Sunday, March 1, 2015

Oseng Godong Kates


Hihi..judul menunya Jowo bangat ya teman2..aslinya oseng daun pepaya ini ..kalau bahasa Jawa daun itu adalah godong..biasa di singkat *dong*..unik ya..hihi. Jadi masih ingat dulu ibuku kalau nanya kami..mau masak apa..sayurnya..kami bilang..oseng dong kates..oseng dong so, bobor dong mbayung dll. Nah..salah satu sayur favorit rumahan kami adalah oseng dong kates atau oseng daun pepaya ini. Wah..jadi kangen ibuku..jadi aku masak oseng dong kates ala ibuku saja dech. Oseng daun kates ala ibuku ini bumbunya komplet..dan berani bumbu. Pedasnya harus berani..harus pakai tempe semangit..hihi..pakai pete ( petai ) dan rese ( rebon kecil2 ). Tapi karena aku nggak punya resep tadi..aku pakai udang segar kecil2..tetep enak juga..malah lebih gurih.

Udang..itu adalah sumber natural umami ya teman2..atau rasa gurih alami..jadi coba saja goreng udang segar..pakai sedikit garam aja..maka rasa gurihnya akan muncul..sama seperti jika kita pakai penyedap masakan..tapi tentu saja lebih alami. Makanya udang juga jadi bahan penyedap alami..seperti terasi dan petis. Nah..udang segarpun bisa jadi penyedap alami masakan teman2..makanya aku selalu sedia udang segar di rumah..sekedar sebiji dua biji di campur nasi goreng atau mie goreng akan terasa lebih gurih alami.

Oke dech ini resep..sayur daun katesnya ya teman2..aku share aja..walaupun cuma menu ndeso yang sederhana..tapi enak untuk lauk nasi hangat..tambah ikan asin..atau tempe goreng..udah enak..apalagi tambah Ceker Kremes yang tadi ku posting..wah tambah enak dech..hihi...soalnya ya memang itu tadi menu kami hari ini. Oh ya..sebelumnya sedikit tips ya.mumpung ingat..tips agar merebus daun pepaya atau daun kates agar tidak pahit, yaitu di beri daun pegagan..daun yang merambat untuk pagar itu lho teman2..kata mbah2 yang jual daun pepaya rebus di pasar sich...hihi.soalnya aku ya jarang merebus sendiri daun pepaya..mesti beli udah rebusan..lha sekarang udah nggak punya pohon pepaya..soalnya..hihi. Wua..jadi kangen sayur pepaya mudah juga....hihi. Walah..melebar ke mana2 dech ceritanya..oke dech ini dia resepnya ya teman2..^^

Oseng Daun Pepaya

Bahan :
300 gram daun pepaya rebus, potong2
50 gram udang segar kecil 
50 gram tempe semangit, potong kotak ( optional )
8 buah mata petai, belah 2
8 buah cabai rawit merah, potong serong
5 buah cabai merah, potong serong
8 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 sendok teh terasi bakar
1 sendok makan gula merah
100 ml air
Garam secukupnya

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga harum
Masukkan udang, aduk hingga berubah warna
Masukkan cabai dan tempe semangit, aduk hingga cabai layu
Masukkan air, daun singkong dan semua bumbu lain.
Masak hingga meresap, koreksi rasa
Sajikan hangat


16 comments :

  1. walaupun ndeso tapi enak sayurnya mbak

    ReplyDelete
  2. Waah enak banget mbk di..biasanya dirumah suka bikin oseng pepaya muda sama bunga pepaya..yg ga kalah enak oseng jantung pisang mbk.hehe ibu saya jg sll pake ebi,rese dan terasi utk oseng biar mantap khas ndeso katanya..hehe

    Ifah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu mba..resep ibu kita sama ya..hihi

      Delete
  3. seneng klo gk pait :-P. . klo pait gk mauu. . :-D

    ReplyDelete
  4. godhong katesnya uenak tenan iki mbak :)

    ReplyDelete
  5. Oseng dong kates, oseng dong so.... kok sama yo mbak, di madiun dulu kami nyebutnya jg gitu. Ada lagi mbak Diah...oseng dong telo kaspe (oseng daun singkong). Wis itu sayuran nyamleng banget... sederhana tapi uenaaaak. Coba di tempatku ada yg jual dong kates rebus..wis tiap hari pasti masak oseng dong kates deh..hihi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoke godong2 an alias ramban enak ya mba..hihi,..di sana ndak ada yang juyal mba.aduch..sayang ya..di sini 2 rb dpt byk..hihi

      Delete
  6. Aku tau masak dwe, ngapet godong dewe! Njur dimasak rasane pahite rak njamah, tak buang.. :(
    Akhire tuku dong kates nug pasar, dimasak lagek enak. Wekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ita Mak..memang harus di tambah bahan2 lain biar nggak pahit..kalau merebus daun singkong..jarene pakai lemah lempung juga bisa mak..:D

      Delete
  7. mbk kok ditulisnya daun singkong sih ? bukan daun pepaya .

    ReplyDelete
  8. buat ngilangin pahitnya, waktu merebus godong kates ditambahin 'ampo' mbak...itu tanah liat yg sudah dikeringkan n bentuknya kayak batang kecil2 gitu...di tempatku belinya di penjual bumbu pawon di pasar, seplastik kecil Rp.2000. jadi ampo ini dimasukkan di air rebusan yg masih dingin, nanti setelah mendidih amponya akan larut n tinggal dimasukkan sj godong katesnya n rebus spt biasa. setelah empuk ditiriskan n dicuci di air mengalir..beres..mujarab banget ngilangin paitnya...kalo dah gitu godong kates ini dicocol sambel trasi gitu aja dah enak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mksh infonya mba..sayangnya di sini ndak ada yang jual ampo..hihi. Jd aku suka beli mateng udah di rebus aja daun katesnya :)

      Delete