Google Ad

Friday, November 8, 2013

Tahu Petis Semarangan


Tahu petis..adalah salah satu gorengan yang hampir selalu ada di gerobak pinggir jalan di penjual aneka gorengan tiap sore di Semarang. Dulu awal2 tinggal di Semarang pas pertama nyicip..kurang suka aja rasanya. Agak aneh..pahit2 gimana gitu petisnya. Tapi karena suami paling suka tahu petis..akhirnya aku sering mencoba untuk membuat sendiri di rumah. Nah..ternyata..jika petisnya di bumbuin dengan pas..maka tahu petisnya akan terasa enak..akhirnya sekarang aku jadi suka dech tahu petis.
6

Thursday, November 7, 2013

Rujak Cingur


Rujak Cingur..rujak khas Surabaya Jawa Timur ini sangat unik dan segar rasanya. Unik..karena rujaknya terbuat dari campuran buah2 an dan sayuran rebus..masih ditambah lagi tahu dan tempe goreng. Dan yang plaing unik adalah pemakaian cingur..atau kulit hidung sapi..hihi, cingur = hidung..^^ Tapi jangan il feel dulu ya teman2 buat yang belum pernah makan..enak kok..cingur sapi nya yang di pakai kan bagian yang tebal kulitnya dan kadang masih ada sedikit dagingnya..jadi rasanya kayak kikil dan empuk kenyal2. 
12

Wednesday, November 6, 2013

Bakso Ikan & Ayam Homemade



Bakso daging..aku jarang sekali bikin sendiri..selain biasa beli..kadang..kalau bikin bakso kayak daging gitu, musti harus pakai daging kualitas bagus, dan buatnya juga musti dalam jumlah banyak sekalian, dan hasilnya kadang kurang bisa kenyal. Tapi..aku paling paling suka..bikin bakso ikan dan ayam...lebih murah, mudah..tanpa proses yang ribet dan macam2..hasilnya bisa kenyal. Mungkin karena ada campuran ikannya ya..jadi lebih mudah kenyal..dan tentu saja hasilnya juga lebih gurih..jika di bandingkan daging ayam saja bahannya.
13

Tuesday, November 5, 2013

Otak Otak Goreng


Masih punya ikan tenggiri cuma sedikit..udang..cuma sedikit juga di freezer..akhirnya..di campur aja jadi satu..jadi dech otak otak goreng. Enak..dan gurih sekali. Mau di buat lauk enak..di buat cemilan..di cocol saus..juga enak. Atau mau di buat campuran bakso kuah..tambah enak lagi..dan seger. Jika mau di simpan dalam keadaaan beku juga bisa..otak2 ini..di goreng nggak perlu terlalu kering. Dinginkan..lalu simpan di freezer. Sewaktu2 tinggal di keluarkan dari freezer dan di goreng kembali. Jadi dech punya stock lauk beku homemade yang lebih sehat dan enak..daripada beli..kan mahal ya teman2..harga otak2..dan hasil olahan laut lain yang kemasan, produksi pabrik gitu..^^

33

Monday, November 4, 2013

Rujak Serut


Hari Minggu kemaren di kasih mangga mengkal dari ibu mertua...jadi walaupun udah mau matang dan warnanya kuning..tapi masih keras dan ada sedikit asamnya. Jadi kepikiran bikin rujak lagi..tapi biar nggak bosan..akhirnya..aku buat rujak serut. Mangga..gratis..pepaya mengkal..juga gratis..ada terus di depan rumah..udah dech..tinggal beli bengkuang..nanas..kedondong..sama ketimun. jadi dech rujak serut yang seger banget..dan jadinya banyak..padahal suami dan anak nggak pada doyan. Akhirnya.aku bagi2 aja tadi..^^
15

Nasi Bakmoi Ayam


Nasi bakmoi..adalah salah satu menu peranakan. Aslinya katanya memakai daging daging *piggy*..cuma sekarang sudah banyak di adaptasi memakai daging ayam. Aku pertama makan nasi bakmoi dulu di Yogya..dan pakai ayam..jadi taunya ya bakmoi ayam..hihi. Rasa nasi bakmoi ini enak..seger .dan enteng aja..gurih ringan ..kayak sup bening gitu. Tapi begitu di padu sama tumisan ayam dan tahu ..rasanya jadi tambah enak dan kaya rasa. Nasi bakmoi ini.cocok buat menu anak2 teman2. Kemaren aku buat..dan Yodha suka.
7

Sunday, November 3, 2013

Gathot & Tiwul...Jajan Pasar Eksotis..Yang Udah Semakin Langka..^_^



Wah..tadi tumben nemu gathot dan tiwul di pasar..setelah bertahun2 enggak nemu jajanan unik dan jadul ini..hihi..lebay..emang sich..kayaknya udah bertahun2 nggak makan gathot dan tiwul..kayaknya yang jual ini mbah2 baru jualan dech..aku soalnya jarang liat di pasar. Untunglah..masih ada yang mau melestarikan jualan gathot dan tiwul ini. Kalau di Yogya sich masih banyak yang jual..cuma di Semarang ini..jarang sekali..beberapa waktu lalu ada yang jual tiwul, abis itu nggak jualan lagi..karena nggak ada bahan tepung gapleknya sekarang katanya. Memang sich..membuat tepung gaplek nich butuh perjuangan..singkong musti di jemur berhari2 sampai kering..habis itu di deplok..atau di tumbuk pakai alu. 
4

Friday, November 1, 2013

Jamu Kunir Asem ( Kunyit Asam )



Jamu..jamu..siapa mau jamu ?...Ada jamu kunir asem...hihi...udah kayak mbok2 bakul jamu nich..ya teman2. Siapa yang suka minum jamu kunir asem..atau kunyit asem...?.Yukk..mampir..aku barusan buat ..banyak nich teman2. Jamu kunir asem ini bagus lho di minum buat kesehatan wanita..dan juga jamu ini salah satu jamu yang paling enak menurutku..karena rasanya seger..dan nggak pahit. Apalagi minumnya di tambah es batu..tambah seger dech...nggak kerasa minum jamu. Di beberapa restoran..malah jamu kunyit asam ini jadi salah satu menu minuman juga lho.
31

Tahu Campur Surabaya


Sudah lama pengen bikin tahu campur Surabaya..sejak nyimpan potongan tabloid yang berisi ulasan dan resep tahu campur Surabaya yang otentik dari warung tahu campur terkenal..katanya sich..Pak Jamal gitu..di tabloid info kuliner. Aku memang suka koleksi tabloid info  kuliner..karena sering ada resep2 rahasia...dari warung2 makan khas yang sudah terkenal..jadi walaupun belum pernah nyoba aslinya di Surabaya sana..paling tidak tau rasa aslinya tahu campur..dari resep penjualnya langsung.
12

Google Ad

Visit Our You Tube Channel