Tuesday, February 11, 2014

Brownies Kukus Ubi Ungu Lapis Coklat


Bentar lagi Valentine nich teman2..selamat menyambut dan merayakan..buat yang mau merayakannya ya..biasanya yang masih muda2 nich..masih pacaran atau yang baru nikah...pasti masih semangat dan pada sibuk mau kasih hadiah..atau coklat buat suami..istri..pacar..sahabat..dll. Beda..sama emak2 kayak aku nich..biasanya kalau pacaran memang masih indah2 ya teman2..hihi..tapi kalau udah nikah lama..punya anak..wah..udah nggak kepikir dech..valentine2 nan..hihi..udah terlupakan dech kayaknya..mikir anak..kebutuhan hidup..yang makin mahal..kesibukan kerja..dll..tapi dalam hati..semoga kasih sayang itu selalu ada ya..kepada masing2 pasangan..keluarga..dan sahabat..walau kadang nggak sempat atau nggak pernah di ucapkan..*aiih..so sweet..sok bijak ya teman2..elap air mata..pakai baju..:D *

Tapi...tetep..aku bersyukur dan bahagia banget..karena sampai sekarang, my sweetheart..my sweet love..Yodha..suka dan sering lho..mengungkapkan..kata2 sayang kepadaku..sekedar..I love you Mom..dll..hihi. Kadang2 dalam momen2 tertentu, misal mother day..dll dia bikin kartu, hand made spesial buatan dia kayak gini nich buat aku..jadi terharu dech Kak..berasa jadi Mommy paling bahagia dech di dunia..semoga sampai kamu dewasa nanti..kamu tetep jadi lelaki yang penuh perhatian dan kasih sayang ya Kak..jangan malu, ragu dan sungkan..untuk mengungkapkan..rasa kasih sayang ke orang2 yang kamu sayangi..karena itulah yang membuat hidup lebih indah dan membuat orang lain bahagia. Kayaknya memang Yodha tipe pribadi yang hangat sich..alhamdulillah..dia selalu mau mengungkapkan perasaan dengan terus terang...spontan dan tulus..dia suka muji maminya..misal..kalau mau pergi ke pesta dan aku dandan beda..atau spesial..dia selalu bilang..You looks pretty & fabulous Mom !..atau kalau dia suka makanan yang aku masak..dia selalu bilang..Mommy is the best chef in the world !..hihi..hati ibu mana coba yang nggak berbunga2 di puji anaknya.


Wanita mana sich ya..ya nolak di beri ungkapan kasih sayang ya teman2..nggak perlu di beri setangkai mawar merah..kayak di sinetron2 kok..hihi..atau sekotak coklat kayak abg..cukup di beri perhatian..kasih sayang..dukungan..pujian..dan lebih komplet lagi sich ya..kalau ada sekotak berlian aja..atau tiket berlibur setahun sekali ke tempat2 wisata yang indah..hihihi..*matrex..*

Pagi2 ngomong apa ya aku ini teman2..melantur ke mana2..hihi..padahal cuma mau posting resep..seperti biasa..biar ada nuansa2 velantine gitu..buat seru2 an..baiklah..aku share resep yang pakai coklat ya..walau cuma dikit..hihi. Kan..katanya velentine identik dengan coklat.

Jadi..biar berasa update dan pas momennya..siapa tahu ada yang mau merayakan valentine...aku share resep brownies kukus ubi ungu lapis coklat ya. Resepnya masih sama sich..sama yang udah pernah aku posting dulu..cuma kali ini aku modifikasi dengan lapisan coklat di atasnya. Oke..selamat mencoba ya..ini dia resepnya..cuma nich kemaren dapet ubi ungu kecil2 beli di pasar..kurang bagus kayaknya..warnanya kurang genjreng ungunya..nggak apa2 dech..yang penting rasanya oke..rasa dan aroma ubi ungunya lumayan kuat, hasilnya lembut dan moist brownies kukusnya..^^

Brownies Kukus Ubi Ungu Lapis Coklat

Bahan:
4 butir telur
120 gram gula pasir
1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
160 gram tepung terigu protein sedang
60 ml santan kental instan
60 gram margarin, lelehkan
160 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
1/4 sendok teh garam
60 gram white cooking chocolate, lelehkan

Cara membuat:
Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak.
Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata perlahan.
Masukkan campuran santan, ubi ungu, dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. ( Hati2 ya di step ini..jangan di aduk terlalu kuat dan kelamaan..biar nggak turun adonannya dan jadi bantat browniesnya , aduk balik aja perlahan dari arah bawah di aduk melipat ke arah badan kita ) 
Tambahkan margarin. Aduk rata perlahan juga.
Tambahkan cokelat masak putih leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan juga sampai rata. Ambil 1/3 adonan, beri pasta coklat secukupnya, aduk perlahan. Sisihkan.
Tuang adonan warna dasar di loyang 24x10x7 cm yang dialas kertas roti, taburi meises atau coklat serut atasnnya..lalu tuang adonan coklat. Kukus 30 menit di atas api sedang sampai matang.



