Thursday, March 26, 2015

Peluang & Tips Usaha Ayam Kremes


Kemaren beberapa teman yang order tepung kremesan dari aku minta saran untuk memulai usaha ayam kremes..beserta tips nya. Baiklah...biar bermanfaat buat teman - teman lain yang niat usaha serupa..aku tulis saja jadi satu postingan di web ya.

Ayam goreng..udah enak..apalagi di tambah kremesan..tambah enak lagi. Kepopuleran ayam kremes ini sudah di kenal dari dulu ya teman-teman. Kalau di Yogya..ada ayam kremes yang terkenal tuch..yang selalu ramai pengunjung. Dulu..waktu belum bisa membuat ayam kremes sendiri..makan ayam kremes itu serasa makan ayam goreng mewah...hihi. Karena memang tehnik pembuatannya yang unik..nggak sembarang resep bisa jadi kremesan yang bersarang indah..hihi. Tapi sejak bisa bikin kremesan yang nyarang..empuk..krememes..dan gurih..wah..nggak mau lagi dech jajan ayam kremes di luar..hihi. Lebih enak dan murah bikin sendiri.

Nah..usaha ayam kremes ini masih banyak peluang nich teman2..karena nggak banyak orang yang tau rahasia pembuatan ayam kremes yang renyah..gurih.dan bisa nyarang itu..jadi masih terbuka kesempatan lebar - lebar ya buat usaha ini..karena nggak terlalu banyak pesaing. Jadi jika di daerah teman - teman belum ada yang jual ayam kremes..ayuk..segera saja mulai usaha ya..jika di barengi usaha dan kerja keras, pasti ada hasil yang sepadan.

Jadi..buat teman2..yang mau memakai tepung kremesku untuk usaha..silahkan banget..ini aku kasih sedikit tipsnya ya semoga sukses semuanya..^^

Jika mau   usaha masih dalam skala kecil, dan di tangani sendiri..untuk menghemat waktu dan tenaga, buat ayam ungkep beberapa hari sekali saja..tidak perlu harus mengungkep ayam setiap hari. Simpan ayam berbumbu di freezer, siapkan sesuai target jumlah yang laku setiap hari, jadi nggak banyak yang tersisa. Buat kremesan sekaligus , jadi satu bungkus tepung kremes yang aku jual, itu bisa jadi dua piring kremesan atau satu toples lebih...simpan di wadah kedap udara, jika sudah dingin, lalu tinggal di taburkan ke ayam goreng, jika ada pesanan.

Jika mau usaha ayam kremes skala menengah..boleh jika mau menggoreng kremesan langsung ketika ada pembeli, karena jika skala menengah dan sudah pasti pembelinya banyak, tentu saja..satu bungkus adonan tepung kremes tidak akan cukup..jadi boleh saja jika mau di buat unik..kremesannya langsung di goreng menyelimuti ayamnya.

Tepung kremes yang aku jual ini cepat sekali matang, jadi nggak perlu khawatir pembeli akan menunggu lama ketika kremesan di buat. Tiriskan saja di serok yang berlubang banyak ya..seperti saringan santan..agar sisa2 minyak menetes ke bawah..jadi kremesan tidak akan berminyak. Namun jika tehnik menggoreng itu sesuai aturan..hasil kremesan akan bersarang ngembang dan tidak terlalu berminyak. Tehnik menggoreng kremesan bisa di liat di postingan tip2 ku di SINI.

Buat paket2 yang menarik..misal..satu bagian ayam kremes, di tambah nasi, tempe atau tahu goreng, sambal dan lalapan..dalam harga khusus, pastilah pembeli senang karena ada tambahan lauk gratis. Tentu kita sebagai penjual harus sudah memperhitungkan ya..harga tempe..tahu dll..hihi. Jadi permainan promosi aja, tapi untuk pembeli itu adalah nilai lebih..daripada membeli tahu goreng satu porsi isi beberapa potong tapi nggak habis, akan lebih hemat  buat pembeli jika di piring sudah ada tahu atau tempe sepotong gitu kan ya teman - teman.

