Tuesday, February 4, 2014

Ikan Pindang Sambal Tomat & Pete


Buat yang suka pete..mari merapat kemari..hihi..ada pete bertebaran di atas sambal tomat ikan pindang nich..! Enak..di nikmati hujan2 gini sama nasi hangat..walaupun kalau aku yang makan..petenya aku sisihin..hihi. Yang suka pete suamiku..jadi..walaupun nggak suka ya sering masak pakai pete. Dan..walaupun nggak doyan..kalau cuma di buat bumbu atau bau2 dikit di masakan nggak masalah sich buat aku...jadi buat sedep2 aja..tapi nggak aku makan petenya..hihi.

Wah..dari semalam hujan terus di sini teman2..kayak di curahkan dari langit dech semua stok air..deres banget..kolam di taman belakang rumah sampai penuh luber airnya. Paling enak..hujan2 gini memang makan yang pedas2 dan hangat. Jadilah tadi walupun hujan rintik2..tetep ke pasar..cariin ndas manyung lagi..request suami..dan pas liat ikan pindang bagus2..aku jadi kepengen sambel tomat ikan pindang dech. Jadilah menu murah meriah dan sederhana ini buat sarapan..tapi rasanya..sedap dech. Apalagi di tambah cabe rawit yang banyak..wah tambah mantap..buat yang suka peda tapi ya..hihi.

Ikan pindang ini termasuk ikan olahan yang murah meriah..tapi enak di olah jadi masakan apa aja ya teman2. Salah satu favoritku dari kecil ya di sambal tomat seperti ini. Dulu ibuku sering masak ikan pindang begini. Masakan sederhana yang udah *nglawuhi*..gitu kalau kata orang Jawa..nggak perlu lauk atau sayur lain..udah..cukup pakai sambel ikan pindang ini aja..udah bisa lahap anget makannya..^^. Tips memilih ikan pindang..pilih yang warnanya bersih..dan keset ya teman2..jangan pilih yang lembek..nanti hancur ketika di goreng atau di masak. Ikan pindang juga ada bermacam2 jenis..ada pindang tongkol...kembung, banyar..dll. Harganya yang murah meriah..serta rasanya enak..sudah empuk dan mudah di masak apa saja..membuat ikan pindang ini jadi favorit banyak orang ya..^^
Ikan Pindang Sambal Tomat & Petai

Bahan :
4 ekor ikan pindang / ikan keranjang, goreng hingga matang
1 papan petai, kupas

Bahan sambal :
10 buah cabai merah
10 buah cabai rawit merah
8 butir bawang merah
1 siung bawang putih
2 buah tomat merah
1/2 sendok makan terasi
1 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
Garam secukupnya & sedikit penyedap jika suka

Cara membuat :
Goreng hingga matang semua bahan sambal kecuali garam dan gula, haluskan , tambahkan garam dan gula sesuai selera, lalu tumis kembali sambal di minyak panas hingga matang dan harum. Masukkan petai dan ikan pindang, aduk rata dan masak sebentar hingga meresap. Koreksi rasa. Sajikan hangat dengan nasi putih ..dan kerupuk aja..udah enak banget..^^

8 comments :

  1. Wuuih...maknyuss itu mbak...enak lho pete nya hihi...aku coba yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diah...silahkan..:)
      Wah..kalau suka pete emang mantap ya Mba..di masak ya pedes2 gini..kayak suamiku..sukanya pete ya di masak mangut..atau di sambel gini..tapi dasar emang penggemar pete..sup ceker aja kmrn di makan pake pete juga..:D..

      Delete
  2. Wwwaaaawww pindang kesukaankuh ini mab... tooss ah kalai gitu saya juga kalau masak pete g pernah saya makan petenya mba... palig suami yg makanin. Tapi kalau masak ada aroma2 petenya gpp... ehtapi justru saya malah bisanya makan jengkol aneh ya. Moso pete kecil g bisa makan. Eh yh gede kaya jengki giti justru bisa. Dan kebalikannya suami saya g suka jengki... jadinya saya g pernah masak jengki dirumah. Paling kalau lago arisan dirumh teman. Baru bisa makan jengki xixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma doyan yang paling kecil Mba Tina..yaitu..petai Cina..alias mlanding..hihi..suka banget malah..tapi itupun kalau di buat bothok aja doyannya..:)..Jengki..suami juga suka..tapi jarang bgt masak..nggak tahan aromanya daku..hihi

      Delete
  3. Bagi mba Di pindangnya, soalnya saya jg gak makan pete. Ditempat saya susah cari pindang yg gede dan bagus, padahal pindang terutama pindang ikan banyar yg baru itu faforit saya dr kecil. Setuju, pindang mmg ok diolah apa aja mba :)

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAh..di sini murah sekali Mba Ari..ukuran kayak di foto itu cuma 2 - 3 ribu per keranjang. Bikin sdr Mba..ikan di taruh keranjang..terus di rebus..:)

      Delete
  4. wuaa..favoritku tu mbaak..ngabisin2 nasi itu mah judulnya..tapi di sini ikan pindang jarang..kadang ada yang jual, kadang enggak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Nisrina..aku juga suka bgt..:)
      COba bikin sdr Mba...ikan di garami.. di rebus..taruh dulu di keranjang.. tapi di kasih pemberat..:)..aku liat cara bikinnya di tv cuma gt lho Mba..:)

      Delete