Friday, February 7, 2014

Sambel Goreng Kentang & Krecek Ala Semarang


Sambal goreng.....adalah salah satu menu harian yang sering banget ada di menja makan..buat orang Yogya..atau Jawa tengah..tak terkecuali Semarang..tempat aku tinggal sekarang. Dari mengamati..dan sering menikmati sambel goreng versi Semarang..terutama di rumah mertua..yang hampir tiap ada acara pasti masak sambel goreng...atau ketika dapat nasi kardusan dari tetangga kiri kanan..atau kerabat..pasti dech ada menu sambel gorengnya juga. Nah..tapi..versi sambel gorengnya ternyata beda dengan versi sambel goreng ala Yogya. Sama2 pakai krecek..tapi jenis krecek / rambak sapi yang di pakai juga beda..dan hasil akhir serta citarasanya..juga berbeda lho. 

Kalau krecek Yogya tuch manteb..bentuk kotak lonjong gede2 dan kalau di masak bisa lembut dan bumbu2 meresap ke kreceknya..warnanya kuning keemasan. Kalau krecek Semarang kebanyakan dalam bentuk lembaran...tipis2 dan rasanya sangat berbeda dengan krecek Yogya. Kalau krecek Yogya..kalau di masak bisa menyerap bumbu2 dan berwarna merah cantik..seperti foto di bawah ini. Harganya juga lebih mahal..yang kualitas bagus..1 kg bisa 80 - 100 ribu kreceknya, di dekat rumahku di Yogya..ada soalnya sentra pengrajin krecek sapi gini..dan kalau aku pulang mesti pesen banyak krecek yang bagus buat aku bawa ke Semarang...kapan2 kalau pulang pengen meliputnya ahh..^^

Jadi..jangan heran ya teman2..kalau makan gudeg di Yogya mahal..karena ya bahan2nya memang pilihan dan mahal juga sambel gorengnya. Makanya..ndak usah beli gudeg teman2..kalau mahal..bikin sendiri aja ya..hihi..resep kompletnya udah pernah ku posting kok di sini. Krecek Yogya..kalau di masak kayak gini nich..jadi menyerap bumbu2.dan lembut sekali rasanya..^^


Kalau ini krecek Semarang....bentuknya kayak gini..harganya jauh lebih murah daripada krecek Yogya...segini cuma 4 ribu..^^


Oke..lanjut bahas sambel goreng ala Semarang ya teman2..sambel goreng ala Semarang..lebih banyak kuahnya..warnanya kekuningan..nggak terlalu merah kayak sambel goreng Yogya. Kalau sambel goreng Yogya biasanya sedikit kuah..dan bumbunya merah menyala..dan lebih kering atau sedikit kuahnya...kadang2 kalau untuk temen gudeg..malah kering sambel gorengnya..nggak berkuah. Karena banyak kuah..maka sambel goreng ala Semarang paling cocok di sajikan dengan ketupat atau lontong. Makanya sambel goreng ini..juga selalu ada di acara2 hajatan..Lebaran..dll. Isinya selain krecek..ada juga kentang goreng yang di potong kotak kecil2.Kadang2 di tambah udang dan kapri...pete juga jika suka. Tapi..kalau untuk gudeg Semarangan..beda lagi versi sambel gorengnya..biasanya..selain pakai krecek..sambel gorengnya pakai tahu goreng.


Oke..yang mau coba sambel goreng ala Semarangan..ini dia ya aku kasih resepnya..aku belajar dari ibu mertua nich kalau resep sambel goreng Semarangan ini. Tips dari ibu mertua..cabenya bisa di rebus dulu..kalau mau lebih mudah menguleknya. Tapi..aku di kasih tau budhe sayur juga gitu..di tempat katering dia kerja..kalau bikin sambel goreng Semarangan gini..katanya di rebus dulu..cabenya sebentar supaya lebih merah hasil kuahnya. Tapi menurutku malah jadi kekuningan sich sambel gorengnya..kalau cabe di rebus dulu..tapi memang lebih mudah sich nguleknya..hihi. Tapi nggak tau kenapa..memang kalau bikin sambel goreng ala Yogya..aku bisa merah menyala warnanya (coba liat foto kedua di atas..merah kan..itu sambel goreng versi Yogya teman2..^^ )..tapi kalau bikin yang versi Semarang ini..selalu warnanya kekuningan..mungkin..ya karena itu tadi..cabenya di rebus dulu..just my opinion sich..hihi.
Sambel Goreng Kentang Krecek ala  Semarang

