Google Ad

Wednesday, February 12, 2014

Makaroni Skotel Sosis dan Sayuran


Seorang teman email aku kemaren..minta resep sepsial buat valentine..hemmm...apa ya resep spesial buat valentine..hihi..jadi mikir. Soalnya..menurutku..semua resep itu spesial sich buat keluarga..asalkan di masak dengan cinta..hihi..*pagi2 dah lebay..*. Beneran sich..buatku semua masakan itu spesial..asal keluarga suka. Jadi kalau untuk acara2 khusus..kadang aku nggak harus masak yang aneh2 atau yang mahal2..cukup...masak masakan yang di sukai keluarga. Misal..acara ulang tahun suami..anak..dan lain2..aku masaknya ya yang mereka sukai aja..soalnya pasti kemakan kan..dan jadi semangat mereka makannya.

Jadi..gitu aja sich menurutku prinsipnya teman2..kalau mau masakin spesial buat keluarga di hari2 khusus..ya masak aja yang mereka sukai..terus di tambah satu dua menu yang beda dan mereka belum pernah makan..nah..saipa tau menu baru itu juga akan jadi menu favorit kan. Kalau resep2 favorit keluargaku..udah sering aku posting ya teman2..ada sup iga..kepiting lada hitam..udang asam manis..tongseng..aneka olahan ayam..dll..silahkan kalau memerlukan resepnya..di search aja pakai fasilitas search kolom..yang ada tulisan *Go*..di pojok kanan paling atas..tinggal di ketik kata kunci menu nya..terus di klik dech tulisan Go nya..nanti akan muncul resep2nya..tinggal di klik judulnya ya..^^

Nah..atau mungkin menu ini bisa jadi inspirasi teman2 ya..yang mau merayakan hari valentine dengan pasangan atau keluarga. Menu ini adalah menu favorit suamiku..makaroni skotel. Udah dech kalau di masakin ini..semangat makannya dan habis banyak. Walaupun kalau buat aku sendiri..kok lebih suka makaroni goreng atau kroket makaroni..risol makaroni..hihi..dll lah yang selera lokal. Tapi karena suami suka..ya tetep..sering masak makaroni skotel ini. Kalau sering masakan makanan favorit anak dan suami..terus..masak makanan favorit sendiri jarang ?. Oh ya..tidak dong !..Hampir tiap hari kok..aku masak masakan favoritku sendiri..hihi. Apa itu ?..Sambel......hihi..yapp..makanan favoritku mudah dan gampang aja kok teman2..asal nyambel..dah lauk apa aja oke..^^

Oke...selamat mencoba ya jika ada yang suka makaroni skotel juga..atau menu apa favorit keluarga teman2 jika ada acara khusus ?..Siapa tahu kapan2 aku bisa coba juga buat referensi dan bisa jadi menu favorit lain..buat suami dan anak..yukk share di sini..^^
Makaroni Skotel Sosis dan Sayuran

Bahan:
2 sendok makan margarin
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sendok makan  tepung terigu
300 ml susu cair
100 gram makaroni pipa, rebus matang
3 buah sosis kualitas bagus, iris kotak kecil
50 gram mix vegetables sesuai selera, bisa kacang polong, wortel yang di potong dadu kecil..atau jagung manis pipil.
50 gram keju cheddar parut
1  sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir
2 butir telur, kocok lepas

Bahan Taburan:
100 gram keju cheddar, parut panjang

Cara membuat:
Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir2.
Masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan makaroni, sosis dan sayuran.. Aduk rata.
Masukkan keju cheddar parut, garam / bumbu kaldu, gula, merica bubuk, 
Koreksi rasa. Angkat. Tambahkan telur kocok. Aduk rata.
Tuang di pinggan tahan panas . Taburi keju.
Oven 20 menit dengan api bawah suhu 170 derajat Celcius sampai 3/4 matang dengan di beri air mendidih di loyangnya ( au brain marie ).
Jika mau keju lebih kering, jika sudah matang dan set..pindahkan loyang di rak paling atas, lalu oven dengan api atas agar kejunya mengering.


