Friday, February 14, 2014

My Valentine....Sepuluh tahun lalu...



Happy Valentine's Day...buat teman2 yang merayakannya ya....! ^^
Tidak perlu kita berdebat..apakah Valentine day itu baik atau buruk..itu kan sekedar simbol ya..yang penting..apapun itu..asal kita ambil hikmah atau segi positifnya..ya pasti ada manfaatnya ya. Menunjukkan kasih sayang, perhatian, berbagi, memberi hadiah kepada pasangan..sahabat..keluarga..teman2..adalah hal yang positif kan..walau sebaiknya nggak cuma di hari valentine aja...kita menunjukkan kasih sayang...buat keluarga..dan juga buat sahabat..teman2 tercinta..jadi..setiap hari ataupun hari valentine ini..aku ingin berterima kasih juga dan bilang..I love you all my friends..makasih ya..udah menemaniku hari2ku berbagi dan berteman di sini.

Oh ya..cerita soal valentine..jadi terkenang 10 tahun yang lalu..ketika aku mengikat janji dengan mantan pacar..tepat di hari Valentine..14 Februari 2014. Wah..kok bisa pas Valentine ya..kata teman2ku gitu. Nggak di sengaja di pas2 sin sich sama hari valentine. Kebetulan aja..menurut orang tua..secara penganggalan Jawa...tanggal baiknya..pas tanggal itu..jadi nurut aja dech...kok ya ternyata kebetulan pas hari valentine...dan kebayanya kok ya pas..pink..jadi cocok kan ya.

Nggak terasa......
Sudah 10 tahun berlalu. Suka..duka..bahagia..sedih..galau..semua pasangan pasti pernah melaluinya ya teman2. Tinggal cara kita saja menikmatinya..dan mensyukuri semua karuniaNya.Yang penting dengan niat tulus membangun keluarga..pasti akan sanggup menghadapi badai apapun yang menerjang..yakinlah..badai pasti berlalu..ya kan teman2..*..lebay kayak sinetron dech *..tapi beneran lho..menyatukan dua manusia dengan sifat dan karakter berbeda itu kan memang bukan hal yang mudah ya teman2..tapi dengan saling mengerti atau bisa mengimbangi..mengalah..ikhlas dan menerima...Insya allah..semua kendala akan teratasi..*sok tua dech..eh tapi beneran sich..emang udah nggak muda lagi..jadi nasehat ini khusus buat teman2 yang lebih muda dari aku..yang baru nikah..atau yang mau nikah..jangan takut..semangat ya..*


Alhamdulillah..sepuluh tahun menikah..Aku bersyukur punya suami yang baik. Kami di karunia Yodha..yang udah berumur 7 tahun..anak yang cute..lucu..ganteng..pinter..baik hati..walau agak manja dikit..yang menjadi hadiah dan karunia terindah dalam kehidupan kami..di susul adik Yodha..dik Avara..putri kecil kami yang cantik..7 tahun kemudian..walau belum sempat menimangnya..tapi kami yakin dia kini sudah bahagia di sisiNya..amin. We..always love..and miss you sayang...! ^^

Nah..kami jarang sich merayakan ultah pekawinan dengan pesta berlebihan..dll..cuma aku biasanya bikin sekedar nasi kuning aja atau makanan favorit Yodha lainnya. akhirnya tadi pagi2..aku udah nguplek di dapur bikin nasi kuning komplet. Hah nasi kuning komplet buat sarapan ?..Kok sempat ?..Sempat dong..kan tinggal masak nasinya aja teman2..lauk pauk..sudah aku cicil masaknya dari kemaren..jadi pagi ini tinggal masak nasi kuning sama goreng rempah dan mbakar ayam bakarnya. Kemaren ke pasar belanja komplet buat nasi kuning..beli ayam kampung..langsung ku ungkep kemaren buat ayam bakar..terus ku simpan di kulkas..malah semakin enak kok..bumbu2nya semakin meresap..pagi2 tinggal bakar aja.

