Friday, March 27, 2015

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang



Sate jamur tiram....menu baru buat Yodha..dan langsung jadi favorit dia. Kenapa baru ?..Ya karena baru-baru ini aja dia mau makan jamur dan langsung suka banget. Selain pepes jamur..dia suka sama sate jamur ini. " Enak banget ya Mi..lebih enak dari sate ayam..! "..kata Yodha. Duch..Kakak Yodha..kemana aja ?..Bukannya dulu udah sering Mami tawarin sate jamur..hihi. Setiap..ke Yogya juga sering banget makan di Jejamuran..nggak pernah mau coba sate jamurnya..eh..begitu tau rasanya..ketagihan dia..hihi.

Membuat sate jamur ini mudah banget teman- teman..dan murah meriah pula...tapi rasanya enak. Di pasar beli 10 rb udah dapat 10 kantong jamur seger - seger. Jamur tiram cukup di rebus sebentar, di suwir - suwir, di tusuk pakai tusukan sate, lalu di celup sambal sate, olesi kecap..udah..tinggal di bakar. Rasanya itu enak sekali..tekture kenyal kayak daging ayam dapet..rasanya juga tak kalah enak dari sate daging ayam. Bumbu satenya ..ya persis seperti bumbu sate ayam.



Jadi buat teman2..yang mengurangi konsumsi daging ayam..bisa nich..buat sate jamur tiram ini. Karena aku malas nyalain arang..aku pakai pemanggang sate listrik aja yang praktis..rasanya..ya tetep sateee banget..hihi. Lha wong bumbu sama..matangnya sama..rasa sama..yang jelas lebih bersih dan nggak repot nyalain arang..serta minus karbon ya..hihi. Tips jika ingin membuat sate jamur tiram ini..pilih jamur yang masih segar ya teman2..jadi masih kenyal tekturenya..warna putih bersih dan belum lembek..jadi nggak hancur atau lepas ketika di tusuk dan di bakar.


Oke..selamat mencoba.aku tadi buru2 Yodha keburu laper..jadi takaran bumbu nggak pakai di takar - takar..hihi..jadi koreksi rasa aja ya teman2..hingga pas sesuai selera manis gurih sambal kacangnya.

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Bahan :
500 gram jamur tiram
100 gram kacang tanah, goreng
200 ml air
2 cabai merah goreng
1 siung bawnag putih goreng
1 buah kemiri sangrai
1 sendok teh gula merah
Kecap sesuai selera
Garam secukupnya

Cara membuat :
Rebus jamur sebentar di air mendidih, tiriskan, suwir2 kasar
Haluskan kacang dan semua bumbu - bumbu, tambahkan air, masak hingga mengental, tambahkan kecap sesuai selera jika suka.
Koreksi rasa
Celup  sate jamur ke bumbu kacang, bakar hingga matang sambil di oles tambahan kecap jika suka.
Sajikan dengan irisan cabai rawit dan bawang merah mentah










9 comments :

  1. hiks...ga punya panggangan kyk mb diah..alternatif pake apa ya

    ReplyDelete
  2. Pake happy call bisa jg kan mba?

    ReplyDelete
  3. Izin coba resepnya ya mba.. bosan sama ayam :D gak kepikiran jamur bisa dibikin sate.. kreatif bgt mba ;)

    ReplyDelete
  4. Hari ini baru mau praktekin neh mba didi 😊

    ReplyDelete