Thursday, March 12, 2015

Bandeng Cabut Duri Krispi



Beberapa waktu lalu aku terima email dari seorang Bapak di luar Jawa yang menanyakan olahan bandeng krispi untuk usaha. Aku kira..bandeng kremes..jadi aku sarankan saja bandeng di presto terus di selimuti tepung kremesan. Ternyata..bukan itu yang di maksud bapaknya..tapi cara membuat bandeng krispi...yang bisa di kemas jadi olahan bandeng krispi fozen. Wah..kalau itu berarti bandeng kripi yang di lapis tepung seperti ayam goreng tepung gitu. Jadi olahan bandeng krispi ini bisa di goreng setengah matang, di kemas di wadah kedap udara..dan bisa di simpan di freezer jadi olahan frozen food. Hemm..sempat mikir juga dulu.." Bandeng segar..di buat krispi ?..Kan durinya banyak banget ya...? "

Tapi..setelah beberapa waktu lalu aku beli bandeng cabut duri..yang rencananya mau aku buat otak otak bandeng..jadi ingat tentang bandeng krispi ini. Jadi..kalau bandengnya udah tanpa duri gini..ya tentu saja..sangat memungkinkan..untuk di buat bandeng krispi. Akhirnya tadi aku uji coba..dan memang enak hasilnya..daging bandeng yang lembut dan gurih..kres..kriuk2 lapisan kripinya..memang enak banget. Jadi nggak perlu khawatir lagi kena duri dech..hihi. Wah..bisa buat lauk anak2..pas banget nich..biar nggak bosan..ayam krispi terus ya teman2.

Bandeng cabut duri..adalah olahan bandeng yang cukup populer..selain bandeng presto ya teman2. Kalau bandeng presto kan udah matang dan empuk karena di presto..jadi durinya lembut dan bisa di makan. Nah..kalau bandeng cabut duri ini biasa banyak di jual mentah malahan..jadi bisa kita olah sesuai selera. Harganya..bisa dua kali lipat bandeng segar yang masih berduri lho teman2. Enaknya kita ini ya sekarang..apa2 di manjakan..mau makan bandeng aja..udah ada yang tanpa duri..hihi. Bandeng cabut duri ini enak untuk di goreng biasa..di bakar..atau di potong kecil2..dan di buat bandeng krispi seperti yang aku buat hari ini. Rasanya itu..enak..karena daging jadi lebih lembut..dan tanpa khawatir terkena duri2 bandeng yang biasanya banyak ya..hihi.

 Bandeng cabut duri yang masih mentah itu kayak gini nich teman2..beneran bersih..dari duri lho..hihi.





Tapi aku nggak akan menulis cara mencabut duri lho ya..karena aku belum pernah..hihi..beli saja dech di supermarket teman2..banyak kok di jual bandeng cabut duri frozen ya..atau jika memang mau iseng nyabut sendiri itu duri2 bandeng..coba dech liat di you tube..ada kok panduannya.

Nah..kalau sekarang, aku mau  kasih tau cara membuat bandeng krispi aja. Mudah saja..bandeng cabut durinya tinggal di potong kecil2 sesuai selera, di rendam bumbu...garam, bawang putih dan merica ,  lalu di lapis tepung, goreng dech . Kres2 kriuk..yummy...! Untuk membuat bandeng krispi ini aku pakai TEPUNG CRISPY yang aku jual..yang memang kres2 renyah rasanya. Namun jika mau bisa pakai tepung pelapis ayam goreng tepung yang di racik sendiri, sudah banyak ku posting resepnya..silahkan klik di SINI ya teman2.

Bandeng Cabut duri Krispi

Bahan :
1 ekor bandeng cabut duri segar , potong2 sesuai selera
150 gram TEPUNG CRISPY, ambil 3 sendok makan, larutkan dengan air secukupnya hingga jadi adonan pencelup. Sisanya untuk pelapis kering

Bumbu Rendaman :
1 sendok teh bawang putih bubuk ( atau bawang putih segar yang di haluskan )
1/4 sendok teh merica bubuk
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Rendam potongan ikan bandeng dalam bumbu rendaman sekitar 10 menit.
Celup ke adonan tepung pencelup, lalu gulingkan ke tepung kering sambil di cubit2 hingga keriting.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga kering dan matang
Sajikan

Note :
Buat teman2 yang baru belajar masak, cara pemakaian tepung pelapis yang di celup dulu ke adonan basah..silahkan lihat di SINI ya teman2..ada foto2nya.

No comments :

Post a Comment