Mungkin teman2 mikir kok mau rempong rempong pagi2 masak nasi kuning..iya sich..soalnya berdasar pengalaman 2 tahun kemaren..mau bikin acara syukuran kecil ultah perkawinan kami di rumah aja..selalu gagal..aku udah masak komplet..eh suami ada meeting mendadak di luarlah dll, jadi pulang malam tahun2 kemare..jadinya aku coba bikin buat sarapan aja..eh tapi teryata..hari ini juga cuma aku dan Yodha juga..yang makan nasi kuningnya..huhu..sedih..* elap air mata *.

Tapi nggak apa2..nggak nyesel kok masak nasi kuning komplet..soalnya ini adalah menu favorit Yodhaku. Malah aku janji pada diri sendiri untuk masak nasi kuning terus tiap tanggal 14 Februari buat Yodha..supaya..dia selalu ingat bahwa hari tersebut adalah hari..ultah pernikahan kedua orangtuanya..biar Yodha selalu mengingatnya..amin. Akhirnya karena udah terlanjur  masak nasi kuning komplet pagi2..aku bagi2 aja nasi kuningnya buat mba art ku..budhe sayur dll..orang2 yang tiap hari membantuku..karena kalau di makan sore juga udah nggak enak lagi..karena aku masak lauk pauknya kemaren,..seneng aja sedikit bisa berbagi dengan mereka di hari ultah perkawinan kami yang ke 10 ini.

Budhe sayur seneng banget aku kasih nasi kuning komplet..dia komentar..enak banget bu..kenapa nggak buka katering aja...? Masakan bu Diah lebih enak lho dari katering tempat saya kerja..katanya..! ^^...Alhamdulillah jika pada suka masakanku..pengen sich suatu saat nanti punya usaha juga di bidang kuliner..misal katering khusus masakan Jawa..atau warung makan gitu ya teman2..*kalau resto ketinggian soalnya kali ya cita2nya..*..dll gitu..moga2 aja suatu saat bisa kesampaian..doakan ya teman2..aku tak mengumpulkan modal dulu..^^..atau ada yang mau jadi investor..?? *Gubrak..nge lunjak ya..teman2..:D *...tapi masih nanti sich rencana usahanya..soalnya tahun ini sampai dengan tahun depan..fokus utamaku adalah merencanakan kasih adik lagi buat Yodha..semoga aja masih di beri kepercayaan oleh YME..doakan ya teman2..biar bisa segera..kasihan sich..kalau Yodha nggak punya adik ya..paling nggak satu aja..semoga bisa..^^

Oke..aku share resep nasi kuning ala aku aja ya teman2..sebagai rasa syukur atas ultah pernikahan kami yang ke 10..semoga bermanfaat buat teman2..yang pengen bikin nasi kuning juga. Tapi tehnik buat nasi kuningnya mungkin agak berbeda ya..dengan nasi kuning pada umumnya..karena aku dan Yodha lebih suka nasi kuning yang mawur tapi tetep empuk..jadi aku lebih suka pakai santan instan dan di campur di akhir pengukusan..bukan di pakai buat ngaron beras, santannya. Kalau santan di pakai buat ngaru..biasanya nasi kuningnya terlalu mawur..dan nggak bisa empuk..karena terlapisi santan..dan juga lama ngukusnya. Kalau pakai tehnik aku ini..ngukusnya jadi lebih cepat. Selamat mencoba ya teman..jika suka...^^

Resep Nasi Kuning Ala DD

Bahan :
500 gram beras yang butirannya panjang
800 - 1000 ml air
4 ruas jari kunyit, bakar, haluskan lalu campur 2 sendok makan air, saring.
4 lembar daun salam
4 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 daun pandan, ikat
Garam ( sesuai selera )
Santan instan 6 sendok makan

