Sunday, February 16, 2014

Brongkos Campur Campur...Yummy.^^




Brongkos...adalah salah satu signature dish..di DiahDidi's Kitchen..selain gudeg..sambel goreng dan aneka masakan Jawa Lain..hihi..banyak amat ya..signature dish nya..iya..kan lidah Jowo terutama Yogya tulen..jadi menu-menu tersebut buat aku adalah menu harian..yang kadang udah di luar kepala masaknya..jadi takaran bumbu dan lain..udah hafal..karena lumayan dari remaja dulu..sering bantu ibu masak menu-menu harian tersebut. 

Dan di Semarang pun..aku tetep sering masak masakan Yogya..dan kebetulan juga suami dan anak kok ya cocok dan suka sama masakan Yogya..jadi..udah kayak *signature dish* kan..hihi..makanan harian..yang jadi ciri khas, dan juga favorit keluargaku. Yodha aja yang pemilih..anehnya kok ya malah suka sama gudeg dan brongkos..lahap dech kalau makan pakai lauk kedua macam ini. Brongkos padahal kan pakai kluwak ya..kental gitu..tapi Yodha malah suka banget..suami juga suka. Brongkos memang enak sich..menu khas Yogya..atau daerah lain juga ada kali ya..tapi di Yogya..brongkos ini lumayan terkenal menjadi salah satu icon kuliner khas Yogya. Banyak warung-warung brongkos yang sudah terkenal..misal brongkos ijo di Jl Magelang..dan juga warung-warung lain. Bahkan ada beberapa resto terkenal yang menjadikan brongkos ini menu andalannya. 

Buat yang dari luar Yogya..kalau belum tahu masakan Brongkos..adalah masakan berkuah khas Yogya yang bumbu utamanya adalah keluak / kluwak. Mirip rawon..tapi lebih legit dan lebih berbumbu..karena brongkos ini berbumbu komplet dan bersantan. Warna kuahnya kecoklatan dan kental..karena memakai kluwak. Brongkos ini akan semakin enak dan *miroso ( meresap bumbunya )..setelah diinapkan semalam..jadi tambah sedep dech. Bahan-bahan yang bisa di brongkos..sangat fleksibel..bisa daging..telur..tahu..kacang tholo ( kacang gude )..labu siam..pepaya muda..bahkan kacang panjang juga enak di bumbu brongkos. Kalau aku suka aku campur-campur aja..bahan apa yang ada. Nah..kemaren aku buat brongkos campur-campur..ada daging..telur..tahu, kacang tholo, kulit melinjo, dan juga kacang panjang..enak dech. Satu masakan udah komplet gizinya..hihi. Sudah ada protein, sayuran juga..hihi. Aku paling suka dech telur rebus yang di brongkos..jadi mlekoh dan coklat banget warnanya. 

Selamat mencoba ya teman..jika suka brongkos..^^
Brongkos Campur Campur

Bahan :
250 gram daging tetelan sapi
100 gram tahu goreng
1/2 ikat kecil kacang panjang
3 - 4 butir telur rebus  / secukupnya
50 gram kacang tholo, rendam air selama 2 jam sebelum di masak
25 gram kulit melinjo merah
1 buah labu siam, potong kotak

Bumbu-bumbu :
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah kluwak
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 ruas jari kencur
6 butir kemiri
1 sendok makan gula merah
2 buah cabe merah
Santan cair 1000 ml
Santan kental 200 ml
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh dan garam secukupnya
2 ruas jari lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam 

Cara Membuat :
Haluskan bumbu bumbu , lengkuas , serai, salam dan daun jeruk. Tumis hingga harum, lalu masukkan daging, kacang tholo, telur rebus, tahu dan santan cair, masukkan bumbu-bumbu lain, lalu masak dengan api kecil hingga daging matang. 
Masukkan kacang panjang dan labu, serta santan kental, lalu masak kembali hingga sayuran matang dan kuah menyusut. Jika mau lebih meresap, sayur Brongkos bisa di inapkan dan di simpan di kulkas..lalu panasin lagi pagi harinya..rasanya akan semakin enak.





12 comments :

  1. Alm bapakku asalnya yogya, mbak. Jadi dulu sering sekali makan brongkos. Dimakan dg nasi hangat, dan lalapan.. hmmm enak sekali.. Jadi nostalgia nih.. Atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Atik..di Yogya brongkos memang jadi salah satu masakan harian..minimal seminggu sekali pasti dulu ibu masak brongkos di rumah..:)..ayukk buat Mba..biar bisa nostalgia beneran rasanya.tapi kluwaknya susah ya Mba di sana :)

      Delete
    2. Ada kluwak di sini tapi kering, pernah beli gak aku pake. Negara tmpt aku tinggal ada yg jual bumbu bumbu asia. Lengkap, lain dg negara eropa lain.

      Delete
    3. Wah...sipp Mba..klu gt ya..jadi lebih mudah masak masakan Indo di sana..:)

      Delete
  2. Brongkos? Hmmmm....dah lewat hari malah tambah enak menurutku, mb. Nginep dulu gt brongkosnya, hehehe... Apalagi ditambah krecek pas mo diangkat dr kompor, hmmmm...nyem..nyemmm..
    nyemmm...
    Btw, happy wedding anniversary ya, mb. Smoga tetep jadi keluarga Samara.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...mksh Mba Ida doa baiknya..:) Betul banget Mba..brongkos..lebih enak kalau udah nginap. Eh pakai krecek enak juga ya Mba?..Aku malah belum pernah..kapan2 tak cobanya..mksh infonya ya Mba..:)

      Delete
  3. Mbak diah anniversary ya, happy anniversary ya mbak. Brongkos gini sih kesukaan suamiku pastinya, aku kurang suka makanan berkecap mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Lydia..:)
      Eh..kalau brongkos gini nggak pake kecap kok Mak..warna coklat itu asli dari biji kluwaknya..:)

      Delete
  4. hai mba diah..salam kenal..uda beberapa kali ni nyobain resep-resep mba diah,tapi baru sekarang ninggalin jejak hehee..mau nanya ni mba,waktu ak coba bikin,kok warnanya ga secantik punya mba diah,kurang apanya ya?atau kluweknya yg kurang bagus?ak pakenya kluwak yg masih ada cangkangnya itu mba,dan uda diseduh air panas juga,tapi untuk resep yg sama tetep aja warnanya pucet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Febri..mungkin jenis kluwaknya ya..kecoklatan Mba..:)
      Aku selalu pilih kluwak yang warnanya kehitaman Mba..dan isinya masih basah..jadi masih seger..nggak perlu di rendam2 air panas juga mudah di ulek. Mungkin mba..pakai kluwak kering ya..jadi udah keras dan warnanya nggak seger lagi.

      Delete
  5. wiih..mbak diah..menu di rumahku kemarin brongkos lho,,kok bisa samaan siih, kemarin sambel tempe, sekarang brongkos, hihi
    tambah kulit melinjo suedep tu mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nisrina..menu harian..wis kayak di rumah Yogya..seminggu sekali ada brongkos pasti..hihi. Iya mba..suka juga di kasih daun melinjo..paling suka dech..sama kacang tholo..sedepp ya..:)

      Delete