Wednesday, March 11, 2015

Tips Membuat Kulit Tortila



Yodha udah seneng ngemil..kadang nggak mau langsung makan..kalau pulang sekolah.mesti minta cemilan dulu. Kemaren dia cerita habis makan *lagsana di sekolah..hihi. Padahal biasanya kalau tak buatin makanan yang aneh2 gitu nggak mau coba..tapi..kalau makan di sekolah kok mau. Ya mungkin karena banyak teman rame2 makannya juga..terus laper kalau di sekolah apa2 jadi mau dech. Di Sekolah Yodha memang campuran ada murid warga asing juga..terutama dari Turki dll, jadi sering menu makannya malah unik2.

Selain itu dia juga cerita makan tortila..terus minta di buatin sendiri di rumah. Sebenernya aku nggak begitu suka sich tortila..itu..abis tawar rasanya gitu aja..hihi. Tapi karena Yodha minta..ya udah di buatin dech..eh pas mateng..kok protes..kok isinya nggak daging kebab..hahah. Ya memang cuma ku isi sosis aja kemaren.

Ya udah dech..ntar beli daging dulu ya Kak..hihi..jadi di simpan dulu dech kulit tortilanya. Jadi...karena di protes Yodha..tortilanya kok isi sosis..akhirnya nggak ku foto dech..nggak original..kata Yodha..hihi. Jadi aku posting dulu aja resep kulitnya ya teman2..isinya menyusul..jika udah punya daging..haha. Tapi sebenernya isian tortila itu ya bebas ya..bisa jadi tacos ala Mexico..atau jadi kebab isi daging...atau bisa isi ayam dan kacang merah tuch..jadi namanya chicken burritos..dll. Tapi karena Yodha pernah makannya yang isi daging..ya tetep ngotot..mintanya yang isi daging..hihi.

Membuat kulit tortila itu  mudah saja ya teman2..cuma tepung aja sich bahannya..sama sedikit minyak dan garam, di pipihkan lalu di panggang hingga muncul bintik2 bercak coklat dan matang. Kulit tortila ada yang dari tepung jagung..ada pula yang dari tepung terigu. Nah karena nggak punya tepung jagung..aku buat yang tepung terigu aja.

Kulit tortila ini rasanya yang gurih tawar aja..jadi harus di padukan dengan isian yang enak dan berbumbu ya teman2. Cara membuat kulitnya juga mudah...cukup di aduk hingga rata saja bahan2, jangan di uleni  kuat ya..agar tidak keras tortilanya.

Tortila..di masak dengan cara di panggang tanpa minyak. Jadi gunakan wajan tebal ya teman2. kalau andalanku buat manggang tanpa minyak ya..wajan besi jadul dech..hihi. Tahan banting dan nggak takut rusak. Tapi jika mau kulit tortila yang renyah..bisa juga di goreng..atau di oven..tapi rasanya mesti beda kali ya.jika di goreng.

Kulit tortila yang sudah jadi..juga bisa di simpan di freezer untuk persediaan.. jadi bisa di bungkus rapat, kemudian taruh freezer, jadi sewaktu2 mau makan tortila tinggal di panaskan kembali...dengan di diamkan dulu hingga suhu ruang kembali ya.

Oke dech ini dia resep dasar kulit tortila ya teman2..jika mau coba nich...resepnya isinya.sesuai selera saja  ya..soalnya kemaren aku cuma isi sosis..^^



Kulit Tortila

Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh baking powder
1 sendok makan minyak goreng
Air hangat kira2 100 - 150 ml ( secukupnya hingga adonan bisa di bentuk )

Cara membuat :
Campur teirgu, garam, dan minyak, aduk rata
Tuang air sedikit demi sedikit hingga rata dan adonan bisa di bentuk
Bulatkan adonan kecil2
Giling hingga tebal 3 mm
Panggang di pan  sambil di bolak balik hingga kuning kecoklatan kedua sisinya.
Isi dengan isi sesuai selera

5 comments :

  1. Mba... jual kulit tortilanya gak? Kalo jual aku mau beli rutin... kalo jual sms harga sama ukuran y mba... 085220000266

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jual roti prata mas bentuk seperti tortilla.. kalo berminat bisa wa 08987240805 / bbm 7DA5A9FA

      numpang iklan yah mba didi ;)

      Delete
  2. Mbak..knp ya saya menggiling adonannya gk bisa bentuk lingkaran? Pasti lonjong mulu..emg ada trik ny mbak?

    ReplyDelete
  3. mba kalo panggang tortillanya pake teflon yg biasa utk dadar telur itu bisa gak?

    ReplyDelete
  4. Mba, mau nanya klo tepungnya pake yang protein tinggi dan baking powder nya pake ragi instan, bisa ngga? Thanks before

    ReplyDelete