Tuesday, February 4, 2014

Dadar Gulung Labu Kuning


Punya labu kuning dari kemaren belum di karyakan..akhirnya..aku buat dadar gulung labu kuning aja..enak..labu kuning menyumbang warna cantik alami dan juga menambah rasa pada kulit dadar gulungnya. Di tambah isian unti kelapa yang manis dan gurih serta wangi..enak banget dech..seandainya di suruh milih..dadar gulung atau pancake durian..aku milih ini dech..snack tradisional Jowo..hihi. 

Sebenernya sekali2 pengen juga sich bikin pancake durian..banyak temen2 yang request resepnya..tapi belum nemu korban yang di suruh makan..hihi..lha di rumah pada nggak suka durian je. Suami suka durian..tapi kalau di makan langsung..kalau di buat isian pancake gitu malah kurang suka katanya..jadi daripada mubazir nggak ada yang makan..ya..nanti2 dech bikin pancake duriannya..nunggu Shasa datang kali ya...si kecil lucu dari Karawang..adiknya Yodha..yang baru umur 5 tahun..tapi kata Bundanya bisa ngabisin 4 pancake durian ukuran gede2 sekaligus..hihi...doyan amat ya..ayukk ke Semarang Dek..ntar di bikinin banyak dech  pancake durian..^^

Nah lho..mau posting dadar gulung isi unti kelapa..kok sampai ke pancake durian..hihi..maaf ya teman2..kebiasaan..suka ngelantur ceritanya. Tapi..dadar gulung ini..kulitnya ya sebelas dua belas akan ya..sama pancake..crepes..dll..tapi citarasanya lebih tradisional gitu..karena pakai santan...dan rasanya tak kalah enak kok..sama crepes..hihi...buatku sich..yang suka jajanan tradisional. Oke dech..yukk cobain teman2..jika mau buat dadar gulung yang cantik tanpa pewarna buatan..pakai aja..labu kuning..warnanya bakal kuning cantik alami..selamat mencoba ya...^^

Dadar Gulung Labu Kuning
Bahan Isi:
150 gram kelapa parut kasar
1 lembar daun pandan / vanili bubuk sedikit
1/2 sendok teh garam
50 gram gula pasir / sesuaikan selera saja manisnya
100 ml air
Campur kelapa parut, daun pandan / vanili garam, gula pasir, dan air. Masak sambil diaduk sampai meresap. 
Bahan Kulit Dadar Gulung Labu Kuning :
100 gram tepung terigu protein sedang
100 gram labu kuning kukus, haluskan
1 butir telur
300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan gula pasir dan 1/4 sendok teh garam
Cara Membuat :
Kulit: campur tepung terigu, labu kuning, gula dan garam. Masukkan telur dan santan sedikit sedikit. Aduk sampai licin. Aduk rata, saring jika perlu.
Buat dadar tipis di teflon yang dipanaskan dan dioles minyak atau pakai wajan kewalik.
Ambil selembar kulit. Beri isi secukupnya. Lipat kiri dan kanannya. Gulung.

26 comments :

  1. hayooo.. bikin pancake durian, mbak.. aku mau jadi pencicipnya.. wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Mira..wah kalau deket iya..boleh ..:)

      Delete
  2. Hwaah trnyata labu kuning jg bs buat dadar y mba... kalo org kreatif tu ada aja ide2 cemerlang y.. salut dech sama mba diah dan makasih byk ats resep2nya yg murah meriah tapi tetap nikmat tuk di santap... jazakallah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba Zulfa..jadi labu kuning ini sebenernya enak lho di buat jajanan apa aja..aku suka banget dech ngolah labu kuning ini mba..jadi macam2 jajanan..soalnya klu cuma di kolak atau di sayur malah kurag suka..hihi.

      Delete
  3. Aku mau kok mbak jadi tester pancake duren nya *kedipmata*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..boleh2..nanti klu dapat durian dari kebun mertua ya Mba..hihi..*tetep..ngg gratisan duriannya..:D *

      Delete
  4. mba,,,aku mau kok jadi "korban" pancake durian, xi xi xi xi xi........., kirim ke rumah Rin ya mba.......:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba Rin...nanti kalau buat ya..di kirim fotonya..hihi..kalau deket pasti dech di kirim beneran pancakenya klu buat..:)

      Delete
  5. mbak....itu gimana bisa putih untinya?meski pakai gula pasir tetep aja kalo mbuat jadi kecoklatan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..pakai wajan anti lengket dan api kecil mba..biar bisa putih. Kecoklatan biasanya karena gosong bagian bawahnya ya..:)

      Delete
  6. waaahh aku tuh mbak...pokokx smua yg berbau dadar gulung sama labu kuning sy paling suka....apalagi ini dijadiin satu....
    bisa d coba nih resepx klu libur...masi ada labu 1 buah d rumah....xixixiiii
    klu ada resepx berbahan dasar labu tolong d share ya mbak didi....:)
    thanks...:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sama Mba Nurma..aku juga suka labu yang di buat aneka kue..suka dadar gulung juga..hihi.
      Ya Mba..nanti sering2 kok berkreasi dgn labu..:)

      Delete
  7. Mba Di, klo bikin kue pasti cantik2 warnanya, bikin ngences he he he

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Ari..ini pewarnanya alami dari labu kuningnya lho...yukk bikin..:)

      Delete
  8. dadar gulungnya menggoda tenan itu :)
    mb diah aq mau tanya mb diah sering nulis resep wajan kuwalik buat bikin kulit lumpia or dadar gulung , maksudnya gimana ya ????
    makasih sebelumnya ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba Aini..oh ketinggalan postingan ku tentang wajan kewalik ya Mba..coba meluncur ke mari ya..ada fotonya..: http://www.diahdidi.com/2014/01/crepe-maker-wajan-kewalikdan-resep-kue.html

      Delete
  9. bisa jd brp biji mba satu adonan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 8 - 10 kali ya Mba..tergantung ukuran & tebal tipis ndadarnya juga sich..:)

      Delete
  10. Kenapa ya kulitnya koq lembek, susah sekali jadinya waktu dibalik banyak yg rusak...aku pakai santan cair instan 200ml+100ml air, karena disini ga ada kelapa parut. Gimana ya solusinya, biar banyak jadinya? Karena emang enak rasanya..pingin bikin lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diamkan dulu agak lama di wajan dadar Mba..sampai set dan atasnya juga matang..sebenernya nggak perlu di balik lho..:).

      Delete
    2. Makasih mba Diah, ntar dicoba..klo apinya apa harus pake api kecil ya?
      Ainur

      Delete
    3. Iya Mba..api kecil..biar nggak cepat kering..:)

      Delete
  11. mba.. mau tanya dong. gmn ya bikin kulitny biar ga ancur. aku bikin itu selain ga alus permukaannya, bentukny jg jd gampang lembek. rasanya sih enak, kelapanya berhasil. kulitny itu yg ancur dan gosong . hahaaahaaa... *tepokjidat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba pakai pan dadar atau wajan kewalik.. Kalau mau mudah tuch pakai wajn kewalik mba..tggl di celup adonan..anti bisa rata tipis dan mudah lepas dari pan nya. kalu pakai pan dadar biasa..coba agak di tebelin aja..biar nggak hancur dan mudah di lepas..:)

      Delete
  12. Kemarin br ja bikin dadar gl isi labu parang tp kurang maknyus...penampilan sih ok sebaiknya ditambahin apa ya mbak selain keju/klp parut...?? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Labu parang buat isian dadar gulung mba..?..aku malah belum pernah..jadi nggak tau kayak apa rasanya :)

      Delete