Sunday, March 15, 2015

Jajanan Jadul


Maaf ya teman2..dua hari libur masak..nggak ada apa2 sich..tapi lagi sibuk aja beres2 rumah..karena mba art ku lagi libur. Awalnya..cuma mau beres2 dapur..tapi keasyikan bersih2 hingga sore seluruh rumah...hihi. Eh malamnya lembur lagi..nonton drakor..hihi. Mumpung libur packing minggu...sengaja nonton drakor sampai larut malam..hasilnya..pusing dan sedikit meriang dech..hihi. Tapi..seneng..akhirnya nemu lagi drakor yang bisa membuatku nggak beranjak dari depan tivi semalaman..dan bisa ketawa atau berlinang air mata..setelah beberapa kali beli DVD drakor kecewa melulu. Tadi malam aku nonton *Pinocchio*..ih bagus dech ceritanya..ada lucu..sedih..campur..tapi endingnya..happy.  Ntar ya ku review jika aku nulis resep masakan Korea..hihi.

Nah..kalau sekarang ini mau cerita aja soal cemilan jadul nich..beberapa waktu alau di bawain suami dari salah satu umkm..yaitu sempe..dan arum manis yang bentuknya kayak rambut pirang..hihi. Ada yang masih ingat jajanan jadul ini..dulu...ingat waktu kecil..kayaknya enak banget ya..makan sempe..terus arum manis yang asli gula ini. Beda sama arum manis kapas yang banyak di jual di keramaian. tapi arum manis jaman dulu itu..bentuknya serpihan2 panjang kecil kayak rambut..dan jika di makan lumer di mulut. Manis sekali rasanya. Ya iya lah ya..kan dari gula murni. Arum manis jama dulu ini juga nggak pakai pewarna..jadi asli aja putih keemasan warnanya.

Arum manis..dulu di jajakan mbah2 keliling..di pikul gitu ya teman2. kalau sekarang beda..udah di jual di toko modern atau di  toko oleh2..jadi..serasa ada sensasi yang kurang..yaitu sensasi kenangan masa kecilnya...hihi...karena udah di jual di pasar modern. 

Kalau sempe..itu dulu juga salah satu jajanan jadul favorit anak2..rasanya itu tawar..renyah..sedikit manis..enak dech..dulu. Kalau sempe sekarang..kok berasa hambar gitu rasanya. Nah..sekali lagi pertanyaan menggelitik yang ada di pikiranku..benerkah sempe jadul itu kayak gini rasanya ?..Seandainya bisa..pengen mengulang kenangan masa kecil lagi..di mana dulu banyak penjual jajanan jadul yang otentik dan alami ya teman2 rasanya. Jadi penasaran..cara membuat sempe gimana ya..ah..kapan2 coba cari tau..dan mencoba membuat sendiri di rumah..biar nggak penasaran.

Ada lagi jajanan jadul yang aku dapat , tapi rasanya berbeda dari jaman dulu..yaitu bolu emprit..bolu dari gaplek..atau tapioka..rasanya walau agak keras, tapi itu dulu lumer di mulut dan ada aroma khas..karena terbuat dari tepung gaplek...sehingga warnanya agak buthek putihnya. Kalau yang aku temui sekarang ini..putih bersih atau di beri pewarna..dan kayaknya dari tepung tapioka biasa, dan rasanya super manis.



Jadi..tema hari ini jajanan jadul kenangan masa kecil. Adakah teman2 yang rindu jajanan jadul tertentu waku kecil dulu ?..Jika iya..tulis aja di komen..nanti jika aku punya resepnya..aku buatkan..dan di posting ya..biar bisa bernostalgia jajanan masa kecil..hihi.



19 comments :

  1. jadi bernostalgia dgn masa kecil ya mbak.. :D
    dulu kalo ditempat sy yg jual arum manis bapak2 jalan kaki, trus bw alat musik gesek entah apa namanya.. bunyinya ngo.. ngikk.. ngeekkk.. qiqiqi.. kalo sempe, sy nyebutnya gapit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...masa kecil yang indah..dengan keterbatasan uang jajan..tapi bisa menikmati jajanan2 di atas itu..sesuatu bingits..:D

      Delete
  2. aku suka banget sama arum manis. dulu beli cuma 500 perak udah dapet banyak banget arum manisnya. kerupuknya juga lebih lebar. aaaah kangeeen jadinya, mbak hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..dulu jadul bingit ya rasanya mba...sekarang nggak ad alagi yang begitu..:D

      Delete
  3. Waduh mbak Di...jadi inget masa kecil dulu...jajadan jadul yg sederhana tapi justru itu jadi kenangan yg tak terlupakan...hihi lebay bgt ya..^_^ Yg aku suka bolu emprit dan sekarang di Jakarta kadang masih ada tuh yg jual di pasar2 tradisional tapi bentuknya lonjong. Kalau sempe yg isinya arum manis di Jakarta suka ada yg nyebutnya 'rambut nenek'...hihi lucu ya namanya. Kalau arum manis dulu waktu jaman kecil seingetku dijajakan bapak2 pakai sepeda, kadang jalan kaki seperti yg dibilang mbak Rahma..pakai bunyi2an khas ngok..ngik..ngek..hihi. Ada satu lagi jajanan jadul yg sekarang perasaan bener2 sdh ga ada yaitu gulali..apa karena bikinnya susah jadi gak ada yg mau jual ya mbak Diah..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mbaaa..buat angkatan yang seumur kita nich masih ngalamin ya ketemu jajanan original gini..hemm..kala anak2 sekarang kenangan jajanan masa kecilnya ya..ayam goreng..pizza..burger..dll..haha. Gulali..aku tau cara buatnya mba..hihi...kpn2 tak cobae..:D

      Delete
  4. Kalau bolu emprit lebih famousnya namanya Teknyes mb Diah kalau di ambarawa.mungkin karena kalau dimakan langsung lumer dan mak nyesss.kl harum manis yg kaya gitu sebutannya rambut nenek mb Diah kalau di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lucu ya mba namanya..:)
      Iya rambut nenek pirang yang muanis ya..hihi

      Delete
  5. Kalau di Malang namanya arbanat Mbak Diah, dan penjualnya pake alat ngik ngok...Wadahnya dari kaleng dengan dua tutup, dan kalau beli pake koran. Dulu yang jual pasti cerita kalau ini buatnya pake minyak klethik.. Sambil muncrat2 gitu kalau cerita, arbanat topping iler, xixixi...