31 comments :

  1. Uhmm... jadi terharu... bahagianya jadi Seorang ibu yang dicintai anaknya seperti Yodha mencintaimu mbak..:) doakan aku yaa mbak..agar segera jadi ibu juga, amin...:) setuju.. mengungkapkan rasa sayang dan kasih.. itu penting..membuat hati jadi hangat dan senyum manis deh semanis brownis kukus ubi ungu ini hihihi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll sekali Mba Intan..:)
      Amin2..tak doakan ya Mba..segera di anugrahi momongan..yukk barengan hihi..aku pengen kasih Yodha adik..seandainya masih di beri kepercayaan sama YME..saling mendoakan ya Mba..amin2..:)

      Delete
    2. kenapa ya Mbak, kalau bikin kue dari ubi ungu warnanya gak selalu memuaskan/ngejreng ungunya...kadang ungu kusam,kadang malah jadi kehijauan gitu....?

      oh iya...saya doakan semoga Mbak DD dikaruniai momongan lagi, dedek buat Yodha....jaga kesehatan ya Mbak...jangan capek2 lho ya.....*dina*

      Delete
    3. Iya Mba Dina..memang tergantung bagus tidak ubi ungunya..aku juga serig gt kok Mba..soalnya kan kalau di kukus warnnya jadi gelap ya..jadi kadang2 kita kurang tau..ternyata ada yang boleng2 gt..jadinya mempengaruhi warnannya Mba..:)
      Oh ya,mksh doa baiknya ya,..:)

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. dikukus lebih mudah daripada di oven, maklum ovenku erorr , eh gak deh orangnya yang gak bisa make ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lho kenpa ovennya Mak Lydia...?..Iya..klu di kukus lebih mudah dan simple ya..:)

      Delete
  3. Yodha so sweet banget mbk....,gedenya mesti romantis itu. ngemeng2 itu browniesnya menggoda deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..mksh Mba Sawitri..Yodha memang penuh perhatian dan penyayang orangnya..nurunin aku..hihi..*geer *
      Ayo di coba ya Mba...browniesnya..lembut :)

      Delete
  4. Wadduh browniesnya enaaakk nilh mba... nyuummmm nyuum pengen coba.. btw wanita mana ya mba yg g suka dipuji... apalagi dipuji sama anak... yg polos dan jujur pastinya... aaiiih bahagia banget laah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Tina..ayukkk di coba..:)
      Seneng bgt Mba..kalau di puji anak..tak terkira..hihi..
      sama senengnya ya..klu di puji suami..kayak Mba Tina yang sering dapet jempol..hihi...

      Delete
  5. assalamu'alaikum mbak diah..
    #Terperangah yodha segitu maniiiiiiiiiisnya cara dy nunjukin syg ke mommyny.. ckckck kyanya dlu wktu aku kecil (dlu aku tuh pendiem banget cuma bisa senyum simpul n ngomong cuma sm mama n alm.abi doank) cuman bisa peluk mereka, kadang malah nangis gak jelas saat peluk mereka huhu)..

    semoga selalu dilancarkan dan dimudahkan oleh allah dan dipercepat diberikan adik buat yodha ya mbak aku selalu mendoakan..

    brownies nya cantik mbak.. comot 1 boleh ya mbak hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Zie..iya..alhamdulillah..soalnya dari bayi. dan kecil..aku biasa ngungkapin kasih sayang juga ke dia Zie..misal sering bilang I love you..dan kalau berbuat baik atau berhasil melakukan sesuatu pasti aku puji juga Yodha..jadi mungkin terbiasa gt ya ZIe..jika kita hangat..kepada anak..anak juga akan berpribadi hangat. Beda sama jaman pengasuhan aku waktu kecil ya lebih cenderung takut ya sama orang tua..hihi..jadinya aku pas kecil..juga sama kayak Zie..pendiam juga..dan nggak bisa ngungkapin rasa sayang ke ortu, Ayukk makanya mulai skrg..jgn ragu ya..ngungkapin rasa sayang kita ke keluarga tercinta..:)

      Delete
    2. abi n mama aku malah mendidik anak"ny selalu mengungkapkan rasa sygnya cuma emang aku aja sih mbak dari kakak beradik yg pendiam parah dlu hihi..
      dlu saat aku kecil aku malah berasa pendidikan abiku beda banget soalnya bnr" friendly bgd sma anak"nya dan terbuka tentang apapun dan demokratis bgd huhu jdi sdih..

