Wednesday, February 26, 2014

Cap Cay Pak Tukino



Beberapa hari ini..maaf ya teman2..belum bisa posting masakan harian seperti biasa..aku memang jarang masak yang ribet2..karena badan kurang fit lagi..keseringan begadang..biasa..kalau Yodha lagi flu..otomatis..aku dan suami begadang..karena dia tidur nggak bisa nyenyak..dikit2 bangun..kalau di tinggal suka nggak mau..pokoknya nempel kayak perangko dech kalau tidur malem dia...kalau dia lagi flu..sering terbangun..manggil kami atau minta minum..atau ini itu..wis pokoknya..walau cuma sakit flu..kalau buat Yodha udah heboh gitu..hihi. Akhirnya aku juga ikutan nge drop. Jadi belum bisa masak komplet sperti hari2 biasa..dan akhirnya lebih sering jajan dech. Walaupun kadang2 yang kurang sesuai selera ya kalau jajan itu teman2.

Kayak tadi malem..kami cuma beli capcay dan ayam goreng. Cap cay nya aku penasaran sama Pak Tukino..yang terkenal banget di Semarang bawah dan pernah aku baca reviewnya di internet..kalau beli sampai ngantri2 dan ambil tiket dari jam 12 siang..ha..seenak apa sich pikirku..hihi. Sampai aku dapat info juga dari teman..kalau cap cay Pak Tukino ini buka cabang di Banyumanik..deket rumah..jadilah penasaran pengen coba...dan ternyata warungnya yang di Banyumanik ini deket sama rumah..di depannya soto angkring mas Boed..persis..wo alah..nggak ngeh aku..kalau itu cap cay terkenal tho..hihi..lha soalnya warungnya kecil dan biasa banget..cuma warung tenda gitu dan baru buka beberapa bulan ini. Tapi kata suami..kalau malem lewat situ emang rame. Ya udah akhirnya..aku minta tolong suami buat beli tadi malem..dengan embel2 pesan..tanpa saus *angciu*..jika pake. 

Akhirnya penasaranku terjawab sudah..hemm..menurutku menang di porsi besar aja sich cap cay Pak Tukino ini..mungkin itu kali ya yang bikin rame. Kalau rasa sich..masih kategori biasa menurutku. Enak..tapi nggak istimewa banget..masih jauh lebih enak..cap cay mie Tio Nusantara yang ada di Jalan Sukun Banyumanik..itu baru enak banget cap caynya. Penampilan cap cay mie tio ini juga lebih menarik..dan lebih mewah gitu kesannya..kayak di resto..padahal warung aja lho. Sayurannya di masak sempurna, cuma sebentar gitu di api besar..jadi masih seger..tekturenya masih kres2 dan  menggugah selera gitu..juga dalam potongan besar2. Bakso dan kekiannya juga komplet..ada ati ampela dan ayamnya juga. Sama tipenya sich dengan cap cay Pak Tukino ini..cap cay Semarangan yang pakai kuah kental merah, karena pakai saus tomat merah menyala dan kental..tapi rasanya itu nggak neg, tapi enak dan seger gitu, kalau yang cap cay mie Tio Nusantara. tapi karena kayaknya pakai saus tertentu yang nggak boleh kami makan..jadi sekarang jarang juga beli ke sana lagi. Mungkin saus tomat merahnya itu yang khas..racikan sendiri..soalnya aku sering coba..bikin cap cay pakai saus tomat botolan yang bermerk..rasanya malah beda..hihi. Memang..masak cap cay ala Semarangan memang tergantung sausnya..kalau salah saus..rasanya malah jadi eneg dan aneh. 

Cap cay Pak Tukino ini memang porsi besar , harganya 35 ribu perporsi..cukup murah sich.untuk porsi sebanyak itu..jadi bisa di makan rame2 sampai 4 orang...makanya jadi terkenal dan ngantri2 gitu kali ya kalau di Semarang bawah. Kalau cap cay di mie Tio Nusantara..harganya 16 ribu...bisa di makan berdua. Target ku memang mau mencoba terus bikin resep cap cay ala Semarangan yang bisa seenak cap cay mie tio nusuntara...nanti aku share ya teman..jika udah uji coba lagi dan ketemu resep yang pas. Kalau tanpa saus merah sich..aku udah bisa bikin cap cay yang enak. Masalah bakso dan kekian..juga udah sering bikin sich..jadi menurutku lebih enak bikinan sendiri juga. Memang di Pak Tukino kekiannya lumayan enak..udangnya banyak..tapi rada amis menurutku..mungkin kualitas udangnya. Aku memang sensitif banget sich..karena sering banget masak udang..dan sering bikin kekian juga. Jadi..tau aroma dan rasa udang segar di masakan. Kalau udang yang di pakai seger..aromanya jadi manis dan gurih..misal di campur ke kekian gitu..bukan amis.

Ya..yang penting udah nggak penasaran lagi sama cap cay pak Tukino ini..dan intinya enak sich..tapi nggak istimewa banget menurut aku dan suamiku. Jadi..kalau misal di suruh antri dari jam 12 siang buat ambil tiket dulu untuk beli cap cay ini di Semarang bawah..jelas..emoh..hihi..alias nggak mau. Kalau yang di cabang Banyumanik sich nggak antri begitu untungnya..^^

29 comments :

  1. belum tau mbak kalo ada RM Tio Nusantara di Sukun mbak, di sebelah mana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mba..bukan RM..tapi warung biasa..di depan garasi bus yang ggak kepake tuch..dari Pizza hut belok kiri lurus dikit..:)

      Delete
    2. kalau dari bawah berarti kanan jalan ya mbak ? sama pertokoan ex harmoni sebelah mananya ?

