Saturday, March 21, 2015

Icip Icip Menu Ala Kopitiam Di Madam Huang's Semarang


Weekend...waktunya icip - icip kuliner baru ya teman. Pas kebetulan tadi seharian ada acara..siang menjelang sore tadi kita mampir ke Madam Huang's..yang ada di Grand Edge..jl.Sultan Agung Semarang. Grand Edge ini nantinya merupakan hotel  dan food arcade yang berlokasi masih di Semarang atas...yang akan segera opening. Jadi memang nantinya akan jadi salah satu sentra kuliner modern di daerah Semarang atas. Nah..salah satu resto yang sudah buka di sana..dan kalau lewat itu kok sudah keliatan selalu ramai pengunjung adalah Madam Huang's ini. Jadi penasaran ingin mencoba mencicipi menu2 di sana dech. Kebetulan lokasi madam Huang's ini memang strategis, berada di depan food arcade Grand Edge nya..jadi tempatnya enak juga buat santai dan nongkrong.

Yang menggelitik rasa penasaranku adalah nama Madam Huang's ini..unik sekali ya teman - teman. Dengan tag line..authentic kopitiam kitchen. Kopitiam..mungkin buat kita yang tinggal di Jawa kurang familiar dengan istilah tersebut ya teman - teman. Waktu tadi ke Madam Huang's...dan kebetulan sempat ngobrol dengan mas Ari dan mas Thomas, beliau - berdua ini adalah owner Madam Huang's cabang Semarang ini..jadi nambah ilmu banyak dech. Dan ternyata, restonya itu memang nggak berkonsep seperti resto *fine dining* atau resto resmi gitu. Jadi konsep dapur Madam Huang's ini..adalah resto ala kopitiam modern,  yang menyediakan menu lengkap..dari menu sarapan, menu makan siang dan menu makan malam..tapi menu - menu simple dan bisa tersaji dengan cepat. Makanya..konsep kopitiam ini sangat cocok..jika lokasinya berada di mall atau food arcade seperti di Grand Egde ini. Madam Huang's Semarang ini...merupakan salah satu cabang dari Madam Huang's Jakarta..yang baru buka cabang di Semarang sejak bulan Maret kemaren ini. Tapi pengunjungnya sudah lumayan ramai lho setiap harinya.

Karena tergelitik apa..sebenarnya arti kopitiam itu..jadi buka - buka google dech tadi. Karena selama ini sering denger istilah kopitiam..yang aku kira dulu adalah brand sebuah resto atau coffe shop. Dan berikut penjelasan tentang kopitiam itu. Jadi..Kopitiam adalah kedai  kopi dan sarapan tradisional di Malaysia dan Singapura. Di Indonesia, kopitiam terutama banyak terdapat di kota Batam, Medan..Jambi dan beberapa daerah lain di Indonesia. Istilah Kopitiam berasal dari gabungan kata kopi ( bahasa Melayu ) dan kata tiam (εΊ—) yang berarti kedai dalam bahasa Hokkian. Selain kopi, teh, makanan yang disediakan adalah beraneka ragam sajian sederhana, seperti telur rebus, roti bakar dengan  selai Srikaya...dll...yang lebih banyak menyediakan menu - menu sarapan. Hingga akhirnya di kota kota besar..karena kebutuhan makanan cepat saji yang bisa di nikmati untuk makan siang atau makan malam dengan waktu yang terbatas, lahirlah konsep kedai kopitiam modern..yang tidak hanya sekedar menyediakan kopi, atau menu sarapan saja...tapi juga menyediakan menu - menu untuk makan siang dan makan malam.

Konsep itu lah yang di adaptasi oleh Madam Huang's ini, jadi memang menu - menunya itu otentik ala kopitiam, tapi konsepnya lebih modern dan tempatnya lebih nyaman, seperti coffe shop modern, namun juga sekaligus sebagai tempat makan.



Kelebihan dari Madam Huang's ini adalah jam bukanya..pagi..jam 7 pagi udah buka lho..jadi..pas banget..jika mau sarapan sambil ngopi..dengan waktu terbatas, bisa mampir dulu ke sini. Apalagi menu cemilan ringan andalan di sini yang cocok untuk menu sarapan, salah satunya yang banyak di minati pengunjung adalah   toast...atau roti bakar tradisional ala kopitiam jaman dulu...yang di isi aneka selai, seperti srikaya, selai kacang, coklat dll. Rotinya itu khas..tebal..enak lembut..bukan cuma roti tawar biasa, tapi memang roti tawar ala homamade gitu. Yodha suka dech..nich baru mau di potret tadi toastnya..udah pengen nyomot aja dia toast nya..hihi.