      Delete
    3. Oh gt..wah bagus itu...hayukk di mulai lagi dari sekarang..kan udah nggak pendiam lagi Zienya..:)

      Delete
  6. Hallo mba Diah, share resep brownies kukus ketan hitam lapis pandan donk? atau bisa pake resep ini saja? thx mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Mba Dina..resepnya..nanti ya..kalau aku udah buat ..aku share..:)

      Delete
  7. mbak diah, aku dah 2x nyoba tp gagal.. yg pertama ga bs ngembang sempurna krn kukusanku k3cil, yg ke2 bikin lg (beli kukusan yg gedean) lha koq malah bantetvya.. huhu..
    kalo boleh tau itu ngaduknya santan dan ubi ungu pake solet ato mixer ya?
    trus kalo ga pake ubi bisa diganti terigu ga?
    #penasaran koq ga moist dan ngembang sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Rani..aku kira kukusan nggak begitu pengaruh ya Mba,,selama loyangnya masuk dan sesuai ukurannya..aku sering bikin pakai kukusan kecil dan besar juga. Mungkin di step pembuatannya ya Mba..coba mBa..liat tips2 membuat cake di sini ya..semoga bisa membantu..:) http://www.diahdidi.com/2013/08/tips-sukses-membuat-cake.html

      Delete
  8. mba didi, ih aku penasaran bikin nih kue, dan malam ini aku bikin, dan jadiiiii... wuiih seneng banget. ngembang bagus. santannya aku ganti susu cair, ubinya aku ganti terigu. tapi kayak kurang lembut kenapa ya mba? kalo brownies kukus *manda kan lembut. hihi.. apa stepku ada yang salah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jelas nggak bisa lembut tho Mba Dian..lha wong kebanyakan terigu..kalau ubi nya di ganti terigu..berarti 300 gram lebih ya terigunya..itu sama dengan bolu ya..bukan cake. Kalau cake..dengan jumlah telur yang cuma 4 butir..itu udah maksimal terigunya 160 gram..makanya di tambahin umbi2 an..biar lebih lembut dan lembab cakenya..seperti pakai ubi..labu kuning dll.

      Delete
    2. ooo.. gitu yah, trus kalo aku ga punya labu ato ubi gimana ya? mau bikin lagi.. penasaran nih mba harus bisa bikin sampe lembut nih.
      oiya, kalo ga pake emulsifier gpp ya? biar anakku (1tahun) bisa makan juga (ga pake bahan kimia)

      Delete
    3. Kenapa nggak bikin brownies kukus coklat saja Mba..biar nggak repot 2 merubah resep..liat di sini ya :http://www.diahdidi.com/2011/12/brownies-kukus-ny-liem.html
      Kalau cake kukus biasanya pakai emulsifier..supaya lebih kokoh adonannya..ya di coba saja kalau nggak mau pake ya Mba..:)

      Delete
  9. Subhanallah, kk Yodha manis banget deh..walau masih kecil dy care y mb. He em, hati ibu mana yg ndak tersanjung bila dipuji anaknya. Tp dy jg beruntung punya Mami yg sayang dan jago masak. Karena salah satu wujud kasih sayang ibu akan terlihat dr masakannya. Salam yah bwt kk Yodha ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba weni..kalau lagi manis ya gt dia..hihi. Salam balik dr Yodha ya Mba..:)

      Delete
  10. Dah dieksekusi mb..hasil cakenya belang krn adonan ubinya ngempel bngt jd sulit nyatu dg adonan tpungnya. Pdhl dah dikasi santan paz mblender biar enceran. Kl rasa dan tekstur sih mantab...ketauan mana yg dah expert sm yg amatiran hihi..

    ReplyDelete
  11. Wah thanks infonya kayqknya bisa di coba nih

    ReplyDelete
  12. Hai mbak DD. Kemarin dksih ubi ungu sm sodara sekantung plastik gede. Bingung mau diapain. Iseng browsing nemu resep ini. Eksekusi ah. Oh ya mbak santan bisa dganti susu gak ya ?

    ReplyDelete