Cara membuat :
Masak beras bersama air dan semua rempah sampai air habis dan meresap, lalu kukus sampai nasi matang dan empuk, masukkan santan instan, aduk rata. Kukus lagi sebentar hingga meresap. Sajikan nasi kuning dengan pelengkap sesuai selera..ayam goreng / bakar, abon, telur pindang atau dadar, perkedel atau rempah udang, kering tempe, kentang dll, sesuai selera.
Acar kuning 

Bahan :
Ketimun 2 buah, buang biji, iris panjang2
Wortel 2 buah, iris panjang2
10 butir bawang merah ukuran kecil, biarkan utuh
Air 100 ml

Bumbu halus :
4 butir kemiri
2 cm kunyit bakar
2 siung bawnag putih
2 cm jahe, memarkan
1/2 sendok makan cuka
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan air dan bumbu2 lain. Masukkan wortel, aduk hingga wortel layu terakhir masukkan ketimun, masak hingga meresap dan kuah menyusut.
Ayam bakar pedas 

Bahan :
1 ekor ayam kampung
4 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk
3 cm jahe, memarkan
Gula merah 1 sendok makan
Garam dan kaldu ayam jika suka sesuai selera
Santan 800 ml

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit
50 gram cabai merah keriting

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan dan bumbu2 lain, serta ayam. Ungkep dengan api kecil hingga santan habis dan bumbu mengental. Bakar dengan di oles sedikit margarin dan sisa bumbu ungkepannya. Sajikan hangat.
Rempah udang 

Bahan :


1/2 butir kelapa sedang..agak muda..tapi sudah bisa di parut panjang
50 - 100 gram udang, kupas, haluskan
1 butir telur ayam

Bumbu, haluskan:
2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 butir kemiri, sangrai
3 buah cabai rawit
¼ sdt merica butiran
½ sdt gula pasir
1 sdt garam / bumbu kaldu instan rasa ayam

Cara Membuat :
Campur kelapa, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
Bentuk adonan menjadi bulat pipih atau bulat lonjong, sesuai selera.
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan kering.
Angkat dan tiriskan.
Tips : Pas menggoreng..sebelum sisi bawah kering..jangan di bolak balik ya..jadi biarkan bagian bawah berkulit dulu, baru di balik. 


Kering tempe..resepnya udah pernah ku share ..liat di sini..aja ya teman2..^^












55 comments :

  1. Kalo dekat aku samperin buat ngabisin nasi kuning plus lauknya mbak.
    Happy Anniversary, semoga selalu sakinah, mawadah wa rahmah. Selalu dapat berkah, kebahagiaan lahir dan batin, aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya dengan senang hati Mba Rina..kalau deket pasti ku undang sarapan nasi kuning di rumahku..:)
      Makasih ya Mba..atas doa baiknya..amin2..:)

      Delete
  2. Happy 10th aniversary ya mba.. Semoga langgeng sampe maut memisahkan, n bisa nambah momongan lagi.. Itu nasi kuning komplitnya bikin ngeces, haduuh... !! Btw, cita2nya ko sama ya mba, aku jg pengen suatu hari nanti punya usaha katering/warung makan, tentu kalo udah ga repot sama anak2 yg msh kecil, soalnya aku jg seneng di dapur (walaupun msh kalah jauh hebatnya dr mba diah) tp kalo mau belajar pasti bisa kan ya mba, hehe... O iya gara2 aku sering praktekin resep mba ni, gas di rumah jd cepet abis, wekeke... But it's ok krn skrg jadi jarang banget jajan di luar, kalo pengen makan apa tinggal buka blog ini, repot dikit tp kan lbh sehat plus puas makannya.. (lah jd curcol) hehe..
    -evie-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Evie...mksh ya Mba..atas doa baiknya..:) amin2..:)
      Sippp mba..mari sama2 mengejar cita2 ya..nggak usah mikir umur atau pengalaman..kalau mau berusaha..pasti semua orang bisa melakukannya kan ya Mba..semangat ya..punya mimpi dan cita2..itu yang membuat hidup kita selalu bersemangat ya Mba..:)..tapi memang betul..prioritas utama kita..anak2 dulu ya Mba..:)..setuju..

