Wednesday, March 4, 2015

Rollade Udang Balut Panir


Kalau ke pasar lihat udang seger2..nggak bisa nahan..pasti langsung beli..hihi. Aku suka banget sich sama udang nich..walau cuma sekedar di stock buat campuran aneka masakan..atau di olah apa saja pasti enak. Dan semenjak tinggal di Semarang ini bener2..udang tuch bukan kayak menu yang mahal lagi..hihi. Kalau dulu di Yogya..udang kan mahal..udah gitu nggak begitu seger2. Beda sama di Semarang..udang tuch selalu seger2 banyak tersedian di pasar..karena ya di sini banyak tambak ya..jadi kalau ke pasar salah satu bahan wajib yang di beli adalah udang ini. Apalagi Yodhaku juga udah mulai suka udang..tapi sebatas masing yang di olah lagi jadi bakso..kekian..dll.

Nah kali ini menu Yodha nich..biat lahap makan udangnya..aku buat aja rollade udang. Jadinya gurih banget. Karena anak2 suka kriuk2 dan warna yang menarik..maka aku lapis aja pakai tepung panir orange..jadinya beneran lebih cantik dan enak..kriuk2 gurih luarnya..dan kenyal lembut di dalam. Menu gurih enak begini..pasti di sukai anak2 ya teman. Dan yang jelas bergizi tinggi..karena terbuat dari udang segar dan sedikit daging ayam untuk campuranya. Untuk tepung campurannya..aku pakai Tepung Bakso..salah satu produk andalan jualanku tuch teman2..hihi..yang lumayan laris manis.

Jadi tepung bakso ini nggak cuma enak buat bakso teman2..tapi bisa juga buat siomay..empek2..kekian..atau rollade begini juga enak..kenyalnya dapat pas dech. Jika mau lebih kenyal alami tanpa bahan pengenyal bisa juga pakai daging tenggiri. Karena daging tenggiri itu sifatnya jika udah jadi pasta ikan akan membuat adonan jadi kenyal. Rollade udang ini sebenernya bisa di goreng langsung setelah di potong2, jadi kayak menu bento itu lho teman2. Atau di buat sup juga enak. Di goreng dengan di lapis tepung panir orange ini juga enak lho..^^

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika mau buat alternatif lauk buat anak2. daripada beli rollade udang ber merk kemasan pabrik tuch mahalnya minta ampun..hihi. Bikin sendiri lebih hemat lho teman2. Jika nggak punya food processor..pakai aja mixer ya..itu tujuannya untuk menghaluskan daging jadi pasta..tapi sebelumnya ya di cincang2 dulu ya..hihi..habis itu baru di mixer sama telur..nanti bisa halus dech adonannya. Pokoknya..jangan di blender yang pakai air ya..jika buat bakso..kekian..rollade dll..daging2 an. Kalau di blender kan di tambah air..di jamin bakal lembek dech adonan..dan rasa gurih alami daging2nya juga luntur kena air..hihi.

Ini dia resep rollade udangnya ya ^^


Rollade Udang Balut Panir

Bahan :
200 gram udang segar kupas,
100 gram daging ayam
100 gram Tepung Bakso atau tapioka / sagu biasa
1 sendok teh garam
1 sendok teh kaldu ayam
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1 butir telur
30 ml air es

Bahan kulit :
2 butir telur
50 gramn tepung terigu protein sedang
100 ml air
1/4 sendok teh garam
Cara  : Aduk rata semua bahan, saring, buat dadar di pan anti lengket

Bahan pelapis :
1 butir telur
100 gram Tepung Panir Orange

Cara membuat :
Proses semua bahan rollade memakai food processor, keculi tepungnya.
Jika sudah rata, masukkan tepungg bakso, aduk ringan saja hingga rata
Ambil 1 buah dadar, olesi adonan secukupnya, lalau gulung . Bungkus dengan palstik atau daun, ikat rapat dan kencang kedua ujungnya.
Kukus 30 menit
Dinginkan
Potong2, celup ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir
Goreng hingga matang.

Tips :
Jika tidak punya food processor..cincang halus udang dan ayam, lalu mixer dengan bahan dan bumbu kecuali tepung hingga halus, Jika udah halus, masukkan tepung, aduk rata saja.

 


21 comments :

  1. Wah bisa pake mixer yo mbak..soale aku ga punya food processor. Rolladenya cantik nian & terlihat maknyuuuusss.^_^ Harus dicoba nih..sepertinya satu resep udah jadi banyak ya mbak Di...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..aku punya 2 food processor..yang satu ilang srub nya..ndak bs di tutup..ndak mau jalan lagi..yang satu..susah banget makenya..malah ribet nggak alus2 dan lama..cincang2 aja bentar..di mixer beres..ndak stress hahaha..
      Jadi 2 gulung itu mba..kira2 jadi 20 an biji..:)

      Delete
  2. coba aaah..bisa buat bekal sekolah nie..mksh mb..

    pepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...sipp itu..buat anak2 bergizi..:)

      Delete
  3. Mba klo dibuat frozen bisa kah?mungkin bisa jadi inspirasi usaha frozen hehehehehe...

    Rizka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bia banget mba..ada merk frozen food terkenal salah satunya rollade udang gini ya mba..:)

      Delete
  4. slalu mupeng klo liat mkanan yg gurih2 plus pke acara d goreng dulu. . :-D

    ReplyDelete
  5. kayak nugget ya mbak pakai tepung panirrr.. ijin coba ...

    ReplyDelete
  6. mba kalau bungkusnya pakai aluminium foil bs ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bs mba..tapi di ikat jug aya..jk mau bentuknya bulat..:) takutnya ngembang nanti pas di kukus :)

      Delete
  7. ilate wong jowo bnget to mbk. . hahaha

    ReplyDelete
  8. ga usah di goreng, tapi dibikinin kuah bisa ga mb.. biar ada variasinya. seger kali yaa..
    yayuk-purworejo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..jadi sup...aku yang satu gulung juga jadi sup kmrn..:)

      Delete
  9. Kl d blender yg kecil itu gpp kan mbk?pengen bikinnn :p
    Dian

    ReplyDelete
  10. terima kasih utk resepnya, akan saya coba.

    ReplyDelete
  11. Waah pake tepung bakso..
    Mbak diah jualan tepung apa saja c..jd pengen.
    Minta katalognya bs mbak?
    Mksh
    -diana-

    ReplyDelete