36 comments :

  1. mix vegetables kali ya mbak...bukan mix fruits..hhihiihi...(fany)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fany..bener..salah tulis..hihi..biasa..nulis resep sambil gantuk kadang..hihi

      Delete
  2. makanan favorit kita kok sama ? sambel, hihi....tapi setelah lambungku sering protes banyak liburnya deh bikin sambel. Belum tentu sebulan sekali nyambel. Sekarang pun kalo kepingin nyambel beli cabe merah besar yang pedasnya agak mild. Kemarin baru aja beli dan mahalnyaaaaa, 1/4 kg 11ribu mb Diah. Kalo musim hujan begini deh, sayur mayur dan bumbu jadi mahal. Eh sori OOT nih, hihi...kepancing sama kata sambel di atas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Iya Mba Rina..wah..mahal semua..belanja 50 ribu kalau di tukang sayur..nggak berasa ya sehari..:)..krn cuaca kmrn..eh pohon cabeku di belakag juga pada ko...antara hidup dan mati..hihi..krn keseringan hujan.
      Tapi..tetep..sambel harus ada Mba..tiap hari..klu aku..hihi.

      Delete
  3. Aaiiih pengen coba bikin juga aaahhh .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Tina..ayukk di coba..klu suamiku dan Yodha sich suka bgt..kalau aku ..pilih makaroni goreng aja..hihi..biasa..lebih suka gorengan..:)

      Delete
  4. Ini makanan favorit anak2ku mbak...tp krn gak pada suka sayur paling aku pake sosis + jagung manis aja kalo ada wortel sama kacang polong atau sayur yg ijo2 itu suka disingkirkan jadi sayang kan....akhirnya yg ngabisin aku jg hehe.....mbak boleh request resep capjay goreng nya mbak yg seperti warung pak Tukino daerah sriwijaya mbak.....salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku jadi penasaran sama cap cay Pak Tukino ini..kmrn ada temen yang email..katanya juga enak..benarkah Mba Diah..?..kpn2 tak cobanya dulu ya Mba..biar tahu rasanya..hihi

      Delete
    2. Karena penasaran..aku cari di internet tentang cap cay Pak Tukino initially Mba Diah..katanya klu beli harus antri ambil nomer dari jam 12 siang ya..phl bukannya masih sore..hah..seenak apa sich?..Enakan mana Mba sama Cap cay nya Mie Tio Nusantara di jalan Sukun Banyumanik ? Itu juga enak banget sich mba menurutku..cap cay dan mie nya..sayangnya..pakai agciu..hihi..dan aku baca reviewnya yang Pak Tukino ini juga pake ya Mba..hemm jadi bingung mau coba..soalnya byk yang bilang angciu itu ndak halal ya Mba ?

      Delete
    3. Aku sdh gak pernah beli lagi mbak...ya itu krn pernah denger pake angciu (namanya angciu ya? hehe tadinya gak tau apa itu). Tp emang enak sih selain ituu porsinya jg banyaak beli 1 porsi bisa buat satu rmh kira2 bisa buat berlima kalo di rmhku dan betul kalo beli hrs pake nomor antrian kayak antri dokter aja ya mbak apalagi kalo bulan puasa,,,wah tambah panjang antriannya mbak. Karena lama gak beli jadi kadang2 pengen cuma belum nemu yg seenak itu mbak....kalo gak salah mbah DD udah pernah share pengganti angciu kan mbak mungkin bisa sama mbak rasanya kalo mbak DD coba masak capjay nya itu hehe...(ngarep.com)

      Delete
    4. Wah..ampyun dah..klu antrinya segitu Mba Diah..hihi..di Mie Tio itu juga ngantri.tapi nggak segitu juga sich..aku udah sering masak cap cay sich Mba..tapi ya itu..tanpa angciu dan saus merah khusus punya mereka..rasanya..walau enak..tapi beda memang..saus merah menyala nya itu mrk pakai saus apa ya Mba merknya..hihi..tau ndak?..jadi penasaran aku..soalnya kalau pakai saus merk bagus..malah jadi aneh hasilnya.

