Sunday, February 16, 2014

Soto Angkring Mas Bud..Soto Versi Asli Semarangan Yang Paling Enak Di Semarang Atas..^^



Soto lagi..review dan icip2 kulinernya ya teman2..moga2 nggak bosan..hihi..soalnya..aku memang suka banget soto..Yodha juga..jadi hampir tiap minggu pasti nyoto. Dan kebetulan di daerah Banyumanik Semarang tempat aku tinggal banyak soto2 enak. Salah satunya...ya soto favoritku ini..Soto angkring mas Bud..di deket rumah sich..Jl. Jatiraya Banyumanik Semarang. Cuma baru sempat review sekarang..karena..kalau makan di sana pagi pas weekend..boro2 sempat motret..antrinya aja panjang..dan begitu duduk..udah di antri orang lain, jadi nggak enak banget kan..mau motret2..dan kadang2 kalau sarapan pagi ke sana..ya sekedar naik motor bertiga sekalian jalan2 pagi..jadinya males juga nenteng2 kamera pagi2..hihi. Nah..kebetulan kemaren...pas mau jalan2 ke bawah..kita sarapan agak siangan di soto mas Bud ini..jadi..walaupun masih rame..tapi udah nggak berjubel dan antri2...dan kebetulan kalau mau pergi jalan2 ke bawah kan mesti bawa mobil...jadi selalu bawa kamera besar juga..jadi bisa motret dan mereview sekalian. akhirnya..bisa nulis soto favoritku ini di sini.

Soto mas Bud ini adalah jenis soto versi Semarangan..rasanya mirip2 soto Kudus..tapi tetep beda sich citarasanya..lebih kental bumbunya..makanya kalau nuang kuahnya di saring dulu. Menurutku bumbu2nya lebih komplet dari Soto Kudus. Dan uniknya..seperti ada aroma kerangnya gitu sich kalau soto khas Semarangan gini..munurutku sich. Dari beberapa soto asli Semarang..seperti Soto pak Man..pak No..dll..menurutku yang paling enak adalah soto angkring mas Bud ini. Dan..kayaknya nggak cuma aku yang berpendapat begitu begitu..buktinya..tiap hari..apalagi kalau weekend..baru buka aja..langsung penuh dech soto mas Bud ini..kadang2..kalau kami lewat pagi2..mau makan di sana..kalau baru siap2 mau buka..aku tinggal dulu ke pasar bentar..eh balik2..mau ke sana..wah..udah berjubel dan antri..hihi..jadi kadang lebih sering di bawa pulang dech kalau beli. 

Soto mas Bud ini enak dan gurih sekali kuahnya..dengan taburan bawang putih goreng yang melimpah..hemm..jadi tambah harum dan gurih aromanya. Ayamnya juga pakai ayam kampung dan taburan ayamnya bukan ayam yang cuma di rebus putih biasa gitu kayak soto2 lain..tapi suwiran ayamnya dari ayam yang di ungkep bumbu2 juga, jadi udah enak dan gurih, sedikit manis. Di nikmati panas2 dengan sambal yang banyak..kucuran jeruk nipis..dan di tambah perkedel..sate ayam..sate kerang..wah..sungguh..jadi sarapan yang nikmat dan segar di akhir pekan.

Jadi..kalau mau coba soto versi asli Semarang yang enak dan seger..aku rekomendasikan soto angkring mas Bud ini ya teman2..tapi memang adanya di Semarang atas sich..tapi mudah kok mencari alamatnya. Kalau dari jalan raya utama Setiabudi dari arah Semarang bawah..dari resto Pizza Hut Sukun itu belok kiri..lurus terus sampai  di pusat keramaian sekitar pasar Jati raya..di pojokan kiri depan kantor pos..di situlah soto angkring mas Bud berada. Rumah makannya cukup luas kok..cuma memang selalu ramai di akhir pekan..jadi kalau pagi agak antri makannya..jadi kalau mau santai..datang aja agak siangan aja ke situ. Harganya terjangkau kok..kami makan bertiga..dengan bermacam2 lauk..kira2 cuma 50 ribuan dech. Itu satenya banyak lho..suami makannya..hihi. Jadi kira2 cuma 8 ribuan per mangkuk sotonya.

Oke..selamat berwisata kuliner ya teman2..^^
  • Taburan bawang putih goreng yang melimpah..menjadi ciri khas dari soto angkring mas Bud ini..^^
  • Jangan lupa...sambel..kucuran jeruk nipis dan kecap..jadi tambah sedep dech. Walaupun di tambah kecap dll..rasa soto mas Bud ini tetep menonjol..jadi itulah yang aku suka. Kadang2 sebel aja kalau makan soto..kalau kuahnya di kasih kecap..rasanya langsung hilang..dan yang menonjol malah rasa kecapnya..karena itu berarti kuahnya kurang bumbu..^^
  •  Nyam..nyam..semangkuk soto siap di nikmati dengan perkedel dan sate..^^
  •  Satenya..komplet dan enak..manis2 gurih..suamiku bisa 4 sampai 5 kalau makan satenya..hihi
  •  Warung sotonya cukup bersih dan luas..^^
  •  Yang punya..Mas Bud..selalu ramah melayani pengunjung..sukses terus ya Mas...^^


21 comments :

  1. Ya ampun saya suka banget sama soto... enak bgt mba pagi2 weekend makan soto... segeeeerr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..sama..aku juga suka banget sama Soto..hampir tiap minggu nyoto Mba..soalnya di sini ..di deket rumah aja..macam2 soto enak banyak yang jual..jadi nggak bosan2 dech..^^

      Delete
  2. ˚°º≈<3Sîþ(y)<3Sîþ(y)<3Sîþ(y)≈º°˚.

    ReplyDelete
  3. Iya mb Di, keluargaku di Jatingaleh jg suka banget ma soto angkring Mas Boed ini. Tp aku blm pernah makan, krn kebetulan pas mo ke sana msi tutup suasana lebaran. Jadi tambah penasaran nih stlh baca reviewnya mb Di. Ntar kalo pas mudik lg, coba ke sana ah.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mba Ida..ayukk ke sini..deket lho sama rumahku mampir ya..hihi..klu jajan ke situ..:)

      Delete
  4. Mbak tanya iseng nih :) kenapa soto di semarang penyajiannya sedikit ya pakai mangkok keci pula hehehe ketahuan suka makan tapi kurang banyak kalau makan soto disana

    ReplyDelete
  5. Mbak tanya iseng nih :) kenapa soto di semarang penyajiannya sedikit ya pakai mangkok keci pula hehehe ketahuan suka makan tapi kurang banyak kalau makan soto disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..biar nambah2 yang makan..hihi.
      Di Seamrang emang gt Mak sotonya..jadi enak..pas nggak terlalu kenyang malah..:)

      Delete
  6. Cleguk.ah andai mas Boed buka cabang di Balikpapan. Saben hari kusamperin deh makan disitu. Huhu ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..di sana jarang soto ala Jawa gini ya Mba Imaji..masak sdr Mba..:)

      Delete
  7. ini soto paling enak di semarang atas..murah sisan..hehe...

    ReplyDelete
  8. Enakmen mbak...kangen soto disana...dimedan sotonya krg sreg dihati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..:)
      Lebih seger dan ringan ya Mba..kalau soto2 di Jawa..:)

      Delete
  9. Deket rumah saya banget mbak di Banyumanik juga, emang harus buru-buru kalau mau nyoto mas boed, atau harus gigit jari n cari soto lain di sekitaran hihihi. Kuahnya nendang banget mbak, gurih kecoklatan, hmm sampai tetes terakhir harus habis pokoknya. Ini salah satu yg bikin kangen pulang kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalu ke situ kesiangan wis berjubel..langsung bungkus saja dech kalau aku di bawa pulang..hihihi.

      Delete
  10. halo, salam kenal sesama orang Semarang :)

    saya pernah nyobain soto ini, tapi kurang sreg. menurut saya rasanya biasa aja. masih segeran soto di gang sebelah masjid yang deket carrefour itu. hehehe

    ReplyDelete
  11. Mbak minta resep sotonya dong hehe.. recook soto mas boed..

    ReplyDelete
  12. mba Diah Didi salam kenal...baru tadi pagi cobain soto angkring mas Bud...mmg uendes mbaa.�� suka deh.....punya resep soto Semarang mba? boleh dishare dong...supaya nanti pas balik ke Qatar bisa tombo kangen buat masak cendili...hihi

    ReplyDelete
  13. Salam Kenal Mas Mbak,

    Cuman Sharing Aja Mas Mbak Kalo Ada Soto Ayam Yang Manteb Rasane Selain Mas Bud Namanya Soto Ayam BRENGOS, Bumbunya Kerasa Manteb Kalo Menurut Saya.
    Warungnya Baru Buka, Alamatnya Daerah Pusponjolo Selatan No 38 Deket Nasima. hihi
    Salam Kenal

    ReplyDelete