Bahan :
250 gram kentang, potong dadu kecil, goreng sampai matang.
100 gram krecek / rambak dari sapi yang khusus buat masakan, 100 gram udang segar, buang kepalanya, dan 1 papan pete, belah dua masing2.
4 siung bawang putih, diiris tipis
8 butir bawang merah, diiris tipis
2 cm lengkuas, dimemarkan, 2 lembar daun salam
1 sendok teh garam dan bumbu kaldu secukupnya jika suka
20 gram gula merah
1000 ml santan encer / sedang dari 1/2 butir kelapa
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus, rebus dulu cabainya di air mendidih sebentar :
10  buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting  ( cabai bisa sesuai selera )

Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus sampai harum dan bumbu benar benar matang.
Masukkan santan, garam, dan gula merah. Biarkan sampai agak mendidih, lalu masukan kentang goreng, udang dan krecek. Masak sampai matang. Terakhir masukkan pete. Masak sampai bumbu meresap dan kuah sedikit menyusut.


29 comments :

  1. Persis mbak sama buatan ibu mertua ku.. kebetulan beliau juga asli semarang... ternyata memang bgtu ya khasnya sambel goreng semarang..hehe.. kalo ibu sebagian bawang merah putihnya ada yg diiris sebagian lagi di halusin.. persis sama juga cabenya di rebus dulu... duhhh lap iler dulu nih mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Laika..bener...aku sering bikin sambel goreng...versi Semrang atau Yogya..pasti berbeda hasil..hihi..karena berbeda tehnik dan bahan..:)
      Iya Mba..ada juga yang sebagian bawang merah dan putih di ulek..bener juga itu..:)..khasnya cabenya memang di rebus dulu kali ya Mba..:)

      Delete
  2. Kok pas ya Mak, mungkin kita sudah sehati. Kemarin bingung pengin bikin sambel goreng ala Semarang gegara dapat kardus hajatan orang. Eh ga taunya ada resep ini . Tengkyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Chrsitanty...sama2..met coba ya...:)
      Iya Mak..kalau nasi kardusan di sini..pasti ada sambel gorengnya..:)

      Delete
  3. mbak aku lupna yang kemarin chatting sm mbak di fb, jangan kaget ya mbak kalo aku suka tanya ini tanya itu...maksudnya ceriwis gitu mbak :D ...sy suka dengan blognya mbak diah...hebat ya bisa update tiap hari...bagi tips dunk mbak...aku punya blog kok ga update :D...dan hampir tiap sy nyari resep mbak diah sudah pernah menulisnya...salut buat mbak diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lupna..iya Mba..dengan senang hati..klu mau cerita2 atau nanya2 di komen sini ya......soalnya aku lebih sering di blog drpd di fb memang..hihi..jadi kalau nanya2..lebih cepat jawab kalau di blog..:)
      Tips biar rajin update..klu aku tap hari masak buat keluarga sich Mba..jadi apa yang aku masak..ya aku posting aja..siapa tahu bermanfaat buat teman lain..:)
      Mba blognya tentang apa?..masakan juga?..Ada linknya biar aku juga bisa mampir..?

      Delete
    2. blogku rumahnawa.wordpress.com tapi jangan kaget mbak...masih baru dan ga update udah gitu tulisannya cuma beberapa gelintir ...hahaha...maunya sih isinya tentang keluarga mulai curhat sampai masak...tapi belum sukses updatenya :D...sebenarnya aku suka nyoba2 mbak dan sudah tak foto meski hasilnya masih berantakan :D...tapi ya itu fotonya aja yg terkumpul tp ndak nyampe ke blog...:D

      Delete
    3. Hihi..iya Mba..nggak pa2..kumpulin semangat dulu..buat nulis. Memang lebih baik..jangan di tunda2..kayak aku..kalau habis masak..ya langsung di posting aja..klu di tunda2..keburu numpuk foto2nya..kesusul masakan lain yang dibuat..hihi.

      Delete
    4. makasih ya mbak diah sudah berkunjung ke blogku ^_^

      Delete
  4. Sehati juga mba...hari ini saya masak krecek juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah iya Mba Ega....siiiippp dech klu gt..:)

      Delete
  5. Seneng ya krecek Jogja atau Jateng ♏ϐάκ empuk,kenyil2,resep2 ♏ϐάκ aku catet tapi tetep klo ♏ªu praktek lht blog mba dulu biar kebayang Ÿªήğ ♏ªu dibuat,✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ ya mba selalu update n jawab pertanyaan2ku,maaf klo tanya terus ya,maklum lg S̤̥̈̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥㎜ªªªηGªªtt !!! (งˆ▽ˆ)ง buat homemade

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka yang versi Yogya Mba Ika..lebih lembut dan lebih enak sich menurutku..hihi.
      Iya Mba..met coba ya..resep2 lain..:)

