Monday, March 30, 2015

Oseng Mie Pedas



Hari ini kok sedikit rada pusing ya..hihi..efek mabuk durian berlanjut..karena setiap buka freezer..masih ada stock durian segar yang harumnya..beneran...bikin mabuk kepayang buat pecinta durian, dan bikin mabuk beneran buat aku yang jarang makan durian..hihi..*lebay..*. Tapi hari ini nanti mau bikin pie durian lagi..yang versi pie susu...hihi. Jadi tetep harus menaklukkan aroma si durian ini biar bisa deket-deket dengannya tanpa mabok.

Jadinya pengen makan yang pedes-pedes dech. Tapi mau masak berkuah gitu kok di freezer nggak ada apa-apa..cuma ada daging cincang..daging asap..sosis..bakso..kok bosan semua. Jadilah pengen bikin tumis pedas aja. Tengok rak sayur juga kosong..hihi. Akhirnya berpindah ke rak penyimpanan bahan-bahan kering..kok cuma ada mie. Jadilah aku pengen buat mie pedas aja.. Tapi  tadi akhirnya terlintas masakan ibuku jaman aku kecil..yang sering beliau masak..yaitu oseng mie. Akhirnya pengen bikin itu dech.

Oseng mie..mungkin baru dengar ya sebagian teman-teman. Aku sering makan ini dari kecil hingga remaja..ini salah satu menu harian di rumah kami di Yogya. Wah..jadilah lama sekali nggak makan oseng mie pedas begini. Bumbu-bumbunya oseng biasa. Tapi biar ada gizinya aku tambah daging asap tadi..aslinya sich nggak..oseng mie ndeso aja..cuma mie..sama taoge..udah gitu buat makan nasi pula dulu..hihi..jadi karbo..lauk karbo. Lauk pendampingnya cukup tempe goreng dan telur dadar dulu..se iris-iris gitu..karena anak banyak..jadinya ya terasa enak ya..dulu..hahah. Coba anak sekarang di *jor, mau makan apa aja dan berapa aja..orang tua malah seneng ya sekarang..mau makan telur juga sama orang tua malah di suruh makan 2 sekali makan. Kalau jaman dulu lauk telur aja di jatah per iris...hihi.

Ya oke dech..aku posting aja resep oseng mie ala ibuku ini ya teman2..sapa tau ada yang mau coba menu rada nyleneh ini..hihi

Oseng Mie Pedas

Bahan :
100 gram mie keriting, rebus sebentar di air mendidih, jangan terlalu lembek ya..biar masih ada efek keritingnya..hihi
50 gram taoge
50 gram daging asap, iris tipis
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai rawit merah, iris serong
2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh  kaldu sapi ( aku pakai Alsultan sapi )
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga harum dan matang, masukkan cabai iris, daging asap, aduk hingga layu cabainya. Masukkan air, mie, taoge,dan semua bumbu lain.
Aduk rata dan masak hingga meresap.
Koreksi rasa
Sajikan hangat



20 comments :

  1. mbak, alsultan tu gmn rasanya ? sama dg r*yc* n m***ko ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gurihnya soft mba....kan kaldu bubuk non msg Alsultan ini..jd dr daging sapi atau ayam di buat kaldu kering / bubuk, bumbunya rempah2..rendah garam jg :)

      Delete
  2. ini salah satu masakan favorit di rumah lho mba Diah...,kadang saya klo makan ga pake nasi tak jambal gitu aja. lha sudah enak je, hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..sipp ada temennya aku mba, suka gado mie oseng ini..hihi..

      Delete
  3. halah mbk, ini mah gk jadul. . sampe skrang jg aq msih sering msak. eh dmsakin denk sma ibuk klo d rumah. suka bngt sma gurih pedesnyaa. . minyaknya agak d bnyakin dkit, d cmpurnya pake tempe yg agak *mondol. . hihi. .
    ttep pke nasi juga mkannya. . :-D
    klo d kost ya mie instan itu yg d oseng :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh ya tho mba..berarti makanan di mana2 ini ya..karbo..lauk karbo..:D

      Delete
  4. resep kesayangan... bisa dibuat kapan saja.. disukai semua anggota keluarga..

    ReplyDelete
  5. cabenya bikin pasu mbak. Mie goreng lebih enak pedas dibanding manis kalau menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..jadi nggak neg ya.,..mienya jk pedes..:D

      Delete
  6. ngileeer mb liat mie nya, sepertinya sempurna menghilangkan pusing-pusing dengan cabenya hihihi

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka bikin mie oseng yg super pedesss mbak Di... makannya digado aja sambil huhaaa...sangking pedesnya..hihi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba..enak pedes..nggak mau berhenti ya makan...hihi

      Delete
  8. iya mbk itu mkanan fav anakku,biasanya ku tmbah bakso d telur orak -arik d mintanya yg super pedas pdahal masih kias 4 sd lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..hebat ya..kecil2 udah suka pedes..hihi..klu Yodha ku kasih aagak pedes..ngamuk2 dia mba..:D

      Delete
  9. Waktu kecil suka dimasakin oseng mi, jadi inget ibu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..samaan ya Mak..masa kecil kita..hihi

      Delete
  10. ^_^
    Slam kenal mbk didi......
    Saya sudah coba beberapa resep dr mb didi yah meskipun masih bru cb resep mie goreng jawa, nasi ruwet, mangut iwak pe..... tapi seneng bget bsa langsung praktek.....hehehe..... kok jd curhat ya....
    Novi jember

    ReplyDelete
  11. hai mba. itu mie nya pake merk apa ya? Kelihatan enak ^^

    ReplyDelete