Tuesday, March 10, 2015

Sambal Goreng Labu & Tahu


Sambel goreng labu siam..aku terbiasa makan dan masak masakan ini sejak tinggal di Semarang. Kalau di tempatku di Yogya..labu siam nich kurang populer..lebih sering masak pepaya muda di banding labu..hihi. Karena memang rasanya mirip ya..tapi kalau pepaya muda nggak perlu beli..tinggal petik aja di pekarangan..kepepetnya..bisa minta tetangga juga..hihi. Karena banyak di tanam di pekarangan rumah warga.

Kalau di Semarang ini..olahan sambel goreng labu ini memang jadi salah satu menu sehari2. Ada beberapa macam sambal goreng ala Semarang, selain sambel goreng kentang yang sudah pernah aku posting resepnya di SINI..ada satu sambel goreng lagi yang jadi menu sehari2 di sini..yaitu sambal goreng labu siam ini. Banyak warung2 yang buka pagi untuk sarapan itu..menunya ya sambal goreng labu ini. Bahkan..banyak penjual gudeg di Semarang ini yang di lengkapi sambel goreng yang berbahan utama labu ini juga. 

Kalau aku dulu awal2 kenal sambel goreng labu ini...ketika sering beli bubur sayur untuk sarapan. Jadi di dekat rumahku ada warung rumahan yang jual sarapan tiap pagi. Nah menu utamanya adalah sambel goreng labu siam ini dan mangut iwak pe. Enak sekali. Apalagi jika ada kacang tholonya. Sayang lagi nggak punya kacang tholo..jadi aku tambah krecek aja. Krecek aku pakai krecek Semarang juga..biar lebih khas otentik masakan Semarangan..hihi. Soalnya..suamiku juga sukanya krecek Semarang kalau untuk sambel goreng. Kalau aku lebih suka krecek Yogya..hihi. Mungkin karena dari kecil terbiasa masing2 beda jadinya selera kreceknya.

Oke dech..semoga bisa jadi inspirasi menu harian ya teman2..enak lho. Akan lebih enak dan meresap bumbu2nya jika di masak malam, biarkan semalaman di kulkas, jadi bumbu2 akan semakin meresap. Gunakan tahu pong atau tahu yang berkulit ya..agar nggak hancur atau terasa asam sayurnya...karena ada beberapa jenis tahu yang rasanya asam. Selamat mencoba ya jika suka..ini dia resepnya ya teman2..^^

Sambal Goreng Labu & Tahu

Bahan :
2 buah labu siam, potong korek api, remas perlahan dengan sedikit garam, cuci bersih
150 gram tahu berkulit, potong kecil2 ( agar tidak hancur ketika di masak )
50 gram rambak sayur / krecek
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
50 gram udang segar ( atau bisa pakai ebi kering secukupnya )
1 sendok teh kaldu sapi ( aku pakai Alsultan )

Garam sesuai selera
Santan sedang 800 ml
8 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai merah, haluskan

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga harum, masukkan cabai, tumis hingga benar2 matang, masukkan udang atau ebi. Aduk hingga udang berubah warna. Masukkan santan, dan bumbu2 lain. Masukkan labu, tahu dan krecek. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Koreksi rasa.
Sajikan.


Lauknya...pakai lele kremes nich kemaren..enak..pas..sayur sambel goreng labu yang seger gurih di padu lele kremes yang kriuk2 gurih..enak dan pas banget. Bikin lele kremesnya..biasa..pakai tepung kremes yang aku jual..hihi. Cara menggoreng kremesan lihat di SINI ya teman2...agar bisa bersarang dan menyelimuti bahan yang di kremes. Atau cara menggoreng sosis balut kremes..sudah pernah juga ku posting resepnya di SINI.




8 comments :

  1. Mbak DD, kemarin saya baru buat sayur ini untuk pelengkap Lontong Cap Gomek:-) resepnya mbak DD siiiiip dan mudah dn enak bingit :-) Thanks a lot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Susy..wah.serunya..di sana tetep merayakan cap gomeh ya mba..:) Syukurlah jika sesuai selera ya resep2nya..:D..Salam sayang untuk Grace..:)

      Delete
  2. makasih mbaaa resepnya... di Muara Badak sini ada mbah-mbah satu orang dan satu2 nya yg jualan nasi jagung, Slh satu menunya sambel goreng gini.cm warnanya butek banget mngkin pke kecap atw keseringan dipanasin. Ngeri mba,,pueeeedeeeessszzzzz banget simbah masakanx.. sy gak kuat,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya itu udah di ngat nget mba...:D jadi buthek..:D

      Delete
  3. Mbak DD, tolong share resep lombok kuning makassar, rasanya pedas banget, cocok utk santap bakso, nasgor n mie

    ReplyDelete
  4. Hai mb Diah. Salah kenal.

    Saya mau nanya apakah resep ini tidak menggunakan kunyit yg dihaluskan mba? Mohon dibalas ya mb, nanti malam saya pengen coba buat.

    Matur suwun :)

    ReplyDelete
  5. Warna merah pd sayur di dpt dr cabe merah besar mbak apalg kalau cabenya byk... jd warna kuah sayur akan merah kekuningan.. g pake kunyit...

    ReplyDelete