Thursday, February 13, 2014

Sambel Tempe..^^


Tempe...salah satu bahan yang hampir selalu ada di dapurku..kalau nggak ada, itu cuma karena kadang nggak kebagian aja..di tukang sayur..hihi. tapi..kalau ke pasar..tempe..adalah salah satu bahan wajib..yang selalu masuk ke kantung belanja..tanpa pikir panjag mau di masak apa nantinya. Karena..tempe..di masak apa aja..enak..sekedar di goreng biasa bumbu bawang dan ketumbar serta garam..udah enak...belum lagi jika mau sedikit repot mengolahnya..tempe..*is amazing*..hihi..bisa jadi aneka menu yang lezat dan murah meriah. Lha wong tempe semangit ( udah umur 3 hari / kematangan ) saja masih berguna kok kalau di dapur orang Jawa..hihi..buat campuran sayur lodeh atau oseng..di sambel dll..jadi tambah sedep. Jadi nggak perlu khawatir..kalau punya stok tempe di dapur dan belum sempat di masak..ya biarkan saja sampai jadi tempe semangit..makin sedap jadi aneka olahan masakan. Jadi..jika kadang2 kita denger ada yang bilang..ah dasar orang Indonesia mental tempe ^^..cuekin aja ya teman2..hihi..so what gitu lho.!?..Tempe kan bergizi juga ya teman2..hihi..nggak kalah lho..kandungan gizinya sama daging..kata para ahli gizi..dan memang enak kok..yang bilang gitu..pasti suka tempe juga kan..hihi. Hayukk..siapa yang suka tempe..tunjuk tangan...! ^^


Tempe..selalu ada di dapurku..kadang sekedar jadi penyelemat menu..di siang hari..maklum kalau siang kan makan sendiri di rumah..suami makan di kantor..anak..makan di sekolah..jadi kadang kalau belum punya lauk..atau lagi males makan..udah dech..asal ada tempe..beres..bisa di sambel..hihi. Sambel tempe ini adalah sambel yang paling sering aku bikin kali..hihi. Dari tempe seger..sampai tempe semangit..aku suka dech di sambel. Kalau tempe segar..bisa di sambel bawang mentah..kadang di sambel terasi matang juga..kadang di sambel kukus...dll..semua enak menurutku. Kalau yang semangit bisa buat sambel tumpang..dll..pokoknya tempe..sampai baik yang segar atau yang udah semangit tetep enak dan  berguna di dapurku..hihi.

Nah..sambel tempe yang sering aku bikin..adalah sambel tempe yang fotonya kayak di atas tuch..sambel tempe biasa aja sich..pakai cabe..bawang merah..bawang putih, dan sedikit terasi..kasih garam dan sedikit gula merah. Udah dech..jadi menu makan siang di makan sama nasi putih hangat..hihi. Kadang2 aku sambal bawang mentah juga..di buat kayak tempe penyet gitu..apa aja masuk dech kalau tempe goreng ya teman2..mau di cocol sambal bajak..sambal korek dll. *Hidup tempe..!!..hihi. Oke..aku share aja ya..salah satu resep sambal tempe yang biasa aku buat..sapa tau ada yang suka juga..walau menu nggak penting..hihi..tapi enak kok..^^
Sambel Tempe 

Bahan :
8 buah cabe merah
4 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya ) 
6 buah bawang merah, potong kasar
1 siung bawang putih, potong kasar
4 potong tempe ( kira2 100 gram ), rendam di sedikit air garam, tapi jangan terlalu asin ya.
Terasi 1/2 sendok teh
1/8 sendok teh gula merah (sedikit aja..cuma buat penyeimbang rasa garamnya )
Garam sesuai selera ( sedikit penyedap jika suka )

