Tuesday, March 24, 2015

Wedang Kacang Tanah


Wedang Kacang..mungkin banyak dari teman- teman yang baru mendengar nama minuman unik ini ya. Yapp..memang ini adalah menu minuman tradisional yang udah agak langka..khas beberapa daerah di Jawa Tengah..salah satunya di Semarang. Mungkin di daerah lain seperti di Solo..juga ada sepertinya wedang kacang tanah ini. Tapi beberapa resto terkenal di Semarang yang menunya banyak menu otentik tradisional khas Semarang menjadikan menu wedang kacang ini sebagai menu minuman otentik khas Semarang. Selain di resto - resto..di beberapa tempat warung wedangan khas Semarang juga masih ada beberapa yang menjual wedang kacang tanah ini.

Wedang kacang tanah adalah minuman..terbuat dari kacang tanah kupas yang di rebus lama sekali..hingga citarasanya itu lembut. Bukan sekedar empuk seperti kacang tanah rebus lho ya..tapi bener2 bisa lembut dan lumer di mulut ketika di seruput bersama kuahnya. Kalau aslinya mungkin harus di rebus lama sekali ya..hingga bisa tekturenya empuk dan lembut seperti ini. Tapi ..kalau aku buat..pakai cara yang mudah saja..hihi. Ada dua cara mudah untuk membuat wedang kacang tanah..cara pertama adalah dengan slow cooker..seperti yang aku buat ini. Jadi aku masukkan kacang tanah dan air, ke panci slow cooker..sekitar jam 12 malam, colokkan ke listrik, sudah jadi dech pagi - pagi tadi sudah empuk dan lembut kacangnya. Setelah kacang matang dan empuk, tinggal di beri santan, garam dan gula sesuai selera. Jika tidak ada slow cooker..pakai saja panci presto, masukkan kacang tanah kupas dan air, presto hingga empuk dan lembut. Lalu tinggal di tambah santan dan gula serta garam.

Wedang kacang tanah ini pakainya kacang kupas ya teman - teman..nggak perlu repot-repot juga ngupas kacang sendiri kok..banyak sudah di jual di pasaran ya..atau di supermarket. Tapi pilihlah kacang lokal yang manis citarasanya..agar rasa wedang kacang tanahnya juga masih ada citarasa manis alami dari kacangnya. Aku beli di tbk tempatku kacang kupasan..lokal..jadi enak sekali di buat wedang kacang tanah ini. Kalau kacang tanah kupasan impor itu yang besar2..suka ada rasa *sepo* atau hambar gitu ya..rasanya..mungkin karena udah lama produksinya..atau memang   jenis kacangnya yang berbeda.


Oke dech..buat teman - teman yang suka wedang hangat-hangat khas Indonesia..mari silahkan di coba ya resepnya. Rasanya..enak..lembut..kacangnya..gurih kuahnya..karena di tambah santan yang berpadu aroma manis sari kacang tanahnya..enak sekali di nikmati di cuaca dingin seperti ini...lumayan buat teman begadang lembur..atau di nikmati pagi2,, jadi nggak ngantuk dech..:).. Selamat mencoba teman- teman..^^

Wedang Kacang Tanah

Bahan :
150 gram kacang tanah kupas
1000 ml air
50 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/2 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
100 ml santan kental segar 

Cara Membuat :
Masak kacang tanah kupas dan air, dengan slow cooker 6 jam atau panci presto jika ingin lebih cepat dan praktis, hingga kacang tanah empuk dan lembut tekturenya.
Tuang ke panci lain, tambahkan gula, garam, daun pandan, santan. Masak hingga mendidih sambil di aduk agar santan tidak pecah.
Koreksi   rasa, manis gurihnya.
Sajikan hangat.


Menu wedangan lain yang sudah pernah aku posting, mungkin bisa jadi menu pilihan minuman penghangat di cuaca dingin seperti ini, silahkan klik judul - judul resep minuman berikut :


14 comments :

  1. bru denger malah mbk. . unik yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..udah lumayan jarang sich yang jual..soalnya buatnya memang lama..jk di rebus biasa..:D

      Delete
  2. Replies
    1. Iya mak..enak2 ya makanan Semarang..:D

      Delete
  3. q baru setahun tinggal di semarang baru tahu ada wedang kacang tanah mbak. pernah nyobain sekali karena penasaran. eh tyt enak juga. hehehe. Di solo engga ada sih wedang kek gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Solo..ada dong mba..pernah ke Keprabon belum..pusat kuliner malam..di sana ada yang jual wedang tanah yang terkenal..sering di liput di media juga..:D Baca sini ya jk belum tau..:) http://m.tabloidnova.com/Nova/News/Peristiwa/Jajanan-Solo-yang-Bikin-Kangen-2

      Delete
    2. waa...q malah blm tau mbak di keprabon ada. blm pnh nyoba kulineran disana. makasih infony hlo mbak.bsok2 tak nyobain kesana

      Delete
  4. mbak diahhh design websitenya baru...selamat ya mbak diahhh...semoga tambah barokah ilmu dan rejekinya ...aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh mba Lupna..iya biar ganti suasana mba..:)

      Delete
  5. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  6. Nice shares anw..
    Pengen coba bikin, tp ternyata lama ya rebus kacangnya :(

    ReplyDelete
  7. Nice shares anw..
    Pengen coba bikin, tp ternyata lama ya rebus kacangnya :(

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. mba ad saran ga, biar fisik dari kacang tanahhnya tetap putih, soalnya saya masak beberapa kli bisa putih tp kebanyakan sih hasilnya pucat gt. oh ya saya masak pake panci presto selama 1jam'an dan pernah pake 2 versi , 1 saya rendam semalaman, 2ga di rendam. hasilnya sama tu agak oucat kecoklatan. ad saran ga? . oh ya untuk pemilihan kacang tanah tu saya sudah pilih yg lokal kupasan itu kata penjual kcangnya sih, tp gmn ya cara bedain kacang lokal ama import. thanks mba

    ReplyDelete