Monday, March 9, 2015

Churos Kentang



Ini dia hasil uji coba goreng churos pakai minyak padat yang aku posting ulasannya di SINI kemaren teman2. jadi minyak ini oke banget untuk menggoreng donat, ayam krispi dll. Tapi aku ndak jual lho ya..kalau minyak padat ini..takut di marahi JNE ntar kalau leleh di jalan gimana..haha. Bisa membasahi paket2 lain nanti. Jadi..jika mau mencoba..silahkan cari di toko bahan kue ya..biasanya yang besar ada kok..aku kemaren beli udah re pack dari merk terkenal minyak padat ini.

Kemaren aku buat churos kentang....aku pakai Tepung kentang seduh aja..biar cepat dan praktis..soalnya butuh kentang juga cuma dikit..ribet kalau ngukus2 dulu..hihi. Kemaren sengaja aku buat agak lembek adonan churosnya..dengan cara aku kocok lebih lama. Tujuannya ya buat nge tes si minyak padat ini. Jika adonan lembek..kalau pakai minyak goreng biasa..wah..biasanya pasti sudah *kotos kotos*..alias berminyak banget gitu hasilnya. Tapi dengan minyak padat kemaren ini..oke banget hasilnya teman2. Keset banget..tuch liat di foto..nggak berminyak kan..padahal nggak aku tiriskan pakai kertas tisue lho.

Untuk resep churos kali ini aku otak atik pakai tepung kentang flakes..atau tepung kentang seduh yang aku jual. Tepung kentang seduh ini bentuknya serpihan..atau flakes, cara pakai di seduh..dengan air panas untuk buat perkedel..kroket..donat..dan campuran aneka kue..seperti churos ini ya teman..hasilnya semakin empuk dech. Hihi..biarin di ulang2..infonya..lha soalnya masih banyak yang email dan tanya.."Mba..tepung kentang seduh itu apa ya ?"..hihi. Untuk lebih jelasnya..buat yang baru buka2 webku..silahkan klik di SINI untuk info tepung kentang seduh ini ya teman2..^^

Jadi jika teman2 yang udah mencoba tepung kentang seduh yang beli dariku..dan masih punya stock di rumah..bisa di pakai untuk buat churos ini lho..hasilnya enak sekali. Empuk..lembut churosnya.. Yodha aja habis sepiring kemaren..isi 6 churos. Apalagi di celup coklat leleh..hemm..enak banget dech. Yang nggak punya tepung kentang seduh..ganti kentang kukus biasa ya. Atau bisa juga di ganti dengan ubi..untuk resep Churos Ubi..silahkan klik resepnya di SINI ya teman2.

Menggoreng churos ini api sedang saja ya teman2..agar churos nggak cepat gosong..dan bisa mengembang dengan baik. Jika suka bisa di taburi..dengan kayu manis dan gula bubuk..selain di celup coklat. Churos ini versi Indonesia ya..jadi empuk..dan lembut. Kalau versi aslinya di luar sana yang nggak pakai telur..tapi di jamin..susah di spuit..hihi.


Churos Kentang

Bahan :
Tepung Kentang Flakes / seduh 75 gram, seduh dengan air panas seckupnya hingga jadi kentang kukus lumat yang halus.
Tepung terigu protein sedang 200 gram
Baking powder 1/2 sendok teh.
Margarin 75 gram
Air 200 ml
Garam 1/4 sendok teh
Telur ukuran besar 3 butir
Garam 1/4 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan
Vanili bubuk 1/4 sednok teh
Gula halus dan kayu manis utuk taburan atau coklat leleh untuk celupan

Cara membuat :
Ayak tepung terigu dan baking powder 
Campur air, margarin, garam, gula dan vanili dalam panci, lalu masak hingga margarin leleh, kecilkan api, masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata hingga jadi adonan yang kalis. Matikan api..angkat.
Biarkan agak hangat, masukkan tepung kentang yang sudah di seduh dan telur satu persatu..sambil di kocok hingga rata dan adonan halus dan lembut ( jangan terlalu lama ya..agar adonan tidak encer )
Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang di beri spuit bentuk bunga sesuai selera ( aku spuit 1 M )
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Sajikan dengan coklat leleh atau taburan kayu manis dan gula bubuk
Yummy..!



7 comments :

  1. pagi2 baca ini....langsung lapar melanda :D

    ReplyDelete
  2. Hihi..ayukk sarapan dulu Mba..:D

    ReplyDelete
  3. Mba..adonan tepung yg tambahin kentang+telur itu dikocok pake mixer ya? Kira2 brp menit?
    Makasih..

    ReplyDelete
  4. wuih...enak....cocok banget mb

    ReplyDelete