      Delete
  3. Selamat ulang tahun perkawinan mbak Diah....bahagia selalu.... -fany-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mba Fany..atas doa baiknya ya..:)

      Delete
  4. Selamat Ulang Tahun perkawinan mbak....semoga bahagia selalu langgeng terus cepet dapat momongan lagi, tetep smangat bagi2 ilmu masaknya...hehe.Aku gak pernah bosen kalo ke blognya mbak Diah tiap hari malah banyak ilmunya sih. Berhubung aku kerja jd belum banyak yg aku praktekin resep2 dari mbak Diah paling kalo sabtu ato minggu itu hari wajib buat aku masakin suami dan anaak2 kalo gak masak mereka protes mbak hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mba Diah..atas doa baiknya,..amin2..:) Sipp Mba..pokoknya tetep semangat masak ya..walau jadi wanita karir juga..pasti tambah di sayang keluarga..aku selalu kagum sama wanita berkerja yang tetep mau meluangkan waktu untuk memasak buat keluarga..hebat dech..:)

      Delete
  5. Happy wedding anniversary mbak Diah..:) doaku agar Mbak diah dan suami langgeng terus.. bahagia samara selamanya amin.:) ultah yang ke sepuluh ya mbak? hmm berarti nunggu yodhanya lumayan lama ya mbak 3 tahunan.. karunia sekali dapat momongan seganteng Yodha:)... ohya. rapih bgt masak nasi kuningnya.. sampai wortelnya di potong bentuk bunga cantik..kalau bahasa sundanya mah leuken pisan.. hehehe.. mau cobain ah.. bikin naskun pakai rempah udangnya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Intan...atas doa baiknya..amin2..:)
      Iya Mba..termasuk lama..soalnya dulu di tunda2 segala..makanya ayukk Mba Intan segera saja ya..jangan di tunda2 punya Dedeknya..biar nggak kebablasan kayak aku dulu..:)..
      Sipp met coba juga ya..nasi kuningnya Mba..semoga suka..enak lho pakai rempah udang..biar nggak bosan pakai perkedel kentang aja..:)

      Delete
  6. selamat ulang tahun perkawinan ya mbak didi, semoga selalu menjadi keluarga yang samara. btw dulu masih langsing banget ya mbak hihihi..kalo sekarang mah dah size XL ya mbaaakkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mba Estii ats doa baiknya..:)
      Iya..bener banget Mba..dulu pas married beratku cuma 47 kg..sekarang???..Kaburrrrr...hihi

      Delete
  7. Selamat Ulang Tahun Perkawinan yg ke 10 ya mba, moga langgeng slalu sampai ajal menjemput. Moga2 harapan ngasih adik buat Yodha segera terwujud amin... Nasi kuning tuh kesukaan anak sy yg gede mba, moga2 dpt segera mempraktekkan nih...

    Ari - batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin2..mksh banyak Mba Ari atas doa baiknya ya..:)
      Met coba resep nasi kuningnya ya ..:)

      Delete
  8. Maaf mba nambah, ada yg lupa. Kalo rempanya pakai kelapa yg tua gimana? Disini susah cari kelapa yg sedeng buat rempa, botok dan sejenisnya. Kl muda ya kelapa muda yg buat es...