Sediakan aneka sambal pilihan yang unik dan enak..jadi pembeli bisa memilih sambal sesuai selera masing2. aneka pilihan sambal yang sering ku masak..sudah banyak ku posting di SINI resepnya..di klik saja judul resep sambalnya ya teman - teman. Untuk menarik minat, bisa juga membuat istilah sambal - sambal yang unik..misal..seperti brand sambal bebek terkenal..itu namanya..sambal *Judes..artinya..juara pedes..atau ..sambal *Jupe..kali juga bisa..kan bisa di artikan juara pedes juga kan..hihi..atau sambal *galau..hahah..karena saking enaknya sambal teman - teman bikin galau pembeli..pengen beli lagi..dan lagi..*lebay dech dech kalau ini..lol.

Jika mau usaha ayam kremes skala agak besar , misal kelas rumah makan...dan yakin pengunjung akan banyak, bisa di sediakan menu2 pilihan yang bisa di buat kremes, misal aneka bagian ayam, dada,   paha, kepala, dan dll..dalam keadaan sudah di ungkep, di pajang di depan etalase..jadi pembeli yang datang tinggal memilih sesuai selera, lalu tinggal di goreng jika sudah pesan. Sediakan sambal sepuasnya di meja makan, biasanya yang paling menarik adalah sambal matang..karena awet di stock lama jika di masak dengan benar. Nah..untuk sambal2 lain bisa di tawarkan dengan ada tambahan harga sendiri. Tentu saja..biaya bahan sambal sepuasnya tadi..tetep di hitung ya..sebagai biaya produksi.

Beri bonus sup..setiap pembelian ayam kremes..juga akan menarik minat pembeli. Apalagi jika jualan di daerah kawasan mahasiswa atau perkantoran..tambahan bonus sup ini pasti akan menarik minat ya..karena sekali bayar ada  bonus tambahan sup lengkap. Pilih sup yang nggak mahal..misal sup sayur..sup bening  dll..yang murah meriah biayanya. Resep Sop Bening murah meriah tapi enak..sudah beberapa resep pernah ku posting diweb ku ini.

Agar unik dan beda, pilih resep ayam goreng favorit teman teman yang benar- benar enak..jadi selain kremesnya sendiri yang jadi daya tarik, ayam gorengnya..juga harus enak. Berbagai resep ayam goreng sudah banyak ku posting resepnya di SINI..silahkan di pilih saja sesuai selera teman - teman. Namun untuk ayam goreng kremes yang ayamnya di selimuti kremes, paling cocok adalah resep ayam goreng kunyit yang gurih dan nggak banyak memakai gula, agar tampilan ayam goreng kremesnya makin menarik.

Jika usaha ayam kremes sudah jalan..tak ada salahnya melebarkan sayap usaha..dengan menu - menu kremesan yang lain, misal..lele kremes, bandeng kremes, dll. Pasti pelanggan setia..tetep akan rajin menyambangi warung kita..karena banyak pilihan menu.

Pilih nama atau brand ayam kremes yang unik..tapi jangan lebay juga..hihi. Sekarang ini banyak brand merk makanan terlalu lebay kadang..pilih saja yang unik..mudah di ingat dan bisa jadi sesuaatu yang baru. Misal..ayam Kremezz,..apa gitu..hihi..silahkan di pikir sendiri brand yang cocok dan tepat ya..untuk usaha teman - teman.

Nah..sudah siap mulai usaha...ya ayukk..segera mulai ya..jangan takut dan ragu..dari kecil dulu..jika di lakukan dengan sungguh-sungguh..lama-lama bisa jadi besar. Semua pelaku usaha kuliner yang terkenal..kebanyakan memulai usaha dari nol juga kok..jadi semangat ya teman - teman.

Beberapa resep ayam kremes ada beberapa pernah ku posting juga ya di web ku ini...tapi jika mau mudah dan praktis...aku juga jual tepung kremesnya nich..dalam ukuran kecil2..sekali pakai..dengan takaran yang udah pas, jadi nggak perlu nimbang-nimbang tepung lagi, jadi mudah di simpan. Alhamdulillah..mungkin sejak jualan tepung ini udah ratusan kilo terjual..hihi..dan kebanyak pada cocok..dan bisa berhasil membuat kremesan sendiri di rumah jika di buat sesuai petunjuk yang benar. Aku jual dalam kemasan kecil..memang agar lebih praktis dan mudah cara pakainya..karena dalam pembuatan kremes..perbandingan tepung dan air harus pas. Jika aku jual kiloan..jika teman - teman harus nimbang sendiri kan repot..jadi lebih praktis dalam kemasan kecil sekali pakai.