    Jajanan masa kecil yg aku kangen: krupuk upil dengan bumbu petis ( bumbu petisnya ditaruh di contong kertas, lalu ditumpuk krupuk upil/ krupuk pasir), cilok, gulali, mie lidi ( skrg masih ada, tp kalau makan itu tenggorokanku serik, yang skrg pake MSG atau pewarna ga jelas pastinya), telur cicak, permen neker( yg dijual di plastik 5 cmx 5cm, paling isinya 10, langsung lumer di mulut , bentuknya persis kelereng/neker), donat kampung ( bentuk bunder2, rada keras, dilapisi gula bubuk. Dulu yang jual anak2 SD dari kampung, mereka jalan mesti rame2, sedih liatnya tapi mereka udah tertempa dari kecil), Krip Krip ( ayo Mak Diah, bikin aja Krip2 lagi, dijual), Anak Mas rasa keju ( ada skrg tpi rasane ga enak blas), Tik Tik, Surya Mie, snack Chiki2an yang gambar luarnya ayam jago ( tahu ga ya, rasanya uenaaak), trus Choyo Choyo ( coklat warna warni di dalam cup kuecil, dikasi sendok), Pindy Pop, jelly stick...
    Duuu jadi ngileeer...
    Kapan ke Salatiga Mak? Daku sering lho renang ke Kayu Arum ning kok ga pernah ketemu to Mak? Ella

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh..betul Mba Ella..jajanan sekarang banyak di manipulasi..ras adan tampilan..huhu..sedih dech ya..iya..aku dulu juga jalan kaki kok Mba..sekolah SD..SMP..hahaha..untung sekolahnya dekat..jadi nggak capek ya..:D dan seru bisa ramai2 sama teman2. Sik..yang aku lupa...krip krip..kayak apa ya bentuknya. ..:)

      Wua..lama nggak ke Salatiga aku mba..kangen makan sate suruh..:D

      Delete
  6. simping mbk klo d purworejo. lbih lbar lgi buletannya. dulu 1biji cepek harganya :-D. skrg udah jrang kyanya yg jualan. .
    klo arum manis ya taunya klo yg dipasar malem itu, yg wrnanya pink ijo gtu. tmpatku gk ada yg jualan kliling. klo jaman kcil si sneng bngt sam arum manis, klo skrg, hadduhh. . gk nahan sama manis yg kebangetan gtuu. aplgi pasti dh d tmbahin sarimanis yaa. .
    klo bolu emprit msih bnyak, tpi dr dlu gk pernah suka tuu. . hihihi. rsanya aneh mnurut ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..gak enak itu yang pink2 genjreng..kurang nendang rasanya..hihi. Iya..apalagi ya jaman dulu lebih aneh mba..ada aroma gapleknya..tapi aku sukaaa..bolu emprit..jadul..:D

      Delete
  7. Iyaaa rambut nenek2 kalo di jkrta....trus kalo gulali udah gakk ada yaa...aduh jd kangen ngaduk gulali pake tangan trus ntar di jemur di atas genteng....hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku juga ngalami jaman gulali itu mbaa..hihi..kapan2 tak buat pa ya..tapi nanti ya makan siapa..hihi..gulali di ulur ulur..jadi permen keras ya..di sunduki pakai bambu, di bungkus kertas..:D

      Delete
  8. Mbak DD, ini makanan kesukaanku waktu kecil sampai sekarang. Saya pernah kuangeeeen makanan ini dan nitip kakak yg lagi mudik aduh uuuenak bingit:-) Waktu masih kecil makannya sama tepung di dadar spt telur dadar dan sempe klu hari minggu selalu ikut mama ke pasar dan beli jajanan pasar :-) wah like in heaven hi..hi..hi. Di Semarang masih adakah? klu pulang ajak saya jalan2 ya mbak cari makanan jadul hi...hi...hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,,iya mba Susy..aku kemaren beli ini ya karena kangen makan arum amnis jadul..sekarang belinya cuma ada di toko oleh2..:D

      Delete
  9. mbak, arum manis ngingok itu beli dimana ?
    inget jaman dulu yang jualan sambil pake biola 'ngingoook...' gitu suaranya, heheheee.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. di UMKM Center Srondol tuch mba..di toko oleh2nya..:) Iya..seru ya..jaman dulu di pikul..sekarang dah masuk toko oleh2..:D

      Delete
  10. seumur2 aq tinggal d purworejo tau yg jual gulali cuman 1 mbk. gek cuman dipikul gtu. mngkal nya d sd2. . bpk nya pinter bngt bkin bntuk2 hewan, bunga, balon. . gek bagus2 bngeettt. . padahal bikinnya cuman d ulur2 yaa. . dlu jmn sd tu walopun gk beli ya ngrubutin bpk nya, cuman buat liat le bikin2 gulali itu :-D
    mungkin skrang udah gk ada yg jual lagi yaa. .
    itu jajanan sama tukang gulali nya bakal jd legend. .

    ReplyDelete