Monday, February 24, 2014

Wedang Bajigur Coklat



Bajigur..adalah minuman yang tepat ketika lagi masuk angin. Biasa teman..kalau anak sakit..pasti begadang buat seorang ibu itu biasa ya teman2. Kayak tadi malem..Yodha mau flu..hidung mampet..pasti sangat menjengkelkan buat anak2..jadinya tidur sama sekali nggak nyenyak..otomatis..daku juga begadang lagi dech jagain dia tidur. Untungnya nggak demam cuma mau flu aja Yodha..alhamdulillah. 

Nah..untungnya di masyarakat kita banyak ya..aneka macam minuman tradisional untuk mengusir masuk angin. Tadi kepikiran mau bikin bir pletok ala Betawi..atau wedang uwuh ala Yogya..tapi..kok liat di kulkas punya kolang kaling..jadi bikin bajigur aja..lebih pas kayaknya. Lumayan teman..buat di minum hangat2 di cuaca dingin berangin gini..segar dan menghangatkan..tapi buat suka yang di minum dingin..wedang bajigur ini juga sangat nikmat lho..di minum pakai es batu. Kali ini aku bikin wedang bajigur versi baru..yaitu pakai coklat. Selamat mencoba ^^
Wedang Bajigur Coklat

Bahan :
1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok makan kopi bubuk 
1 sendok teh coklat bubuk
150 gram gula merah, disisir halus
50 gram gula pasir ( sesuai selera )
150 - 200 gram jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan ( kalau pakai jahe emprit di kurangi ya teman2..karena jahe emprit lebih pedas di banding jahe biasa )
3 lembar daun pandan
2 cm kayumanis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
50 gram kolang kaling, direbus iris-iris atu bisa di ganti kelapa muda

Cara membuat :
Rebus santan, kopi bubuk, gula merah,gula pasir, jahe, daun pandan, kayumanis, garam, dan vanili sambil diaduk sampai mendidih.
Angkat dan saring.
Sajikan hangat setelah ditambah kolang kaling atau kelapa muda

10 comments :

  1. Paling mantap musim angin gini disuguhin yg anget2 gini mba...

    Apalagi d cirebon anginnya lumayan kencang mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...sama berarti memang ya Mba Lina..di mana2..cuacanya..makanya Yodha jadi flu kemaren..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Tul Mak..cocok dengan musim skrg ini yang dingin..:)

      Delete
  3. wah mantep nih mba... cocok dengan cuaca di bogor yg lagi dingin buaangeett.

    ReplyDelete
  4. Duuuh kepengen mba Diah,,,, Ntar kalau ada yang jual kolang kaling aku mau coba juga aah,,, enak banget deh, anget2 jahenya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..seger dan hangat..pas lagi badan meriang..pengennya minum yag anget dan seger gini. Ganti kelapa muda juga enak Mba..klu nggak ada kolang kaling..:)

      Delete
    2. Hari ini mau eksekusi ini... mbak... ketemu yg jual kolangkaling langsung ingat resep mba Diah... makasih ya mba...

      Delete
    3. Sipp Mba Tina....enak juga lho di kasih es..jadi es bajigur..jika di minum siang2..:)

      Delete