      Delete
  6. Hai mba diah.. Salam kenal ya.. Aku nemu blognya mba pas nyari resep steak ayam eh lha ko trs berlanjut ke resep masakan yg lain, habis...udah beberapa resepnya mba yg sukses kubuat, jd sering dpt pujian dr suami, hehe.. Makasih banyak ya mba.. Aku yo wong jowo, dulu pernah tinggal jg di semarang waktu kuliah jd ya seleranya hampir sama lah..
    -evie-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Evie...Salam kenal juga ya....sipp Mba..syukurlah jika sesuai selera dan di sukai keluarga ya resep2 di sini..met coba resep2 lainnya ya Mba..dan jgn sungkan tinggalkan pesan jika ada yang kurang jelas ya..:)

      Delete
  7. Halo mb diah..salam kenal ya..aku sering mampir blog mb didi dan mempraktekkan resep2nya..tp baru kali ini menyapa mb diah hihi...sama2 org jogja yg merantau jd kangen masakan jawa..alhamdulillah nemu blog mb diah,kangen masakan jawanya terobati..makasih ya mba diah..sukses selalu blognya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..salam kenal juga...iya Mba..sama2 ya..mksh juga udah sering mampir dan tinggalkan pesan..jg sungkan ya..jika ada resep yang kurang jelas..tinggalkan pesan di sini. Met coba resep2 lain ya..:)

      Delete
  8. Mba Diah,,, krecek yang enak itu ciri2nya gimana sih mba,,, Saya pernah makan di warung yang jual gudeg khas jogja kreceknya pas dimakan g berasa kulit,,,, eeeh tempo hari saya pernah bikin... Ya amppun berasa banget kulitnya (maklum mba,,, saya bukan penyuka daging2an atau yang berhubungan dengan sapi ) kecuali bakso atau beef,,,, xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Mba Tina..kalau krecek Yogya itu lebih mahal dan lebih enak..nggak berasa amis dan bau kulit sapi..hihi..cirinya dia bentuknya lebih gendut2 dan kayak kerupuk rambak gt lho mba..karena pengolahannya bagus..kalau yang murah memamng neg..kayak yang asli Semarang itu kayak foto di atas itu agak bau kulit..dan neg..:D

      Delete
  9. Ohhhh yang gendut2 gitu ya mba, kulitnya.. Siiiip deh, bisa jadi karena krecek yang saya dapat kurang bagus kali ya mba,,, makanya berasa banget bau kulitnya trus saya emang eneg gitu mba jadinya,,, Siiip deh mba, kapan2 kalau ada yang jual yang gendut2 kreceknya aku pasti beli deh, dan cobain resep ini.. makasih ya mba Diah,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..bilang aja..beli krecek yang mahal yang dari Solo atau Yogya..pasti lebih enak..warnanya bukan putih kayak kerupuk rambak yang di makan langsung ya Mba..tapi kuning keemasan..dan dalamnya berongga rongga gt kalau di patahkan..^^

      Delete
  10. mba Diah, kalau resep sambel goreng khas yogya sudah pernah diposting ya? mau..hehe. yg jual krecek enak di yogya itu daerah mana mba? kebetulan nih tinggal di yogya, maguwo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah Mba Ayie..di klik aja di link resep gudeg di atas ya..yang udah ku sebut..:)
      Di pasar2 tradisional byk Mba..krecek pastinya..kalau mau di pabriknya di Yogya selatan....:)

      Delete
  11. Mbak, ajib ajib resepnya. Mau tanya, kalau sentra krecek di jogja yang dekat rumah mbak dimana ya? siapa tahu ada alamtnya. Makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar tradisional kan banyak Mba..kalau sentranya di daerah Yogya selatan atau Bantul sich..tapi lupa aku nama daerahnya..:)

      Delete
  12. Woalah...ternyata krecek yg murah itu yg krecek semarang to mbak. Pantesan kapan itu aku sempet beli dan agak kaget kok harganya murah, krn cuma krecek jenis itu yg ada & kata penjualnya enak yo wis tak beli. Pas aku masak bikin sambel tumpang lha kok rasanya malah eneg... Makasih infonya mbak, besok lagi harus cari yg krecek Yogya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lembaran2 gini agak neg mba memang..tapi ada ylagi yang semarangan yang lumayan enak..bentuknya panjang2..:)

      Delete
  13. Mbaa dishare juga resep sambel goreng krecek Jogja nya yaaa. Pengen coba bikin, kebetulan saya suka gudeg beserta pelangkapnya.

    Matur suwun mb Diah :)

    ReplyDelete