshAllah bisa kalau tepung mendoan, wah jadi makin pingin kesemarang, nanti kalau jadi kesana kita ketemuan yuk mba

    ReplyDelete
  10. Mba salam kenal . :) saya mau uji coba mba tp belum berani jg.. saya pernah liat jajanan khas suatu daerah, macem lontong yg d siram pake sambel kacang.. uniknya sambel kacangnya itu d campur goreng puratan kelapa sm wijen... g tau rasanya seperti apa.. naah mba, kira2 mantep ga yah klo sausnya itu d aplikasiin k rolade daun singkong ini??

    ReplyDelete
  11. Sedapnya...perlu dicoba nih resepnya

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel