Google Ad

Monday, September 30, 2013

Iwak Wader Krispi



Udah pernah makan ikan wader..atau iwak wader teman?..Yapp..iwak cilik2..yang udah bisa di makan..hihi..lha aslinya emang cilik ikannya ini..ndak bisa gede. Ikan wader ini banyak jenisnya ternyata ya...barusan baca2 tadi di google. Soalnya aku tahunya iwak wader ya wader saja..nggak tau jenis2nya. Kalau iwak wader...dari jaman kecil..udah sering makan. 
12

Pentul Tahu Udang Goreng


Satu lagi olahan tahu dan udang..hihi. Aku suka banget sich ngolah tahu ya teman2..lauk murah..meriah..dan enak di olah apa aja. Ini sich sebenernya tahu goreng biasa aja..di kasih udang..dan di haluskan..cuma..biar beda dan unik..di goreng bentuk pentul gini. Jadi..kesannya udah jadi lauk beda kan..mungkin di kira sate pentul sama keluarga kita..hihi.
14

Sunday, September 29, 2013

Terik Ati Ampela, Telur dan Tahu...Satu Menu.. Enak & Komplet..^_^



Terik..adalah masakan khas Yogya..sejenis opor ayam yang biasanya di sajikan sebagai pelengkap gudeg..tapi kuahnya kental..karena di masak sampai kuah menyusut dan hampir habis.Kalau di keluargaku di Yogya..menu terik ini dulu jadi salah satu menu harian. Bedanya dengan opor..kalau opor masih berkuah banyak..sedangkan terik ini di masak lebih lama sampai santannya menyusut sehingga hanya tersisa santan kental berbumbu pekat yang menyelimuti bahan2nya. Istilah Jawanya..kuahnya*mlekoh*..hihi. Karena dimasak lama dengan api kecil..jadi bumbu2nya terasa gurih dan legit..masuk ke semua bahan2nya.
13

Roll Cake Pandan


Bolu gulung atau roll cake..atau swiss roll..wah udah lama juga nggak bikin. Kemaren bikin ini hari Jumat buat cemilan Yodha sore2 sam teman2nya yang main ke rumah. Kalau ada temannya sich..semangat mau ngemil cake2 atau kue2..cuma ya emang banyak teman2nya yang makan..hihi..Yodha paling 2 potong..sisanya temen2nya....langsung ludes dech segulung. Tapi..seneng dech..berarti mereka suka. Hemm..kebayang..memang kalau punya anak banyak..enak kali yach..bikin makanan apa gitu langsung abis dan berebut. Jadi nyesel..napa dulu nggak nikah muda aja ya..biar anaknya banyak...hihi... *lebayy..*
96

Saturday, September 28, 2013

*Jadah Manten* Khas Yogya Yang Eksotis..^_^



Wah...baru sempat online nich...bukan habis pergi atau jalan2 sich..tapi habis beres2 rumah..hihi. Hari ini libur dulu jalan2nya..karena suami ko..kecapekan lembur terus jadinya seharian pengen tidur aja. Akhirnya daku di rumah saja..dan mumpung ada pak tukang yang hari ini jadwal datang kerja..akhirnya beres2 dan bongkar pasang perabot aja..di pindah ke sana kemari..hihi. Dulu sich sering banget..menata ulang rumah..tapi karena sibuk..jadi  lama nggak sempat lagi..akhirnya tadi pengen susasana baru..dan  ada yang angkat2 juga pak tukang..yang biasanya kerja di luar..bersih2 rumput, halaman dll..kali ini lumayan..bisa jadi assisten bongkar pasang..hihi...tinggal jadi mandor..minta barang di angkat ke sana..kemari..beres.

5

Friday, September 27, 2013

Risoles Ragout Ayam Segitiga


Pernah lihat risoles segitiga teman2?..Pasti sudah ya..di bakery2 atau di tempat tukang jual jajanan pasar..kadang2 ada yang gorengan ini. Rasanya sich..kayak risoles biasa..cuma bentuknya itu lho yang segitiga..jadi kelihatan beda dan menarik. Aku pertama kali beli risoles segitiga ini di TBK langgananku..yang selain TBK..dia juga bakery kecil2an gitu. Isinya..kadang makaroni..kadang juga ayam..soun dan jamur kuping. Aku sich suka semua..hihi..*penggemar risoles*

23

Serundeng


Serundeng..adalah lauk kering khas Jawa Tengah  dan di Yogya tempatku..ada juga. Ibuku sering buat juga.
Di Semarang juga ada..ibu mertua juga sering buat. Di Pasar juga ada yang jual serundeng..dengan ketan..enak banget. Tapi..sekarang udah nggak jualan lagi penjual ketan serundengnya..jadi..kalau lagi pengen..ya harus buat sendiri..kayak kemaren. Serundeng adalah lauk kering yang terbuat dari kelapa yang tanggung ya..nggak  muda..dan tua..bilang aja di pasar..beli kelapa yang buat serundeng gitu.pasti di kasih ya pas..sama tukang kelapanya. Serundeng ekonomis..adalah cuma kelapa aja yang di gongseng dengan bumbu2..tapi jika mau lebih enak..bisa di tambahakn daging sapi, daging ayam atau udang. Kalau aku favoritku tetep daging sapi..walaupun cuma sedikit..tapi membuat rasa serundengnya semakin gurih dan enak banget.
33

Kecap Apa Yang No Satu ?..^_^


Kecap apa hayo..yang no satu teman2?..Jawabannya..pasti semua merk kecap ya..hihi..lha itu..kadang2 kita baca di setiap kemasan kecap..ada tulisan no 1 kan..terutama sich untuk kecap2 lokal ya..yang terkenal di setiap daerah masing2. Yapp..selain kecap merk brand ternama yang iklannya banyak wara wiri di media massa..ada beberapa daerah yang malah tetep setia dengan kecap merk lokal. Salah satunya di Jawa Tengah..ada beberapa merk kecap lokal yang cukup ternama dan melekat di hati masyarakat. 
64

Thursday, September 26, 2013

Poffertjes



Poffertjes..adalah kue warisan Belanda. Aslinya memang kue ini dari Belanda..seperti pancake sich sebenernya..terbuat dari tepung, susu, telur, gula, ragi instan dan sedikit mentega...tapi dalam ukuran mini..imut2..yang biasa di cetak di cetakan kecil2 sekali hap..^^. Lama nggak bikin poffertjes nich..dulu awal beli cetakan..belinya yang murah meriah dari alumunium tuch...alhasil..cepet gosong..hihi. Nah..kemaren pas beres2 dan bongkar2 gudang alat dapur..ku temukan lagi cetakan ini..akhirnya dengan pede ku beranikan diri bikin poffertjes lagi pakai alat ini. Setelah ku telateni..dengan api kecil..akhirnya berhasil juga..poffertjesnya.nggak pake acara gosong2 kayak dulu..hihi. Jadi..alat bukan masalah ternyata..cuma kita aja yang musti telaten mengakalinya. Memang sich..lebih enak jika punya gagdet dapur alat poffertjes yang dari bahan besi baja tebal tuch..yang warna hitam..yang biasa buat bikin takoyaki juga..cuma ku pikir2..rugi kan..kalau cuma bikin poffertjes dan takoyaki aja beli mahal2..kalau nggak sering2 di pakai...hihi..jadi..gunakan alat yang aja dulu..sesekali kalau lagi pengen poffertjes..beres kan..!

29

Google Ad

Visit Our You Tube Channel