      Delete
  5. mak saya kan gak punya oven, saya pengen resep makaroni schotel yang di kukus dong... *eh.. nawar lagi* hehehe... boleh ya.... :) *sungkem* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...boleh dong Mak Santi..lha..mudah kok..abis semua bahan tercampur rata..tinggal di kukus dech..beres..kan Au brain marie itu kayak di kukus juga Mak..tapi di oven..jadi hasilnya lembut..kayak di kukus..tapi kejunya bisa kriuk...:).Met coba ya..:)

      Delete
  6. gurih, rasa kejunya berasa banget ya mbak ,enakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..favorit suami dan Yodha ini..:)

      Delete
  7. masya Allah mak Didi...aku kaguuuummm mak Didi jago amat masaknya..
    aku yg kaya begini aja angkat tangan deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..makasih Mak..ini mudah saja lho cara buatnya..yukk di coba Mak..:)

      Delete
  8. Terinspirasi bangeeeettt.. Mo nyoba hari ini juga. Sekarang lagi potong2 sayurnya.
    Xixixii.. Suamiku pasti suka! <3
    Makasih yaa mba' Diah! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Delfi..udah mateng pasti ya ..?.:D

      Delete
    2. langsung tak coba dinner kmrn mba'.. Iyaa, suamiku suka!
      aku bikinnya agak banyakan, sayurnya dtambahin.. Trus dkasi kentang jg 1, dpotong kotak2 kecil.. Tapi bumbunya dsesuaikan lg jumlahnya.. Enaaakk bgt mba'! Jadinya 2 aluminium foil yg ukuran loaf gt mba'. Filling bgt.. 1loyang aq share sm suami, yg 1lg aq send k ibu mertua :) Pokoknya thank you deh yaaa.. ^_^

      Delete
    3. SIpppp Mba..wah..pasti seneng ya ibu mertua nya di masakin skotel makaroni..:)

      Delete
  9. yummy banget itu makaroninya mb diah ............
    oya mbak kalo mau beli pinggan taunya itu tahan panas ato nda gimana mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih yang di bagian bawahnya ada tulisan Microwave save Mba Aini..:)

      Delete
  10. wahh, jadi pengen bikinn,, makaroni skotel itu harus di panggang ya mbaa?? kalo di kukus bisa ngga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..abis semua adonan tercampur..di kukus aja langsung..:)

      Delete
  11. Hai mbak pa kbr ? smg slalu sehat ya biar bs trs sharing info2 yg teope buat ibu2,hehe. mau tny, klo dipanggang pake oven tangkring bs mbak ? prh cb pk otang, atasnya yg bagian keju ga bs kuning gt, dilamain mlh kering n ga cantik. klo bl oven listrik, duh watt nya gede bgt bs2 njepret listrik drmh,hik...suwun mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..tapi ya di tengak tengok ya supaya nggak gosong..sayangnya daku ndak punya otang..jadi belum bisa kasih tips2nya..:)

      Delete
  12. Hai mba..mau tanya..Mba..makaroniny kalau di simpen di suhu ruangan dn di dlm kulkas tahan brp lama y?

    ReplyDelete
  13. I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information.

    ReplyDelete
  14. I must thank you for the efforts you’ve put in this blog. Awesome!

    ReplyDelete
  15. Well this article that i’ve been waited for so long.

    ReplyDelete
  16. Nice to be visiting your blog again. it has been months for me.

    ReplyDelete
  17. Your article is very wonderful and I have learned a lot from it.

    ReplyDelete
  18. Thank you for time properly spent looking over this article.

    ReplyDelete
  19. I have been looking for articles on these topics for a long time.

    ReplyDelete
  20. Continue sharing such an excellent post. Glad that I found this, Thankyou.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel