Monday, March 2, 2015

Pastel Isi Tumis Soun & Jamur

 


Tadi iseng ngabisin bahan seperti jamur kuping..ayam yang tinggal dikit..aku buat tumisan saja. rencana awal mau buat lumpia segitiga isi tumisan soun dan jamur ini..eh kok males ndadar2..ya udah bikin untuk isian pastel aja. tetep enak dan malah unik rasanya. Kalau biasanya aku kan bikin pastel suka isi ragout kentang dan wortel..nah kali ini  di isi tumisan soun dan jamur ini ternyata juga enak sekali. 

Membuat kulit pastel itu mudah saja..cukup aduk2 bahan bentar, jadi dech. Jika nggak punya gilingan mie..pakai rollin pin aja dari kayu tuch bisa juga..nggak punya juga..pakai gelas..nggak punya juga gelas, pinjam tentangga aja..hihi. Jadi...bikin pastel itu mudah banget..milin2..juga nggak usah pakai cetakan..malah ribet dan lama ngepas adonan ke cetalan..pilin aja pakai jari jemari kita..malah cakep hasilnya..hihi

Kulit pastel favoritku adalah yang nggak pakai telur..karena awet renyahnya..juga irit juga kan teman2 nggak perlu pakai telur. Jika mau jerawatan alias suka pastel yang totol2..pakai air hangat dan masukkan ke minyak yang sudah benar2 panas, makan akan totol2 berjerawat dech pastelnya. Cara mengadoni adonan kulit pastel, jangan di uleni ya teman2..nanti jadi alot karena glutennya terbentuk..cukup aduk ringan saja..agar kulit pastel bisa empuk dan renyah.


Ok..selamat mencoba ya..jika suka pastel..ini dia resepnya..^^
Pastel Isi Tumis Soun & Jamur

Bahan isi :
50 gram jamur kuping, rebus sebentar di air mendidih hingga mekar, iris tipis
50 gram daging ayam cincang kasar
1 bungkus kecil soun, seduh air panas hingga lemas, potong
1 buah wortel potong dadu kecil, rebus sebentar
1 batang daun bawang, iris halus
1/4 buah bawang bombay, iris tipis
2 butir bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam, optional ( aku pakai Alsultan )
Garam secukupnya
1/2 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay hingga harum dan matang, Masukkan ayam, aduk rata. Masukkan wortel, dan semua bahan serta bumbu lain. Aduk rata dan tumis hingga meresap.
Koreksi rasa hingga rasanya gurih sedikit manis, pas sesuai selera, sisihkan dan biarkan dingin.
Kulit pastel renyah :
100 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok gram
1/4 sendok kaldu bubuk
15 gram margarin
35 ml air hangat

Cara membuat kulit pastel:
Ayak terigu, garam dan bumbu kaldu, masukkan margarin, aduk sampai berbutir. Tuang air hangat sedikit demi sedikit, aduk sampai bergumpal. Gilis tipis. Adonan siap digunakan .

Penyelesaian :
Ambil 1 kulit pastel yang sudah di bentuk bulat, isi bahan isian secukupnya.
Goreng hingga matang
Sajikan hangat.


17 comments :

  1. comot satu, eh sekalian cabenya juga ya mbak. boleh kan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mari Mak..silahkan..lumayan ini buat pengganti maksi..hihi

      Delete
  2. mbk. .bagi donk. . *nyodorin piring*

    ReplyDelete
  3. Mba DD :).....
    Kalau bikin kulit pastel dengan resep ini, apakah bbrp jam kemudian jadi tidak "kres" lagi kulitnya? Karna bbrp waktu lalu saya praktekkan, sudah beberapa jam jadi mlempem kulitnya, walau rasanya sih tetap wenaak... atau karna di"ungkep" di wadah kedap udara? Terimakasih atas pencerahannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya basah atau kering mba..jk isinya basah..otomatis stlh bbrp jam ya jadi nggak kres lagi. Jk di taruh di kedap udara steleah pastel dingin ya mba..:)

      Delete
    2. Isinya hanya tumisan soun dan wortel saja Mba D :) Oya mungkin juga pas masih hangat udh saya masukkan ke wadah ya. next time coba lagi. :)

      Delete
  4. mbk Dii. . tombol SEARCH nya kok gk ada ?
    trus klo mw nyari2 gmna ?
    ato krna aq pake hp jadi gk adakah ? ato emang gk ada ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aada mba...di pojok kanan atas itu lho yang tulisan search..hihi

      Delete
  5. setiap mampir ke sini pasti deh pengen coba ini itu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sipp mba...ayukk di coba semua buat keluarga di rumah..:)

      Delete
  6. memang bisa ya mbak kalo cuma diaduk tanpa diuleni? margarinnya perlu dilelehkan dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs di aduk ringan aja hgg bergumpal :)

      Delete
  7. Mbak Diah satu resep jadi berapa pastel ya? Makasih ya mba..

    ReplyDelete
  8. Mbak Diah satu resep jadi berapa pastel ya? Makasih ya mba..

    ReplyDelete
  9. Mksh mbak diah kulit pastelnya krispyyy bgt

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mba Diah
    Saya beberapa kali catat resep mba. Izin save ya. Yg cireng buat jualan tapi saya modif dikit. Terima kasih ya, mba :)

    ReplyDelete