Misal..sehari habis 1 pack tepung kremes..udah lumayan kok..udah bisa untuk satu hingga tiga ekor ayam goreng ya, jika kasih kremesannya secukupnya..bukan di balutkan ke ayam ya..sisa malahan..sisa kremesan bisa di simpan untuk besok lagi. Jika mau jual versi ayam goreng yang berselimut kremesan tebal..tentu saja harus di jual dengan harga yang berbeda,..karena selain butuh banyak kremesan..tehnik pembuatannya kan juga unik..jadi bisa jadi nilai jual tersendiri juga kan


Oke..selamat berwirausaha ya teman - teman..jangan ragu untuk mencoba..usaha ayam kremes ini nggak perlu harus ala warung makan besar atau resto kan..bisa di mulai dari warung tenda..atau cukup gerobak ayam goreng dan penggorengan aja. Jadi sediakan ayam yang sudah di ungkep, kremesan sudah di goreng dan di bungkus kecil2, sambal dan lalapan jadi satu palstik kecil juga. Pembeli ayam goreng gerobak gini malah potensial lho teman2..karena kebanyakan kan di bawa pulang ke rumah..jadi nggak perlu tempat duduk, meja kursi..tetep bisa jualan. 

Selain itu prospeknya juga lebih bagus, karena belum banyak yang usaha ayam goreng sistem di bawa pulang gini ya..jadi nggak banyak pesaing. Biar pembelian makin banyak..kan biasanya di makan ramai - ramai untuk keluarga di rumah..misal..batasi pembelian misal..per setengah ekor..atau min 2 potong, jadi omzet lebih besar daripada membuka warung ayam goreng kremes yang melayani pembelian per potong dengan nasi. Sediakan juga kremesan dalam toples untuk di jual terpisah..wah..pasti menarik tuch..soalnya..biasanya orang selalu kurang jika porsi kremesan jatahnya cuma sedikit..hihi.

Tapi..jika belum punya tempat jualan..bisa di mulai dari rumah juga kok..terima saja pesana ayam goreng kremes untuk acara - acara, catering harian...atau bisa jualan kremesannya aja..juga udah enak..di bungkusin plastis..di   titipkan ke warung - warung, kantin..dll. Bisa jadi peluang usaha baru kan..^^



12 comments :

  1. duh lihat jadi pengen klo mau pesen gimana ini mba - anni-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..boleh...lewat email ya..di bundadidi@gmail.com atau isi contact form di bagian samping web ini..atau via inbox fb ya..biar lebih detail komunikasinya..Terimakasih..:)

      Delete
  2. Mbak Didi, postingin resep sambel yang ada di bandeng kremesnya dong. Thanks ya mbak

    ReplyDelete
  3. Waduh ini mah yg enak mba didi yg usaha sudah semuanya bisa... Top top top.. Ada pin BB mba, biar tambah lebih gampang lagi ni nanya2nya.. Oh iya boleh aku lihat katalog produk2 jualannya mba didi? Ada terasi juga ya?

    ReplyDelete
  4. salam kenal ya mbak diah seneng banget baca blognya apalagi nih mau dpt orderan. 150 kotak ayam kremes mau coba resepnya mbak didi yg tepung pake di blander kayaknya maknyus . . hehehe

    ReplyDelete
  5. seru jug aya punya bisnis makanan. Untuk sementara aku masak buat sendiri aja bisanya mbak

    ReplyDelete
  6. Makasih ya ilmunya, jadi sumber belajar masak nih.
    Salam dari finlandia :)

    ReplyDelete
  7. brp harga tepung kremesnya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sms 089654712500 atau bis aemail aku ya mba di bundadidi@gmail.com atau isi contact form di samping web ini juga bs :)

      Delete
  8. mb didi buku resep n tepungnya bisa diorder dmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sms 089654712500 atau bisa email aku ya mba di bundadidi@gmail.com atau isi contact form di samping web ini juga bs :)

      Delete