Cara membuat :
Goreng tempe hingga matang.
Goreng semua cabai, bawang merah, terasi dan bawang putih hingga matang. Ulek kasar bersama sedikit garam dan gula, lalu masukkan tempe goreng. Ulek kasar. Udah..jadi dech..hihi..mudah kan. Sajikan hangat dengan nasi yang ngepul..yummy..^^
Tips :
Memilih tempe yang bagus..baisanya aku pilih tempe yang udah benar2 jadi..kedelai dan jamurnya menyatu dan padat..jadi mudah di potong2..dan jika di olah tidak akan hancur. Aroma tempe yang jadi bagus fermentasinya biasanya segar..khas bau tempe gitu ya teman2..sedang yang gagal fermentasinya biasanya ada bagian2 tertentu yang kedelainya jadi lembek dan aromanya asam..jadi jangan di beli ya tempe yang seperti itu. Tempe semangitpun..lebih enak di buat dari tempe yang segar..bukan dari tempe yang gagal fermentasi..karena rasanya tidak enak jika di olah. Cara membuat tempe semangit..beli aja tempe yang kualitas bagus dan segar..terus diamkan saja di dapur di suhu ruang sampai 3 atau 4 hari..sampai sedikit berubah warna..siap di olah dech tempe semangit jadi aneka olahan masakan khas Jawa. Dengan membuat sendiri tempe semangit...aman kok..nggak akan beracun..karena kita tau bahannya berasal dari tempe segar..bukan tempe yang gagal fermentasi. 
  • Tempe yang bagus mudah di iris dan nggak hancur..^^






22 comments :

  1. Mantabb.. sama mbak diah,, aku juga suka tempe.. enak banget di buat sambel kaya gini, kalau aku suka tambahin kencur dikit.. dimakan sama nasi anget kerupuk udah deh nambah2 :) kadang tempenya aku ganti oncom tambah leunca dikit enak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sambel oncom enak juga ya Mba Intan..aku malah belum pernah coba..di sini susah cari oncom mba..:)

      Delete
  2. Kita berdua kok yo sehati to....Hari ini aku masak tempe penyet sambel kecap. Kalo dah ketemu bahan-bahan ini bisa lupa sama mertua kalo pas makan, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama2 lidah Jowo Mba Rina...memang makanan enak ndak harus mahal ya Mba..:)

      Delete
  3. Aku suka bikin juga mbak yg tempenya digoreng itu...tapi kadang2 cabe, bawang merah, bawang putih dan tempenya aku kukus sebentar terus diuleg kasar itu jg enak lho mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kukus aku suka tempe yang udah agak semangit Mba DIan..sedeppp ..hihi

      Delete
  4. Aku pernah dikasih temanku nih mbak sambal tempe, baru tau dan baru mencoba sambal tempe enak ternyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..menu sederhana tapi enak..:)

      Delete
  5. sayapun tiap hari harus ada tempe, dan menu ini mesti dicoba nih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong Mba Santi..hihi..sippp yukk di sambel tempenya..:)

      Delete
  6. Emang tempe penyet itu selalu ngangeni mbak.... kalo aku biasanya aku kasih sedikit kencur sama ditambah daun kemangi dipenyet bareng tempe... bagi penyuka pedas emang sambel adalah makanan yang paling juara..... -ummu habiba-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya tambah seger dan harum pakai kemangi ya Mba Ummu..sayang lagi nggak punya tadi..:)

      Delete
  7. Sama mbak, aku jg suka tempe. Walo tidak murah harganya tapi sering beli. Paling sering juga disambel, gampang dan nglawuhi... Atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya...Mba Atik tgglnya di luar ya..pasti lebih mahal harga tempe di sana ya Mba..:)

      Delete
  8. mbak diaaah..tadi malem aku baru makan ini..sambel tempe pake kerupuk..ngabis2in nasi deh, hihi
    aku juga...tempe jadi prioritas pertama kalau ke pasar, plus tahu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sehati ya Mba Nisrina..sipppp..:)..Tempe memang enak ya Mba..:)

      Delete
  9. wow mbak diah...ini kesukaanku bangeeettt..pas lagi gak mood kalo liat ini jadi lupa diri..bisa-bisa kalo gak di-rem makannya bisa sebakul nasi habis hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..sama Mba Luv...mur mer tapi sedep ya mba..:)..ngabis2 sin nasi..:)

      Delete
  10. Mba Diah. Kemarin aku bikin sambel tempe juga. Tapi tempenya aku ganti pakai tempe semangit... duuuhhh joosss uenaakk banget mbaaaaaa... makasih mba atas resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..tambah enak itu pakai tempe semangit Mba..hihi...suka ..suka..:D

      Delete
  11. wah amazing, waktu kecil ak sering dibuatkan spt ini sama ibuku, tapi tempe nya diganti tempe bacem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp..wah bisa juga juga ya pakai tempe bacem..:D

      Delete