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja Mba..di kupas kulit arinya ya..biar nggak hitam2 parutan kelapanya..cuma memang lebih enak kalau agak muda Mba Ari..:)

      Delete
  9. Selamat Ultah perkawinan Mbak Diah semoga bahagia & tercapai apa yg dicita2kan....aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin2...makasih banyak Mba Martini..atas doa baiknya ya..:)

      Delete
  10. happy anniversary mbak..moga langgeng ya...

    nasi kuningnya dkknya mantab bener deh,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Fitri..makasih Mba..atas doa baiknya..ayukk di coba nasi kuningnya mba..:)

      Delete
  11. happy anniversary ya, mbak Didi.. Semoga makin berlimpahkan kebahagiaan.. aamiin..
    Bagi nasi kuningnya dooonnggg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mba Puji...wah..kalau deket udah tak anterin sepiring kmrn..hihi

      Delete
  12. Assyyiiik,,, selamat ultah perkawinan yang ke 10 ya mba Diah Didi,,, Semoga selalu bahagia, langgeng dan semoga segera diberikan Dede bayi ya buat mas yodhanya,,,

    Tips nasi kuningnya patut dicoba nieh mba, belum pernah bikin yang begini soalnya,,, Hatur nuhun mba Diah,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin2.....iya Mba Tina..prioritas utama itu..hihi..kasih adik ke Yodha..:)

      Met coba nasi kuningnya ya Mba..:)

      Delete
  13. Iya deh mba... perasaan pernah baca postingannya mba yg bilang lg hamil gitu... tp mau nanya takut salah orang.... ;D

    Yah yg sabar ya mba... smg putrinya jd penyelamat org tuanya d hari akhir nnti... amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin2..makasih Mba Lina..iya Mba...udah ikhlas Mba..skrg..semoga nanti dapet adik lagi buat Yodha..:)

      Delete
  14. mat ultah perkawinan ya mbak Diah...moga Allah cepet ngasih dedek buat Yodha..selalu optimis aja mbak..apa yg mbak rasakan pernah juga aku alami..anak saya yang pertama dg kedua selisihnya 8 tahun...loh maunya komen nasi kuning kok malah curhat sih...
    Lihat penampilan nasi kuning komplitnya bikin ngiler...ngantri dicoba nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..memang harus sabar ya Mba..nggak semua wanita di beri kemudahan mendapat keturunaa.termasuk aku..dan alhamdulillah udah punya Yodha ini..tapi jika boleh masih pengen kasih adik..kasihan kalau Yodha kesepian ya Mba..*gantian cur col *..hihi..yukk di bikin nasi kuningnya..:)

      Delete
  15. Selamat ulang perkawinan mbak Diah, semoga awet sampe jadi kakek dan nenek, dan semua cita cita tercapai... Atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin2..mksh Mba Atik atas doa baiknya ya..:)

      Delete
  16. Happy Anniversary Mba...
    Langgeng selamanya :)

    ReplyDelete
  17. Happy Anniversary mbak diah , semoga slalu menjadi keluarga sakinah,mawardah dan warohmah....Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Vivian..doa baiknya..amin2..:)

      Delete
  18. Happy anniversary,mbak diah...:) Semoga selalu diberkati keluarganya sm Yang di Atas. wish ur fam joy and happiness :D
    btw, nanya resep nasi kuning nya itu di masak di atas kompor pke panci biasa gt mbak?,trus maksudnya di kukus dgn santan itu jg pke panci biasa gt? bukan di kukus pke dandang yg bwhnya ada air nya gt mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Dina..doa baiknya..amin2. Di kukus biasa mba..pakai kukusan setelah di tanak pakai panci biasa..:)

      Delete
  19. happy wedding anniversary mba :)
    udah nemu dua nih tmn blogger yg nikahnya 14feb :D

    ReplyDelete
  20. happy wedding anniversary mba :)
    udah nemu dua nih tmn blogger yg nikahnya 14feb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Nathalia..:)
      Hihi..iya Mak..bisa pas 14 feb..:)

      Delete
  21. happy wedding anniversary mba di, semoga langgeng selamanya, cepet kasih yodha adik lagi.

