Tuesday, March 17, 2015

Tahu Ungkep Pedas Manis


Menu ini sebenernya variasi lain dari bacem tahu teman2. Tapi biar beda, aku ungkep dengan bumbu komplet...plus nekat tambahin cabai rawit di bumbunya. ternyata enak lho..hihi. Jadi ada rasa gurih..manis dan seger pedes udah merasuk ke tahunya, .unik dan enak. Tapi karena bumbunya komplet..jadi penampilannya nggak sebersih dan secantik jika di bacem biasa..jadi kita namakan tahu ungkep pedas manis aja ya teman2.

Kalau bacem tahu itu  kalau aku harus coklat warnanya..nah..karena kemaren nggak punya gula merah yang warnanya coklat tua..pas mau bikin bacem udah pesimis aja..pasti nggak bisa coklat. Akhirnya aku reka2 aja jadi menu lain. Dan jadilah menu baru ini. rasanya..enak banget lho ternyata..buat penyuka pedas..pasti suka..nggak perlu nyeplus cabai rawit lagi..karena tahu gorengnya udah semriwing pedas..hihi.

Tips memilih tahu yang mau di bacem atau di ungkep gini..lebih enak pakai tahu pasar ya teman2..karena empuk dan bisa menyerap bumbu2 hingga merasuk ke dalam tahu. Tapi kelemahannya juga ada..tahu pasar ini kadang terlalu empuk, jadi suka hancur jika di rebus. Nah untuk mengatasinya..kukus dulu tahu selama 15 menit sebelum di ungkep, lalu dinginkan hingga set terlebih dahulu dan kandungan airnya berkurang, baru dech di ungkep sama bumbu.2..pasti dech nggak bakal hancur.

Untuk membuat tahu bacem atau tahu ungkep begini lebih legit dan enak..jangan lupa pakai air kelapa ya..nggak perlu yang muda..air kelapa tua tuch di pasar..banyak..tinggal beli aja di penjual kelapa di pasar..kadang2 malah suka di kasih gratis. Nah..minta aja banyak sekalian air kelapanya kalau di kasih gratis ya teman2..haha..*Mak Irit..!...Soalnya air kelapa itu awet di simpan di freezer, jadi sewaktu2 mau masak ayam atau buat bacem..tinggal di cairkan dech dari freezer.

Oke..ini dia ya resep tahu ungkep pedas manisnya ^^

Tahu Ungkep Pedas Manis

Bahan :
10 buah tahu
800 - 1000 ml air kelapa ( sampai semua tahu terendam )
75 - 100 gram gula merah ( sesuai selera manisnya )
1/2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera 
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah
3 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Masukkan tahu, dan semua bahan lain ke panci. tutup, ungkep dengan api kecil hingga kuah menyusut dan hampir habis. Jangan lupa sesekali koreksi rasa..kurang garam  atau gula tidak..hingga sesuai selera gurih manisnya. Tiriskan tahu, biarkan dingin
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga kecoklatan
Sajikan hangat

Tips :
Jika mau lebih meresap, ungkep tahu malam hari sebelumnya, lalu goreng keesokan harinya..makan bumbu2 akan semakin meresap ke tahu.


3 comments :

  1. ternyata rasanya beda ya mbak kalau sudah di rendam air kelapa. Aku sih baru nyobain merendam ayam, nanti dicobain rendem tahu deh

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mba Diah..... Aku baru kelar masak kentang mustofa spt resep yg kmrn mba Diah kasih, eh skrg ada resep baru lagi, wajib dicoba nih....kayaknya enak nih makan nasi hangat pake kentang mustofa n tahu ungkep pedas manis....

    ReplyDelete
  3. pengalaman pertama bikin tahu bacem..tahunya sampe leduk alias hancur...hiks.
    trims ya tipsnya..jadi tahu kudu dikukus dulu biar kuat..hihi.
    ok deh siap siap bikin nih!!

    ReplyDelete