      Delete
    3. Sebelumnya Mba..di tengah2 nya..iya..kanan jalan..:)

      Delete
    4. kapan-kapan layak dicoba, ada nomor hp penjualnya mbak ? supaya pas kesana nggak kecele.. :)
      btw, kalau di pak tukino itu banyak sayurannya daripada isinya... :(

      Delete
    5. mbak, cap cay yang di Tio Nusantara itu halal kan ya ???
      sekilas membaca koq ada yang 'dilarang dikonsumsi' oleh keluarga mbak Diah...

      Delete
    6. Aku nggak berani bilang Mba..takut kalau salah kan jadi fitnah..karena cuma denger orang bilang..:)

      Delete
  2. Jadi pengen capcay nya mie Tio Nusantara hohoo, yaudah mbak mas2 yang kerja di sana culik aja biar dapet resepnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo beli lagi Mba Mutiara..aku di intipin saus merahnya merk apa ya..hihi...

      Delete
  3. Mmmm jd ngiler aku,pagi2 gini di bekasi hujaaaan.cap cay makanan favoritku tp engga telaten bikinnya mrtku ribed..hehehee soalnya banyak yg musti diipotong2.mba diah blh aku minta no hp n pin bb..just in case pas lg masak butuh emerjency.:)..aku udh kirim email n add friend di fb tlg diconfirm ya mba...makasih sblmnya.aulia nuralita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..masak ribet Mba Aulia..hihi..kan tggl di potong2..terus di tumis semua.matang...cuma memang byk bahan aja ya..:)
      Iya nanti di cek dulu ya emailnya..kalau fb lagi susah nich internetku buka..jadi agak jarang online di fb..nanti bgt bisa..aku confirm dech..:)

      Delete
  4. Hehehe...udah ndak penasaran lg ya mbak sama capjay pak tukino..... Mbak kalo uji coba resep capjay yg pake saus merah jgn lupa dishare ya soalnya aku jg pengen banget bikin mbak pernah nyoba pake saos tomat botolan tp ya itu msh belum sreg hehe,,,,cepet sehat lg ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diah..hihi..ku penasaran bgt kmrn. Ya itu mba..bener..kalau saus biasa yang mahal memang malah kurang sreg ya.mungkin hrs pakai saus yang murahan..hihi

      Delete
  5. aduuh ngiler aku mba,. coba donk di re-production resep nya, kan mba Didi jago masak loooo.... beneran bikin lapar loh ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom..belum nemu saus merahnya yang pas nich..karena saus sangat pengaruh kalau bikin cap cay ala Semarangan gini...:)

      Delete
  6. Porsi jumbo yg cocok untuk bertiga atau berempat ya, Mba.

    Soal Cap Cay, Saya paling suka dg Cap Cay Sekar Pjang. Ada bumbu rempah2nya yg terasa banget.

    Satu porsi ckup buat berdua, hrga 13.000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di mana tuch Mba Idah cap cay Sekar Pjang..?

      Delete
  7. Udah pernah nyoba capcay bu tarno mbak?daerah pasar mrican maju dikit pertigaan belok kiri pojokan jl.lamper situ..(kl blm pindah)

    ReplyDelete
  8. Cap cay RM Gading juga enak lho, kalo menurutku lebih enak daripada Pak Tukino. Harganya sama kayak yang di Pak Tukino. Kalo yang gading itu lokasinya di Jalan Sisingamangaraja Mba. Kalo dari atas pertigaan akpol belok kanan, terus lurus aja terus sekitar 2 km, tempatnya kiri jalan warung tenda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Nimas...ntar aku cobanya..mksh byk infonya ya..:)

      Delete
  9. Sebenarnya yg pling enak capcay mas bambang merakmati-bawen,,,syang pas mudik sdah tutup

    ReplyDelete
  10. Saya juga pernah coba cap cay pak tukino mbak, tapi anehnya kalo beli di cabang yg berbeda memang rasanya jd berubah seperti tidak mantap dan kadang amis.
    Coba mbak lain kali beli di yg warung aslinya yg skrg di jalan sriwijaya. Kalau saya beli disitu rasanya memang lebih enak dan tidak amis tapi memang kelemahannya sayurnya kadang overcooked. Sekedar sharing saja mbak, karena menurut saya itu yg jd penyebab sepinya cabang lain hehe.

    ReplyDelete
  11. Diah Bunda CheRaJune 18, 2016 at 9:55 AM

    hmm...pak tukino dlu favo bgt mb..mpe rela antri..tp skrg ga antri bgt jg yg di bawah...klo mie tio nusantara aku justru kurang suka saus merahnya...terlalu merah nurutku mb,,jd takut..jd klo beli mlah minta saus nya dikit aja atau malah ga pake sama sekali..

    jadi aman n ngiritnya masak ndiri aja ya mb,,,nih udah pesen smua yg dibutuhin,,,tengok resepnya mb didi sukses deh moga2 hihi,,,tp rencana aku buat yg berkuah mb,,pake saus tiram n tomat segar aj...boleh kan mb...

    ReplyDelete