Monday, March 30, 2015

Tips Memilih Durian



Pernah makan durian teman-teman ? Pasti pernah ya..dan banyak yang jawab sering..karena banyak pasti pecinta durian. Tapi kalau mabuk durian..pernah tidak ?..hihi. Aku..kemaren..mabok duren..beneran..bukan mabuk duda keren lho..hihi..tapi beneran mabok buah durian. Sampai kliyengan dan pusing dan mual..hihi. Karena seharian mengolah daging durian dalam jumlah banyak..dan duriannya kulitas super pula..jadinya maboknya kelas berat. Tapi   ya sekedar pusing aja..masih tahan sich. Tetep..mengolah durian lanjut..karena memang sudah komitmen untuk menerima job untuk develop aneka menu olahan durian.

Walaupun aku bukan penggemar durian..tapi alhamdulillah..dengan dapat kerjaan ini..jadi malah terbuka wawasanku tentang buat yang aromatik baunya ini..hihi. Kalau dari dulu di komporin Mba Elmi.."Mba..musim duren kok nggak bikin olahan duren ? "..atau ada teman yang minta request olahan duren..belum bergeming aku untuk mengolah duren. tapi..begitu dapat  job untuk develop produk2 olahan durian..jadi semangat mengeksplorasi aneka resep kue2 berbahan dasar durian ini. Dan ternyata...durian..jika di olah jadi aneka kue itu..lebih enak rasanya..di banding dengan di nikmati langsung..menurutku lho teman2..hihi. Buktinya memang kalau durian masih asli gitu aku nggak doyan..tapi..kalau sudah berupa es krim..dodol, atau kue2 lain..aku mau makan dan merasakan enaknya si durian.

Nah kemaren aku coba berbagai olahan durian..yang paling suka di buat wingko..enak banget ternyata..hihi. Jadi lebih legit dan harum, wingkonya. Selain itu di buat aneka kue2 lain juga enak. Nah..minggu ini..masih dapat tugas develop resep lain aneka olahan durian ya..awet untuk di jadikan oleh2..wah..siap2 mabok duren lagi nich..tapi..seneng juga..karena ini jadi tantangan baru buatku.

Nah..dari dulu yang aku nggak begitu antusias dengan durian..sekarang jadi banayk belajar nich tentang durian ini, bagaiman cara meilih durian yang baik, penyimpanan, serta  trik2 pengolahannya. Dapat ilmu baru dech. Jadi pelajaran yang ku dapat..jangan anti pati terhadap suatu hal..jadi misal nggak suka durian.terus nggak mau  menyentuh dan mengolahnya..hihi. Sekarang..semangat 45..untuk mencoba aneka olahan durian ya lain..^^

Tips memilih durian, yang aku dapat ilmunya dari sini , semoga bermanfaat buat teman2 yang suka beli durian nich ya..atau ad ayang mau nambahin..silahkan lho..
  1. Pilihlah durian yang bulat penuh, hindari yang durian dengan bentuk yang kurang simetris
  2. Perhatikan bagian bawahnya, pastikan durian belum pecah/ terbuka ( kebanyakan durian yang sudah pecah/ terbuka sudah kadaluwarsa)
  3. Periksa tangkainya. Untuk menentukan tebal dan tipisnya daging buah bisa dilihat dari tangkainya. Jika tangkai durian tebal dan pendek, sudah tentu dagingnya tebal, sebaliknya jika tangkainya panjang dagingnya tipis
  4. Cium aroma buah. Durian masak, bisa ditandai dengan mencium aroma buah
  5. Saat memilih durian jangan lupa tepuk-tepuk dengan benda tumpul, jika bergema berarti sudah masak dan bisa dikonsumsi
  6. Untuk menentukan padat dan lembeknya daging durian juga ada caranya, yaitu dengan memperhatikan kulit durian sendiri. Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek. 
Daging durian itu jika di simpan di freezer bisa awet satu tahunan lho bahkan lebih, jadi buat teman2 yang punya usaha olahan duren..tak ada salahnya mumpung musin duren nich..simpan stock yang banyak di freezer ya..hihi. Biar bisa tetap lancar usahnya..nggak terkendala bahan baku.

Oke dech selamat hari Senin dan beraktifitas..semoga aku bisa posting resep2 lagi segera ya..^^



3 comments :

  1. durian ? suka banggggeeeeetttttt. . mau mkan lngsung hayukk. . diolah jd apa juga suka:-D
    musim buah yg pling d tunggu ya klo musim duren mbk. . apalgi d purworejo khn hrganya bisa muraaaahhg. . hihihi
    klo gk musimnya yo mahal binggo pastii. .
    klo kira2 sisa durennya, pnggil aq aja mbk, tak bntu ngabisin.
    hihihi
    ngarep bngt yaa :-D

    ReplyDelete
  2. Mbak, bagi resep olahan duriannya dong..... Atau ngga boleh krn terikat kontrak dengan project Mbak? Mila

    ReplyDelete
  3. Durian saya suka banget... tips memilih durian saya dapat juga mba dari almarhum bapak. Serupa dg tips di atas. Kami penggemar durian

    ReplyDelete