    Mey

    ReplyDelete
  22. happy wedding anniversary mba ..... wah tanggalnya kok bisa pas ya tanggal 14..... sukses buat mbak Diah dan keluarga ,,,,Amin,,,,

    ReplyDelete
  23. assalamu'alaikum mbak diah..
    ya ampun ketinggalan lagi ucapinnya #tutupMuka ya memang diriku ini ratu telat mbak #LhoKokBangga kwkkk..

    tapiiiiiiii happy anniversary ya mbak huhu bacanya sedih sedih bahagia deh.. semoga selalu dilindungi, dirahmati dan diberikan yg terbaik oleh allah aamiin..

    Semangaaaaaaaaaaaaaaaaat ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya lupa mbak diah cantiiiiiiiiiiiiiiiik bgd di foto atas (tapi semua foto mbak selalu cantik sih hehe tapi foto diatas tuh cantiiiiik bgd sumpah deh mbak)

      Delete
    2. HIhi..iya ZIe..no problem..belum telat banget kok..:)
      Makasih ya..tas doa baiknya..dan pujiannya..jadi malu..itu foto 10 taun lalu ZIe..kalau sekarang ya udah emak2..hihi....naik jauh BB nya..tapi jadi semangat mau lagsing lagi ahh..biar bisa kayak di foto lagi ya Zie..hihi..mimpi tidak ya..:D

      Delete
  24. Happy Anniversary ya mba....semoga sehat dan bahagia selalu dan semoga Yodha dapet adek lagi *hugs*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Sisca..amin2..atas doa baiknya..:)

      Delete
  25. selamat mbk diah, langgeng, sehat n sukses selalu sbgai istri n emak.. selalu ditunggu resep-resepnya....heeee ( ratna salatiga)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Ratna..amin2..iya mba..akan selalu rajin masak kok..:) di tgg ya..resepnya..:)

      Delete
  26. Happy Anniversary ya mbak Diah. Semoga selalu berbahagia dgn keluarga tercinta. Ngomong2 Mbak Diah cantik banget waktu mantenan!! Masih unyu2 ya mbak hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Sachi...atas doa baiknya..:)
      Hihi..iya Mba..unyu2..soalnya masih langsing..hihi..aku dulu pas belum nikah emang selalu di bawah 50 Mba..BB..giliran nikah..biasalah jd naik terus..ya.ayem..hihi..nge les..:D

      Delete
  27. hwaaa...,duh telat deh. tapi gpp drpd ga....*ngayem2i ati
    walau daku paling telat memberi selamat tapi sungguh kuucapkan dari hatiku yg terdalam, Happy Anniversary Wedding ya mbk Diah. Semoga langgeng, bahagia selalu & tetep berkarya terus. Tuhan memberkati....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....nggak pa2 kok telat Mba Sawitri..mksh banyak ya Mba..atas doa2 baiknya..amin2..:)

      Delete
  28. Mbak Diah, kalau mau masak pakai rice cooker gimana yah? Apa yang perlu dimodifikasi nih? Besok mau bikin nasi kuning, mau belajar, heheh... Makasi ya Mbak...
    Ya nanti kalau ke Salatiga mampir mbak, inbox ke FBku...aku lupa password emailku, hahaha... mbak Diah Mak irit, kalau aku Mak Pikun...
    Ella...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...biasa Mba Ella..aku juga suka lupa kalau pasword..gt klu jarang di pake..:D..oke2..nanti klu ke Saltiga ku kabari ya..:)
      Kalau pakai rice cooker ya tinggal di masak kayak bikin nasi biasa Mba..menjelang matang..kasih santan instannya..aduk2..terus biarkan sampai matang.

      Delete
  29. Mbak..Salam kenal yak..hee..
    Seneng sm blognya Mbak DD, selalu jd referensi klo mau masak, secara seleranya sm/dilidah pas krn sm2 org Jogja..pokokny kereen abis..hiii
    Ngeceees nih liat nasi kuningnya..pingiiin...

    ReplyDelete