Tuesday, March 17, 2015

Bapel Kentang


*Live nich..laporan langsung dari dapurku teman2..hihi..aku tadi nyoba bikin bapel teman2. Bapel lho ya..bukan wafel..hihi. Emang apa bedanya wafel sama bapel ya ?..Kalau wafel tuch kan makanan Londo..kalau bapel ki kue Indonesia banget. Mungkin ya modifikasi dari wafel kali ya. Bapel itu adonannya pakai ragi dan lebih lembut dari wafel...dan ada aroma ragi yang khas gitu.

Jadi ceritanya kemaren nemu cetakan bapel jadul gini..jadi pengen buat bapel sendiri di rumah...walaupun di pasar2 ya banyak ya..tapi kadang kok seret rasanya. Dan beneran..setelah aku buat sendiri..rasanya lebih enak.walau belum bisa maksimal cantik hasilnya..maklum panggangan baru nich.hihi..jadi musti di hafalin dulu lama manggangnya, kebutuhan panasnya..dll..biar hasilnya bisa cantik. Karena ini jenis panggangan yang mur mer..bukan model yang anti lengket kayak yang mahal2 tuch.

Jadi dech hujan2 makan bapel anget sama Yodha. Ketika ku tanya..enak Kak ?..cuma ngacungin jempol..karena mulutnya lagi makan bapelnya..hihi. Oke dech besok bikin lagi..biar hasilnya lebih cantik..sekarang mau ku catet dulu resepnya biar nggak lupa. Aku tadi pakai tepung kentang seduh untuk campuran adonan bapelnya..jadinya bafelnya itu lembut banget..enak..manis gurihnya..pas..! Tapi berhubung hujan deres jadi gelap banget jadi motret bapelnya ala kadarnyaa saja di dapur..^^

Bapel Kentang

Bahan :
2 butir telur
100 gram gula pasir
50 gram Tepung Kentang Seduh / Potato Flour, seduh air panas seckupnya hingga jadi kentang kukus yang lembut
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Garam 1/4 sendok teh
vanili 1/4 sendok teh
Santan kental 100 ml
Susu cair 125 ml
Ragi instan 1/2 bungkus
Margarin leleh 1 1/2 sendok makan

Cara membuat :
Campur kentang seduh, santan, susu, blender hingga halus, sisihkan
Kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang, masukkan tepung terigu, ragi instan, aduk rata.
Masukkan campuran kentang, santan, susu  sambil di aduk perlahan
Tutup adonan, diamkan 1 jam
Panaskan cetakan bapel, tuang adonan, tangkupkan
Panggang hingga matang

Tips :
Tuang wafel hingga penuh agar ketika di tutup kedua sisi bisa terbentuk motifnya. Tadi aku kurang banyak nuang adonannya..hihi..jadinya agak tipis bapelnya. Jika tidak ada cetakan bapel..pakai aja cetakan pukis..cara bikang dll.


12 comments :

  1. enak ya jadi yodha, maminya pinter masak tiap hari cobain menu baru trus. . pengen makan apa2 tinggal minta dan *taraaa* jadi deh yg di pengenin :-D
    harus lbih rajin lagi ni bljar masaknya biar bsok kalo dh pnya kluarga bisa jdi istri dan ibu yg jago msak kyak mbk Dii. . hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp ayuk semangat belajar masak dari sekarang mba..ntar pas nikah kan udah jago masak..hihi

      Delete
  2. Waaaaah...mupeeeeng sama cetakannya. beli di mana itu mbak? ada yang jual online kah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli di toko bahan kue deket rumahku mba..45 rb..tpi tggl satu itu..hihi..cb cari online ..mungkin ada..:)

      Delete
  3. Mbak DD mau ah jadi anak angkat hi..hi....hi, jadi kakaknya Yodha:-) habis di masakin terus sih:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba..nich Yodha udah suka ngemil dan makan..hihi..jadi tambah tinggi skrg..tp tetep belum bisa ndut..:D

      Delete
  4. Mbak Diah itu bapel aku suka banget drpd wafel yg versi londo...hihi ilat ndeso nih..^_^ Cetakannya bikin mupeng..muka pengen..hehe. Mahalkah mbak Di cetakan seperti itu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba..rasa bapel ki lebih menggigit ya..legit..hahah..Bahasa aneh lagi yo mba..:D

      Delete
  5. Mbak Diah, kemarin sdh tak coba resepnya, pake tepung kentang dari mbak. Berhasil! Lembut, enak. Saya pakai cetakan yg sdh lama punya, tapi lama tdk pakai dan model kuningan. Mama suka sekali kuenya.
    O ya, dlm resep ada yg ketinggalan mbak. Kapan masukkan garam, vanili dan mentega cair? Saya masukkan garam dan vanili setelah campuran kentang + susu + santan. Kalu mentega cair, saya masukkan sesaat akan dicetak. Sdh benarkah? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..udah bener..mksh koreksinya ntar ku update..:)

      Delete
  6. Mba diah, apa sih bedanya sama wafel?

    ReplyDelete
  7. Mb, tepung kentang bisa di ganti dg kentang kukus nggak?. Makasih sebelumx.

    ReplyDelete