Monday, March 23, 2015

Pesmol Ikan..Kurang Kunyit..Hihi



Di kulkas sudah nggak ada lauk tadi..belanja di budhe sayur nggak ada lauk tersisa..cuma ada ikan tawar kecil 1/2 kg..ya udah di ambil aja. Jadi ingat beberapa teman minta menu ikan kemaren2 ya..jadi aku niatin mau bikin pesmol ikan aja tadi. Eh..udah goreng ikannya..terus pas nyiapain bumbu2..lho..kok nggak ada kunyit..huhu..cuma tinggal 1 cm. Usut punya usut ternyata bumbu dapurku..kunyit dkk..di buang sama mba art ku di kira sampah..huhu.

Ya udah..terlanjur nyiapin bumbu2..dan bahan2 pesmol..masak ya mau ganti menu lain..ribet lagi..akhirnya..masak aja ikan pesmol kurang kunyit..hihi. dan beneran..setelah di foto..kurang genjreng kuningnya..huhu. Kalau rasa sich..tetep oke..doke..cuma penampilannya aja kurang kuning cerah gitu. Setelah habis sepiring nasi hangat dengan ikan pesmol yang sedep..baru ingat..bahwa..aku kan punya kunyit bubuk Alsultan..wua..telat ingatnya..udah habis..ikan pesmolnya, baru ingat..hihi.

Ikan pesmol..atau pesmol ikan..adalah menu khas Betawi ya...teman-teman. Kalau dari   komposisi bumbu sich mirip banget sama ikan acar kuning. Tapi tadi aku lihat resep di booklet resep-resep jadul..keluaran majalah selera...jadul punya mba Elmi yang di pinjamkan ke aku..ada pakai temu mangga bumbunya.. Nah..karena aku nggak punya..aku nggak pakai juga si temu mangga ini. Jadilah beneran mirip..sama acar kuning. Tapi di resep..nggak pakai gula..menurutku kok kurang sedep sedikit..jadi aku tambahin gula sendiri..hasilnya...lebih oke..dech.

Untuk masak ikan pesmol nich bisa ikan apa aja ya..teman - teman, ikan mas, gurame..nila..dll..bebas aja. Rasanya gurih..enak..dan sensasi nyeplus caba rawit dan bawang merah utuh itu..enak ..!
Ok..jika mau coba..ini dia resepnya ya teman - teman..jangan lupa jika mau kuning cantik pesmolnya..pakai kunyit sesuai di resep ini ya..tapi udah ku sesuaikan seleraku sendiri takaran bumbu2nya..^^

Ikan Pesmol

Bahan :
2 ekor ikan ukuran sedang
1 sendok teh garam
150 ml air
Rendam ikan di air garam, lalu goreng hingga kering
50 gram cabai rawit hijau
10 buah bawang merah ukuran kecil, biarkan utuh
1/2 sendok teh kaldu ayam
1 sendok teh cuka
1 1/2 sendok teh gula
Garam sesuai selera

Bumbu pesmol, haluskan :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
3 cm kunyit
2 cm jahe

Cara  Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan air dan bumbu lain, aduk rata. Masukkan ikan, cabe rawit, bawang merah utuh, kecilkan api dan masak hingga meresap. Terakhir masukkan cuka, koreksi rasa.
Sajikan hangat




8 comments :

  1. Syedeeepnyaaa...
    Pake nasi ngebul manteeeph....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..enak..sensasi krikit2 ikan..juga seru..:D

      Delete
  2. udah pengen banget mujair nila dari kemaren kemaren..nah, bisa pake menu ini nih.. biar ndak cuman goreng melulu ya mbak..

    ReplyDelete
  3. yag penting rasanya masih enak kan mbak walau kurang kunyit :)

    ReplyDelete
  4. hmm sepertinya enak nih,, Thank's Resepnya Mbak ??

    ReplyDelete
  5. Halu mbak, ikutan komen ah, sy biasa jadi silent reader neh, hehehe. Oot neh mbak, punya tips gak gimana nggoreng ayam atau ikan biar gak mledak2. maklum newbie pol urusan dapur, matur nuwun mbak Diah - eti -

    ReplyDelete