Tuesday, March 10, 2015

Sambal Korek & Tempe Goreng



Menu darurat paling enak sedunia nich teman2..haha. Dengan catatan..perut udah keroncongan..dan nggak ada lauk lain...lol..! Tapi memang enak kok...sambel korek mentah..di pakai buat cocolan tempe goreng yang gurih..super..enak. Misal di rumah cuma ada lauk telur atau sambal korek tempe goreng gini aku ya pilih ini dech.

Tadi ceritanya siang lupa sarapan karena sibuk..tau2 kok jam 11 udah keroncongan dech laper melanda..mau makan sayur bersantan2 lagi kok rada males..akhirnya beralih ke goreng tempe aja..sama nyambel. Ada sambel bandeng juga sich di rumah..dari umkm binaan suami..kemaren kasih sample..tapi tetep..niat hati pengen makan sambel korek mentah..alias sambel bawang putih yang mentah, jadi lebih nendang pedasnya..hihi.

Cara membuatnya..mudah saja..cabai rawit merah 6 buah ( atau sesuai selera dech pedasnya ), bawang putih satu biji ukuran kecil aja ya..tajam soalnya aroma bawang mentah nich, terus di ulek..kasih garam dan gula pasir sedikit..sesuai selera..di cicip aja hingga pas ya..sesuai selera. Udah..tinggal di cocol ke tempe goreng..hihi. Buat yang nggak suka langu aroma cabe mentah..boleh di perciki minyak panas sedikit sambelnya..nanti langu cabenya..hilang dech. Ada juga yang suka sambel mentah gini di kasih sedikit kencur, teurs di tempenya di ulek kasar sekalian di sambelnya..jadi dech sambel tempe bumbu kencur. Pokoknya menu sambel Indonesia itu paling keren dech..banyak sekali variasinya.

Nah..aku jadi tergelitik..sebenernya sambel korek atau kosek itu sama tidak ya teman2 ?..hihi. Kalau setauku..sambal korek tuch karena buatnya cepat..cabe rawit mentah dan bawang tinggal di korek2 aja di cobek..jadi..hihi. Nggak perlu halus nguleknya ndak masalah..kan cuma di korek-korek..hahah. Istilahnya..aneh bener..! ^^

Kalau sambel kosek ?..Ya sama kali ya..tinggal di kosek kosek-kosek di cobek..hihihi. Tau dech,...yang jelas ada yang nyebut sambal korek..sambal kosek..atau sambal apa..ya jelas sambal bawang mentah..gitu aja ya. Beda lagi sama sambal bawang lho ya..kalau sambal bawang itu pakai bawang merah banyak selain bawang putih, sambelnya mateng itu karena di tumis ya teman2. Biasa untuk makan udang goreng krispi..jadi namanya sambal nasi udang. Kalau mau buat sambal bawang matang..silahkan klik di SINI..aku juga udah pernah buat dulu.

Tapi apapun namanya.aku memang paling suka sambel mentah gini jika untuk makan ayam goreng , ikan goreng..dll..lebih nendang dan seger rasanya. Nah..lho..sambil nulis..udah makan padahal..kemecer lagi nge bayangin sambel korek..hihi.

Ah..udah ahh..nanti bisa2 aku nyambel korek lagi teman2..sekedar iseng tadi motret sambel koreknya..ya udah di posting aja...^^

14 comments :

  1. Lbh mantaff lg d kucuri jeruk limau mbak

    ReplyDelete
  2. Yang mentah juga enak kok mbak...lebih pedas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba..lebih nyegrak pedesnya..hihi

      Delete
  3. klo saya di Tasik sambel telenyeng mba..'sama bahan n caranya cuma bawangx pke bawang merah saja...oohh jd ini yg namax sambel korek. tmn sy yg org jawa sni selalu bilang itu tpmpas ditanya resepx gak tau krn dibikinkan mertuanya,heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..sambal korek..sambal kosek..sama aja..:)

      Delete
  4. haduuh..itu dari tempe..sambel..cobek..sama daunnya (eh, itu kemangi bukan ya) semuanya menggodaa..sayang di pekanbaru nggak ada tempe yg dibungkus daun satu persatu gitu..kan lebih gurih ya rasanya :(

    ReplyDelete
  5. Klw aku sukanya pake terasi yg dibakar sudah gitu siram minyak pasanganya cah kangkung..lezaat..:)

    ReplyDelete
  6. kalo nasinya anget,dua piring kurang kali ya mba :D

    ReplyDelete
  7. mbak diah, di web barunya kok ga bs buka new tab ya?apa emg dibikin kek gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mba..gak mudeng malah..:D

      Delete
  8. Mba Nisrina..mksh mba :) wah iya..paling enak tempe bungkus daun mba..:D Mba fitri..iya..kadang2 suka pakai terasi juga mba..:)
    Mba Indah..iya mba..hihi

    * maaf barengan balesnya ya..lemoot internetnya..hihi...*

    ReplyDelete
  9. klo smbel gni mah buat mkan apa2 enak mbk.
    tadi pgi goreng geblek, di cocol pke sambel korek tapi cabe ijo. . mangstab rasanyaa :-D

    ReplyDelete
  10. Ngebantu bgt mba blognya..disaat lg nyari jenis sambel yg prnah aku mkan ky apa, ini mirip bgt ga pke bawang merah..

    ReplyDelete