Tuesday, February 25, 2014

Pukis Labu Kuning


Masih memanfaatkan labu kuning..jadilah pukis. Karena masih ada tukang kerja di rumah..jadi bisa buat coba2 resep dan ada yag ngabisin juga. Kue2 tradisional Indonesia..memang cocok banget di tambah aneka umbi2 an ya teman2. Citarasanya bertambah dan juga warnanya cantik alami. Jadi..aku bakalan sering memang bereksperimen dengan aneka kue2 tradisional di tambah umbi2 an ini. Kali ini aku nggak pakai cetakan pukis..tapi pakai cetakan snack maker double pan..jadi pukisnya bentuk bulat. Tapi aku kok lebih suka pakai cetakan pukis sebenernya..karena hasilnya pukisnya kan jadi kecil2..dan jika makan nggak terlalu kenyang..beda sama snack maker dari double pan yang hasilnya jadi gede2..^^..makan satu kenyang dech. 

Oke dech met coba ya teman2 jika suka ya..Pukis Labu Kuning
Bahan :
1 sendok teh ragi instan
1 sendok makan air
1/4 sendok teh gula  pasir , aduk rata dan biarkan 15 menit sampai berbusa.

Bahan Pukis:
3 butir telur
100 gram gula pasir
180 gram tepung terigu
150 gram labu kuning kukus, haluskan
100 ml santan kental
2 sendok makan margarin , lelehkan
1/4 sendok teh garam
Bahan taburan bebas..meises..kacang dll sesuai selera.

Cara membuat :
Kocok Telur dan gula sampai lembut. 
Masukkan tepung terigu sambil di ayak dan di aduk rata. tambahkan labu dan santan, aduk rata.
Masukkan biang sambil di aduk perlahan .
Diamkan adonan selama 30 menit.
Masukkan margarin leleh dan garam, aduk rata perlahan
Panaskan cetakan pukis..oles cetakan pertama kali memanggang pukisnya aja , di pemanggangan selanjutnya tidak  perlu. lalu tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan. Setelah setengah matang, taburi bahan taburan, lalu tutup hingga matang , masak pukis dengan api kecil ya supaya tidak cepat gosong. Sajikan.

16 comments :

  1. terima kasih resep2 labu kuningx mbak didi...saya sangat suka..hihihi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nurma..sama2..aku juga Mba..pasti banyak lagi nanti bereksperimen pake labu kuning..bikin kue2nya..:)

      Delete
  2. Cantik mba warnanya. Ditambah potongan nangka lebih wangi kali ya mba...

    Ari - Batam

    ReplyDelete
  3. sekali beli labu bisa dibuat berbagai makanan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..beli 1/4 aja bisa jadi berbagai kue..:)

      Delete
  4. Jd laper lihat gambarnya, salam kenal mba Di.. aku nadia, stiap hr mampir di blognya mba Di buat nglihat resep2 terbaru yg slalu bikin penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nadia..salam kenal juga Mba..mksh ya udah serig main ke sini..ayukk di coba resep2nya..:)

      Delete
  5. mba Di,,mau nanya...Biang itu apa ?makasih yahhh mba Di..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istilah di dunia baking Mba..kalau bikin adonan yang dari ragi..kadang kita bikin biang raginya dulu..:)

      Delete
  6. mb diah ini tepungnya pake yg hard apa medium? pernah coba tapi gagal, jadi pengen coba lagi pakai resepnya mb diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai protein sedang mba..contoh merk Segitiga biru..:)

      Delete
  7. Mbak Didi jd pengen jg bikin ini mba..kebetulan di rumah lg ada labu kuning jg..hehe oya mbak boleh request kah?pengen resep kue mangkok mba Di..aku klo bikin gagal terus..huks biasanya resepnya mba jadi trs..huehehe kapan2 klo pas bisa bikin share resep nya yah mbak..makasih
    Nadia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..selamat mencoba ya..:)..Kue mangkuk memang rada susah ya Mba..nanti dech kalau aku nemu cucing keramik tak buat..katanya lebih mduah mekar kalau pakai cucing dari keramik..bukan yang plastik..karena panasnya lebih stabil.

      Delete
  8. Mba Dii,,kalo aku pake cetakan apem bisa ga yaa??trus perlu dibalik juga ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bs mba asal cetakan tebel ya..klu aku nggak erlu di balik klu pukis..:)

      Delete