Wednesday, March 25, 2015

Tahu Gejrot Petis



Wah..udah siang aja ya teman - teman..waktu cepat banget berlalu..dan perut pun sudah lapar..tanda sudah waktunya makan siang. Tapi belum masak je..tadi pergi setengah hari ada urusan di luar..ngurusi paket, dll..jadilah..ini makan siangku...tahu gejrot..hihi. Bikinnya cepat..lha wong pakai tahu Sumedang siap goreng..tinggal buat bumbunya saja..itu pun..super duper..gampang dan cepat. 

Tips membuat tahu gejrot yang enak..ulek bumbu - bumbu sesaat akan di sajikan ya teman - teman. Untuk tahu juga..gunakan tahu pong atau tahu Sumedang yang enak..yang garing luarnya..dan lembut bagian dalamnya. Jadi..ketika kuah bumbu tahu gejrotnya merasuk hingga ke dalam rongga bagian dalam tahu..hemm..bayangkan saja rasanya ya teman - teman...enak sekali...! ^^

Banyak versi resep tahu gejrot ya..ada yang bumbu bawang putih aja..ada juga yang pakai bawang merah juga. Ada yang pakai kecap..ada yang tidak..nah kali ini aku coba yang nggak pakai kecap. Aku suka yang pakai bawang putih dan bawang merah..lebih sedep. Nah..tadi aku bereksperimen..bikin tahu gejrot, pakai petis sedikit. Wah..rasanya tambah enak sekali..saye suka..saye sukaaa...*kata Upin....hihi...*

Tapi memang tambahan petis ini memberi sensasi rasa yang gurih an enak sekali..padahal cuma dikit sich pakainya..tapi bener bener bisa merubah citarasa..dari kuah tahu gejrot biasa yang enak..menuju ke level yang lebih enak lagi..hihi..*lebay......*

Beneran teman - teman..enak lho..gak percaya ?..Cobain dech. Petis yang di gunakan bisa pakai petis biasa,,, atau petis pedas siap makan, buat teman - teman yang kemaren beli petisku..dan masih  punya stock di rumah..cobain dech..^^

Tahu Gejrot Petis

Bahan :
5 buah Tahu Sumedang goreng siap pakai
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
10 buat cabai rawit hijau kecil ( awas pedasss..hihi..sesuaikan selera cabainya ya )
1 sendok teh petis
1 1/2 sendok teh gula merah
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
100 ml air panas

Cara membuat :
Ulek kasar bawang merah, bawang putih, dan cabai, beri garam, gula , dan petis, tuangi air panas, koreksi rasa.
Potong2 tahu Sumedang goreng sesuai selera
Siram dengan kuah tahu gejrot..sajikan segera.



8 comments :

  1. ooo..ini tho yg namanya tahu gejrot, kayak tahu pake sambel bawang cuman ada sedikit kuahnya ya mbak Di... lgs laper ni mbak di.. kemaren mau coba pesmol ikannya..belum kelakon kok ya ada menu yg lebih simple n sip ini..hahah..trims mbak Di... keep serving yummy food!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,..seger lho..cemilan yang mengenyangkan..hihi. cobain dech

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Masih mba..dah ku catet no mba..ku hapus ya..biar aman..:)

      Delete
  2. Saye suka juga mbak Di...hihi. Tahu pong & petis memang jodoh yg pas, kalau di Madiun tahu selalu dijual dengan cocolan petis berbumbu...hmmm yummy. Bisa dibilang kalau tahu gejrot adalah tahu petis versi yg berkuah ya mbak... syedaaaap.^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..bener banget..tahu lembut dan gurih di padu petis..enak ya..sekali makan habis 5 biji nggak terasa..hahah

      Delete
  3. Salam kenal mba Diah,klo pake petis airnya bisa dikasih asam atau cuka dikit biar tmbh seger ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget mba..:) iya tambah seger..:)

      Delete