Tapi walaupun berkonsep kopitiam modern, di Madam Huang's ini menu - menu makanan berat atau ringan juga banyak pilihannya..jadi praktis..sambil santai..nongkrong..jika lapar tinggal pesan makanan berat yang tersedia. Beberapa menu andalan  di Madam Huang ini antara lain Nasi Goreng Cakalang...yang asli di datangkan dari Manado cakalangnya. Sayangnya tadi pas habis nasi goreng cakalangnya..jadi sebagai gantinya kami coba menu Nasi Lemak..ala Malaysia. Seperti ini nich penampilan Nasi Lemak ala Madam Huang's. Nasi Lemak adalah nasi gurih bersantan yang di sajikan dengan lauk pauk komplet, ada kari ayam, kacang goreng, ikan teri goreng, telur dan tak ketinggalan yang jadi salah satu khas lauk nasi lemak..adalah sambal belacannya.


Kalau ini..menu steak ala Belanda...steak ayam  berlapis tepung panir renyah..di padu..saus khas otentik ala Madam Huang's yang ringan dan segar. Di sajikan dengan nasi dan keripik kentang.



Selain menu2 makanan berat seperti di atas, ada juga menu ringan seperti siomay dan batagor. Tadi kami juga mencoba batagornya..enak..empuk lembut..terasa ikannya. Tahunya juga enak berkualitas....dengan saus kacang khas Madam Huang's yang unik dan beda dari saus kacang biasa.


Untuk minumannya yang khas..tentu saja aneka kopi ya..tapi selain itu juga banyak pilihan menu minuman lain. Seperti Jus jeruk Kietna yang unik ini...yang khusus di datangkan dari Medan. Rasanya..seperti perpaduan jeruk dan asam Jawa..seger...! ^^


Oke dech..jadi nambah ilmu, wawasan dan citarasa baru dech dari aneka menu yang di cicip hari ini di Madam Huang's..semoga bisa bermanfaat juga ya buat teman - teman..review singkat tentang Resto Madam Huang's ini. Jika teman - teman..yang tinggal di Semarang...mau mencoba menu - menu ala Kopitiam yang otentik..bisa mampir ke  sini...alamatnya ada di food arcade Grand Edge, Jl. Sultan Agung no 96, Semarang...lokasinya berada di Semarang atas yang nggak begitu crowded..jadi enak buat santai dan nongkrong bareng teman - teman atau keluarga..apalagi nanti jika hotel dan food arcade Grand Edge nya sudah beroperasi, pasti nanti akan semakin ramai suasananya.








14 comments :

  1. Mba, mau dong pesan tepung bakso n kentang nya, tolong email harganya ke dewisaputri_emir@yahoo.co.id Tq ya mba,,

    ReplyDelete
  2. Suasana tempatnya asik ya mbaa, pengen nyobain jus Kietnanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.kopitiam modern...enak buat santai dan ngobrol2 bareng keluarga dan teman2...lokasinya juga strategis..mudah di jangkau..:)

      Delete
  3. Ajak saya ke sana ya mbak DD:-) Aduh ada comment tepung baso tolong mbak klu ngirim ke sini bisa gak ya pingiiiiiiin bingit lho :-) Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bs mba..adakah temen Mba yang mudik..ntar ku krm ke alamat Indo gt..? :)

      Delete
  4. searching soal toko tong hien yang kebakar,
    e malah nyasar dimari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..iya ya..ruko kebakaran kmrn ya..:)

      Delete
  5. bukanya pagi juga ya jam 7, cocok buat yang mau cari sarapan juga

    ReplyDelete
  6. Bunda diah, blog bunda sama blog aku samaan kan ? Nah kita tukeran link yuk ? Jadi temen-temen disini mau nyari resep disini tapi belum ada kebetulan di blog aku ada, gitu juga sebaliknya :) gimana bunda... ?

    ini blog lia, mungkin bunda udah tahu blognya. Nih blog lia http://www.posresep.com, maaf jangan dihina ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Aulia..mohon maaf ya..belum bisa tukar2 link..web ini memang di design clean karena dari pihak2 sponsor tidak memperkenankan memasang link2 lain..semoga mengerti ya..terimakasih,

      Delete
  7. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  8. Saya blm pernah makan di kopitiam, ternyata macam menunya banyak ya mbak. Klo ke semarang mampir ah

    ReplyDelete