Wednesday, March 11, 2015

Ketoprak Bumbu Petis


Pengen makan sesuatu yang beda gitu tadi buat makan siang...karena buat sendiri..jadi bisa bereksperimen resep2 yang beda. Kalau aku serba doyan soalnya..hihi...makanan yang nggak sesuai pakem. Beda sama suami dan Yodha..yang suka protes misal..sayur ini nggak cocok..sama lauk itu..hahah. Jadi buat mereka yang masak lain lagi nanti sore. Kalau ibu ibu mah..pakai sambel aja..ayook makan..kalau para suami dan anak ya belum tentu mau ya teman2.

Jadilah aku tadi pengen coba sambel petis siap makan yang aku jual..apakah enak juga jika di buat bumbu. Karena sambal ini udah matang..udah berbumbu pedas manis enak banget. Tapi banyak teman2 yang beli nanya, apakah sambal ini cuma bisa buat makan gorengan..buat bikin tahu petis aja. atau bisa buat masak ?..Baiklah...akhirnya ku coba..dan hasilnya..enak..pakai banget. Rasa petisnya tetep nendang dan membuat bumbu kacang semakin enak dan sedep. Jadi kesimpulannya biarpun sambel petis matang..tapi enak juga di buat bumbu teman2. Selain buat bumbu kacang ini..juga bisa untuk numis kangkung dll. Tak kira ya enak juga ya. Besok aku buktikan ya..buat numis kangkung atau sayur lain.

Jadi..sambal petis pedas siap makan ini..memang salah satu andalan petis jualanku. Rasanya itu enak dan nggak terlalu amis..karena di buat dari udang segar, tepung terigu dan bumbu2..yang di masak lama hingga mengental. jadi warna petisnya itu coklat kehitaman alami. Bahannya juga bukan cuma kulit atau kepala udang seperti petis2 yang kw gitu...tapi daging udang segar. Sambal petis yang ku jual ini kental dan awet 1 tahun. Walaupun aku kalau jual..nggak pernah tahan lama..karena cepet habis..hihi. Jadi..jika udah habis..akan di buatkan sambal petis baru sama supplierku..jadi bener2 fresh..baru di masak..bukan stock lama yang ku jual ini teman2..petisnya. 

Jadi, petis bumbu yang ku jual ini..rasanya itu enak..udah nggak perlu di bumbuin lagi..tinggal di colek pakai gorengan. Di kemas dalam cup tebal seperti ini sambal petisnya. Alhamdulillah hampir semua yang beli petis ini dariku pada suka..cuma ada juga satu dua teman yang bilang.." Enak mba..sayangnya pedas "..hihi. Ya memang..aku udah order yang nggak pedas ke supplier..tetep nggak bisa..karena udah biasa buat pedas..takut beda rasanya..katanya. Jadi..benar2 konsisten nggak mau merubah resep supplier petisku ini. dan memang..aku selalu cicipin jika datang stock baru..rasa enaknya tetep..stabil..jadi memang udah beneran menjiwai bikin petisnya..hihi.


Nah..hari ini sudah ku buktikan nich..bahwa sambal ini enak juga buat campuran bumbu kacang..seperti aku buat ketoprak Betawi ini. Sumpeh dech.." I'm not joking..this is..delish..! " *hihi..ikut2 an Yodha kalau muji masakanku..lha dia..ikut2 an mba Halley Duff lagi..jadi bumbu kacangnya itu tambah sedep sekali teman2. Dan aku yakin ini akan enak juga buat campuran sambel pecel..tahu telur, dll..sambel petis siap makan ini. Cobain dech buat teman2 yang kemaren order petis dariku dan masih punya stock di rumah..di jamin enak..hihi.

Okey..ini dia resep ketoprak bumbu petisnya ya teman2..aslinya saus kacang untuk ketoprak sich nggak pakai petis ya..tapi aku modifikasi sendiri dengan ku coba tambah petis di bumbunya..jadi makin sipp dech saus kacangnya. Petis yang di pakai buat bumbu, bisa di pakai petis lain juga sesuai selera ya..atau mau order petis sambal ini dariku..ya boleh banget..hihi.

Ketoprak Bumbu Petis ( Untuk 2 porsi )

Bahan :
Bihun 100 gram, seduh air mendidih hingga lemas dan matang, tiriskan
Tahu goreng 2 biji, potong2
Lontong, taoge, bawang goreng, kerupuk kanji secukupnya

Bumbu Kacang :
50 gram kacang tanah, goreng hingga matang
3 cabai rawit merah, 1 siung bawnag putih, goreng
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok makan Petis Sambal ( atau petis lain jika tidak ada )
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
Air panas secukupnya

Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal hingga halus, tambahkan air panas secukupnya sampai tingkat kekentalan sambal yang di inginkan. Koreksi rasa udah pas belum sesuai selera manis asinnya.
Susun bahan ketoprak di piring, tuangi sambal kacang. Sajikan segera
Yummy..!





12 comments :

  1. enaknya..lap iler dulu mak...hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku dah coba duluan Mba, waktu itu orderan nyampe rmh langsung bikin tahu telor pake petis ini hihi..enak ko, sisanya tak makan pake tahu goreng.. sedaap..jd ga perlu ke Semarang deh klo mau makan tahu petis
    -Shinta.swid80-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Shinta..wah kreatif..iya besok aku mau buat rujak cingur pakai petis ini mba..hihi

      Delete
  3. Rasanya jadi kayak Tahu Telor ya, Mbak hehehe. Penasaran jadinya rasanya begitu ga ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lia mirip..enak bingits..hihi

      Delete
  4. kalau mau nge print dimana ya mba, kalau dl ada tulisan print nya gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik tombol share ada tulisan print mba..tapi nich masih di benahi terus..web nya ya..:)

      Delete
  5. Wuuaaaaa,,, mba Diah bikin ketoprak bumbu petis gini jadi ingat kampung halaman ku mba, Soalnya dikampung tuh ada tetangga yang cuma jual "gado-gado" disaat bulan ramadhan aja, selain bulan puasa dia g jual, nah uniknya di Bumbu kacangnya itu dikasih campuran petis gitu mba,,, asli emang enaaaaaak banget ya mba bumbu kacang dicampur petis gini, kalau tetangga saya itu biasanya pakai sayur genjer gitu mba, jarang2 bisa makan genjer xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tina..enak banget petis di campur sambel kacang ya..aku jadi byk list yang mau ku buat,..mau bikin pecel petis..gado2 petis..hihi..tak coba semua besok yang bumbu2 kacang gt..atau siomay petis kali ya juga enak..hahah

      Delete
  6. iya sdh coba yg share , print..malah komen komen ikut ke print maunya yang tulisan resepnya aja yang ke print, moga webnya tambah ngetop..

    ReplyDelete
  7. Tahu tek juga enak mbak pake petis ini.. krn d mks lg menjamur pejualan tahu tek.. sy sempat nanya sm penjualnya apa petisx bisa d beli atau tdk ktx g d jual.. aiih sedihx.. padahal yg bikin tahu tekx endos yah petisnya itu.. harga petisnya brp mbak?-

    ReplyDelete