Monday, February 10, 2014

Pepes Bandeng Presto dan Otak Otak Bandeng dari A n D Cafe



Bandeng presto....selama ini pasti kita taunya adalah makanan khas yang asalnya dari Semarang ya teman2. Memang sich..sekarang ini bandeng presto memang sudah jadi icon oleh2 khas Semarang. tapi taukah teman2..bahwa aslinya olahan bandeng presto ini asalnya dari Juwana lho..salah satu kabupaten di Pati Jawa Tengah. Lalu karena banyak di jual di Semarang..akhirnya lebih nge top dech sebagai oleh2 khas Semarang. Walaupun sekarang juga..banyak sich pengusaha dan pengrajin bandeng presto dari Semarang juga yang meproduksi sendiri..tapi secara sejarahnya..asal usul bandeng presto ini..adalah dari Juwana Pati Jawa Tengah.

Udah tau kan ..apa itu bandeng presto teman2..yaitu olahan ikan bandeng yang di bumbui kunyit..bawang putih dan garam, selanjutnya di olah dengan cara di presto menggunakan panci tekan..sehingga ikan bandeng jadi empuk dan durinya juga jadi lunak. Jadi..nggak perlu repot2 lagi dech buang durinya..kalau makan bandeng presto ini. Bandeng presto sekarang ini..sudah jadi ciri khas..oleh2 dari Semarang..jadi kalau ke Semarang nggak lengkap ya..tanpa membawa oleh2 yang satu ini untuk keluarga. bandeng presto..biasanya di nikmati dengan cara di goreng begitu saja..dan di nikmati sebagai lauk dengan pelengkapnya adalah sambal. Tapi..sebenernya bandeng presto ini enak lho di olah jadi aneka masakan lain teman2. 

Salah satu resto di Semarang yang akan lebih banyak memperkenalkan olahan bandeng presto dalam bentuk masakan yang berbeda adalah A n D Cafe. Kemaren aku sempat nyicipin olahan bandengnya..yaitu bandeng presto originalnya, pepes bandeng, serta otak otak bandengnya..memang enak rasanya. Nggak kalah dech sama olahan bandeng presto dari toko oleh2 yang sudah ternama di Semarang. Rencananya memang A n D Cafe ini..akan menjadikan olahan bandeng ini menjadi icon menunya..dengan membuka tempat makan baru di samping A n D cafe yang sekarang udah ada Di Jl. Kusuma Wardhani no H 5 Semarang, di belakang kantor Kejaksaan. Wah..ide bagus sich menurutku..karena bandeng presto kan sudah jadi icon kota Semarang..akan lebih bagus lagi jika ada satu tempat makan gitu yang menu2nya khusus olahan aneka bandeng presto..pasti akan lebih menarik..bisa jadi *signature dish*..dan lebih mudah mempromosikan tempat makan tersebut. Biasalah..kita2 ini kan suka sekali dengan segala sesuatu yang unik dan khas dari suatu daerah. Misal..di Yogya..ada resto..yang khusus menjual aneka olahan singkong..utuk masakan lho..bukan cemilan lho..misal..mie singkong..sup singkong..nasi goreng singkong..dll. Walau terkesan aneh..tapi ternyata cepat sekali terkenal..karena banyak di liput media tivi..internet dll. Jadi..emang ya..sekarang ini..kalau kita mau usaha di bidang kuliner..harus mempunyai sesuatu yang beda dan khas ya teman2..biar bisa lebih menonjol dari usaha sejenis yang lain..yang emang terlalu banyak sekali persaingannya.

