Thursday, February 13, 2014

Pia Isi Kelapa


Iseng..kemaren berekperimen dengan resep pia. Biasa..aku memang suka sama yang namanya pia..baik itu bakpia ala pathuk..pia renyah..pia jadul..sampai nopia ala Banyumas yang kulitnya keras isi gula merah itupun aku suka..penasaran malah..gimana cara bikinnya..udah ngubek2 resep nggak pernah nemu..baik itu di internet..atau di toko buku..dll..hihi..ada yang asli Banyumas kah ?..dan tau resep nopia atau telur gajah itu?..sungguh aku penasaran resepnya..hihi. Baiklah..karena belum bisa bikin nopia..ya..bikin pia yang udah biasa aku bikin aja..tapi ini juga aku pakai kulit dan isian coba2..yaitu kelapa..dan ternyata enak lho teman..jadi dech pia isi kelapa.

Isinya iseng sich..aku pakai kelapa..kayak unti kelapa manis gitu..tapi di buat lebih kering lagi dan di tambah sedikit tepung terigu. Hasilnya isian jadi lebih kesat dan legit. Cocok di jadiin isian pia. Oh ya..untuk kulitnya masih sama dengan resep kulit pia renyah yang dulu aku share. Bikin kulit pia..memang gampang2 susah..jadi harus sabar ya..kalau mau coba teman2...aku mau bikin video cara bikin kulit pia dan bakpia..dari dulu kok ya belum kesampaian..nggak sempat terus. Soalnya banyak juga yang bingung ya..cara melipat pia atau bakpia..biar bisa cantik hasilnya. Moga2 nanti bisa kesampaian ya..bikin step by stepnya caranya teman2.
Pia isi Kelapa

Bahan isi :
250 gram kelapa parut kasar 
100 gram gul apasir
2 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan margarin
50 ml air

Cara membuat isi :
Campur semua bahan, aduk rata dan masak hingga kesat dan kering.

Bahan Kulit 1:
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Minyak goreng 125 ml
Air 75 ml
Gula halus 50 gram
Garam 1/2 sendok teh

Bahan kulit 2 :
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Minyak goreng 50 ml

Cara membuat kulit :
Adonan 1, campur semua bahan kulit 1 hingga rata, uleni hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya kalis dan lembab )
Adonan 2, campur semua bahan hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya agak mawur, tapi lembab juga )
Bagi adonan 1 & 2 jadi 20 bagian.
Pipihkan adonan 1, beri adonan 2 di atasnya, bentuk amplop, lalu gilas , bentuk amplop lagi dan gilas lagi, lakukan hingga 3 kali ..^^..keliatannya ribet ya..tapi kalau sudah di lakukan..tidak kok..^^
Pipihkan adonan kulit pia, isi dengan bahan isi, lalu bentuk bulat pipih.
Oven 15 - 20 menit di suhu 180 C, sampai matang, bolak balik jika perlu.

13 comments :

  1. Salam kenal mbak diah ,
    saya seneng ketemu blognya mbak diah,memberi bnyk insfirasi buat saya.
    Apalagi nemu resep bakpia phatuk , wow amazing bgt buat saya hehhehe,secara saya penggemar bakpia pathuk. terimakasih banyak yah sudah mo berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Vivian..salam kenal juga ya Mba..alhamdulillah..kalau resep2 yang aku share , sedikit bermanfaat ya..udah coba bakpia pathuknya MBa?

      Delete
    2. Iya udah saya uji coba didapur saya mbak diah,oh ternyata eunaak tenan ,persis kayak bakpia pathuk yg dijogya top markotop mbak hehehehe.....

      Delete
  2. ♏ϐάκ Diah ªϑª resep nopia Banyumaskah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lagi cari2 resepnya Mba Ika..nanti aku share ya..klu udah ketemu..:)

      Delete
  3. Huaaaaa... Mba, resep2nya mba bikin ngiler... Ijin nyobain ya mba... Mksh & salam kenal...:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..silahkan di coba ya..semoga sesuai selera..:)

      Delete
  4. Mba diah... yg dimaksud bentuk adonan amplop lalu gilas itu yg gimana ya ?? bingung dirikyu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lipat kayak amplop itu lho Mba..di lipat 4 masuk ke dalam..coba liat amplop..coba diliat ada 4 lipatan kan.:)

      Delete
  5. mbak diah... kmrn aku coba resep lapis jongkongnya,hasil'y enakkk ruarrr biasa(buat sy yg pemula :D),meskipun ga pake abu,aku ganti pasta coklat.oiya mbak.. gmn cara buat isian kacang hijau utk bakpia?aku prnh dikrm oleh2 jogja bakpia merk "ayu",isinya kacang hijau nya enaakkk bgt,putih ga kliatan dekil gitu,heee...

    ReplyDelete
  6. mb q coba resep pia yng versi renyah tp pas q lipat sampai 3x hasil kulitnya jadi kaku terus susah kalo dipluntir waktu ngisi.kemudian waktu matengnya hasilnya jadi keras kaya batu alot...banget.kenapa ya mba? kira kira kurang apanya/ salah tekniknya

    ReplyDelete
  7. Mba diah, pia isi kelapa ini bisa tahan brapa lama ya mba?tq

    ReplyDelete