Kemaren aku nyicip olahan pepes bandeng dari A n D cafe ini..enak rasanya..sesuai dengan seleraku..karena bumbunya mantap..pedas dan halus bumbunya. Jadi cocok dech pepes ini di jadikan salah satu pilihan oleh2 khas Semarang..selain bandeng presto original biasanya. Satu lagi yang enak..yaitu olahan otak otak bandengnya..ini juga enak. Bumbunya gurih..pas..nggak berlebihan. Apa itu otak otak bandeng..mungkin ada ya belum tau teman2 ?.. Otak otak bandeng adalah olahan ikan bandeng yang dagingnya di ambil dan haluskan..kemudian di campur kelapa parut dan bumbu2 rempah..kemudian campuran daging berbumbu tersebut di masukkkan kembali ke kulit ikan bandeng..dan jadi berbentuk ikan lagi..tapi dengan daging yang sudah berbumbu dan halus..tanpa duri juga. Setelah itu di kukus..baru kemudian cara menikmatinya di goreng. Kalau aku suka aku goreng dengan kocokan telur. Mungkin otak2 bandeng ini mirip2 sama sate bandeng ala Banten ya teman2..tapi kalau sate bandeng ala Banten..nggak di kukus dulu ya..tapi langsung di bakar..kayak sate. Suka dech otak2 bandeng ini kalau aku..karena daging bandengya jadi lebih gurih..karena di beri bumbu2 rempah komplet dan kelapa parut juga. Di nikmati pakai sambel khas yang pedes..dan nasi anget ngepul..udah enak banget..^^

Oke..mau tau penampakan sate bandeng dan pepes bandeng presto ala A n D Cafe..ini dia ya teman2..jika berminat..langsung saja hubungi A n D Cafe ya..di Semarang..jika mau coba. Olahan aneka bandeng ini..sudah di kemas rapi dan bersih kok..jadi cocok dan bagus buat oleh2 juga..^^

Otak otak bandeng di jual dalam keadaan sudah di kukus..seperti ini..itu liat di foto teman2..dagingnya sudah halus dan di campur aneka bumbu rempah dan kelapa parut.


Cara penyajiannya..kalau aku suka digoreng..dengan kocokan telur..jadi seperti ini..looks yummy kan..? ^^


Kalau ini..olahan pepes bandengnya..ukurannya lumayan besar..jadi cocok di jadikan oleh2..karena satu bungkus aja..bisa di makan berame2. Bumbu pepesnya halus..enak dan gurih serta sedikit manis..pas..sesuai seleraku. Oke..jika berkunjung ke Semarang..jangan lupa di coba ya teman2..olahan bandeng presto dan hasil olahan bandeng lain.



Oh ya..bandeng presto ini enak lho di olah lagi jadi berbagai menu..misal..jadi nasi bandeng bakar presto..yang resepnya udah aku share di blog ini..beberapa waktu lalu..kalau teman mau coba..klik di sini ya resepnya. Kemaren aku buat nasi goreng bandeng presto..juga enak lho..nanti resepnya aku share terpisah ya. Selamat berwisata kuliner teman2.


7 comments :

  1. ih dagingnya tuebeeeellll banget. Rata-rata bandeng presto kan tipis banget berasa makan kulit sama tulang doang, hahahaaa...Bikin kemecer itu bandengnya. Pasti puas tuh makannya ya mb Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..nggak abis satu sendiri..bisa buat rame2..hihi.
      Kalau bandeng presto yang khusus buat oleh2 dari Semarang gini..gede2 Mba..dan jika di presto tetep tebel dagingnya..:)..beda sama yang di jual di pasar2...:)

      Delete
  2. unik ya aku belum pernah nyobain nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..aneka olahan bandeng di Semarang skrg semakin beragam..:)

      Delete
  3. Harganya berkisar berapa mbak diah? Perlu dicoba ni klo maen kesemarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini..menu baru Mba Ratna..belum di publish kayaknya..kemaren aku baru nyicip aja..hihi..nanti aku update harganya jika sudah jadi menu aneka olahan bandengnya..:)

      Delete
  4. Mba Diah Didi , apakah bisa share no telp A n D cafe ? Terimakasih yah

    ReplyDelete