Thursday, March 5, 2015

Tips Membuat Sagu Keju



Lagi lumayan sibuk baking nich teman2..jadi iseng tadi pas bikin sagu keju aku foto aja..waktu menyangrai sagu...dan jadi ingat banyak teman2 yang nanya seputar sangrai menyangrai tepung ini ya..baiklah..aku tulis aja..jadi satu postingan.

Jadi..kue kering yang perlu di sangrai adalah kue kering yang berbahan dasar sagu..atau tapioka. Kalau tepung terigu..udah pakai yang kemasan..nggak perlu di sangrai2..soalnya itu udah kering. Kecuali kalau pakai terigu yang curah..ala pasar atau yang karungan gitu..ya..silahkan kalau mau capek2..nyangrai tepung..hihi. Kalau aku sich pilih beli terigu kemasan aja..beres. Selisih dikit harga..tapi hemat waktu dan tenaga...betul ?..hihi

Karena beneran..nyangrai tuch butuh waktu tersendiri dalam proses pembuatan kue kering..karena bisa 10 menit sendiri, api kecil..musti di aduk2 terus pula...biar nggak gosong. Tapi untuk tepung sagu atau tapioka..jika mau kue kering renyah..memang harus di sangrai. Pernah aku nekad..dulu malas nyangrai tepung sagunya..memang jadi susah kering dalamnya.


Nah..jika teman2 suka sagu keju dan ingin mencoba membuat sendiri di rumah..ini dia tips2nya ya :
  • Pilih sagu berkualiatas, karena jika tepung sagu nggak bagus, kue akan apek atau bisa malah asam rasanya.
  • Jika tidak ada sagu..bisa pakai tapioka..sama enaknya
  • Sangrai tepung sagu atau tapioka dengan api kecil selama kurang lebih 10 menit atau hingga tepung terasa ringan ketika di aduk. 
  • Pakai panci tebal waktu menyangrai tepung agar nggak gosong
  • Selalu ayak tepung sebelum di gunakan agar tidak menggumpal dan menghilangkan kotoran2 yang terbawa tepung.
  • Kocok margarin dan gula jangan terlalu lama agar sagu keju tidak melebar
  • ciri lain jika menyangrai dengan daun pandan..itu daun pandannya jadi kering
  • Daun pandang berfungsi menambah aroma wangi pada sagu keju
  • Angin2kan keju sebelum di pakai jika mau lebih renyah
  • Pangan sagu keju dengan api kecil, tapi stabil panasnya tergantung oven masing2
  • Jika sudah matang..biarkan dulu di loyang..hingga dingin agar tidak hancur ketika di angkat
  • Sagu keju bisa di beri variasi , misal di beri pasta pandan..jadi dech sagu keju pandan, seperti yang aku buat sekarang ini. Resep udah pernah ku posting ya...di SINI
  • Jika sagu keju susah di spuit pakai plastik segitiga..karena adonannya berat..jangan panik..pakai aja..jurus jempol..hihi.. Langsung aja adonan di cetak spuit agak besar, cetak manual satu persatu dengan tangan..dengan cara adonan di masukkan ke spuit secukupnya, lalu di dorong pakai jempol..hihi. ( ini tips paling aneh..tapi buat jaga2..berhasil kok teman2...haha ) 
  • Adonan sagu keju itu unik..jika terlalu lembek..nanti melebar ketika di panggang..jika agak padat..susah di spuit..jadi..harus yang sedang2 saja..waktu dan pengalaman lah nanti yang akan menjawab..harus pakai perasaan juga ya ketika  mengocok margarain dan gula, mencampur tepung ke adonan..jika di rasa cukup..jangan di habiskan tepungnya nggak apa2 teman.
  • Sagu sama tapioka beda atau sama ?  Beda dong..tapioka itu sari pati singkong..kalau sagu..dari batang pohon sagu..aromanya aja sangat beda..^^
Ok dech..semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya..Happy baking ^^


14 comments :

  1. Hallo mbak diah... sorry agak melenceng pertanyaanya, aku tertarik bngt sama tepung tempura nya mbak diah, gimana cara pemesananya ya mbak... thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..bisa email aku mba..di bundadidi@gmail.com ya..atau inbox fb atau tinggalin no hp ya ntar ku sms..:)

      Delete
  2. Mak didi, jadi inget learan deh kalo liat sagu keju hihi, ibu mertuaku sering bikin tapi warnanya putih biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..aslinya putih biasa..biar beda..di buat hijo dech..hihi

      Delete
  3. ceileh mbk Dii. . biar waktu dan pngalaman yg mnjawab :-D
    lha aku dri jman kcil dlu kalo bkin yg semprit2 kyak gni pke jrus jmpol trus malah mbk. gk prnah pke piping bag. hihihi
    dlu punya tpi gk pernah d pake. repot. enak pke jempol . lebih cpet . ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..lha pusing je..kalau ada yang coba terus bilang ..punyaku kok meleber.,.punyaku kok nggak bisa di spuit,*padahal udah sesuai resep*..hihi..padahal udah jela sbanget ku jelasin..:) jadi memang ketrampilan dan pengalaman juga penting untuk membuat kue jadi bagus hasilnya..hihi

      Delete
  4. bner bngt mbk. . emng pngalman itu mahal yaa :-D
    contohnya yg udah jlas aq liat sendiri ya ibu sama bulek ku. kdang heran, kok bisa ya pinter bkin kue macem2, padahal juga gk pernah kursus masak, apalagi sekolah kejuruan . . cuman tau resep dr orang2. . d praktekin, dikira2 sendiri, tpi ya hsilnya pasti enak :-D
    alah bisa karna biasa. . hihihi

    ReplyDelete
  5. Hai mbak, sy juga penggemar kuker sagu keju...jdi, kalo misalnya dah terlanjur lembek, yg ditambah tepung terigu atau sagu yaa?? Trims...

    ReplyDelete
  6. Mau tanya klo penyebab Cookies terasa tepung itu kenapa dan bagaimana cara mengatasi nya Yah? Thx

    ReplyDelete
  7. mba diah saya mo nanya penyebab sagu keju itu mudah hancur saat kita comot itu kenapa ya?kebanyakan tepung ato kurang tepung?
    makasi banget infonya..salam kenal

    ReplyDelete
  8. Assalamualakum mbak Diah,

    saya mau laporan nih, tadi malam saya sudah coba bikin sagu keju itu, tapi seperti yang saya khawatirkan sebelumnya, selalu tak cantekk..swirl'nya hilang tak berbentuk lagi..(sambil duduk dipojokan dapur, mikir apa yg salah, sambil pegang kue sagu'nya dilihat dan dibolak balik)
    tapi utk rasanya memang top bgt, cuman saya jadi gak pede kasih ke teman2, karena penampilannya yg kurang cantik..hiks..hiks..

    Salam,
    Yani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengocok margarin dan gula terlalu lama mba mungkin..:)

      Delete
  9. Bener mb, saya sering msalah kue sagu yg adonannya melebar, ato yg terlalu keras smpe cuma bs bentuk model bulat doank. Anehnya, kadang berhasil jg tanpa disangka. G tw jg masalahnya dmn. Klo boleh tw, ada gak sih, ukuran yg pas buat campurannya supy gak kelembekan ato kekerasan? Ato, brp lama sih waktu mixerin supya adonan gak kelembekan? Makasih bnyak infonya y mb... Salam kenal^-^

    ReplyDelete
  10. Bener mb, saya sering msalah kue sagu yg adonannya melebar, ato yg terlalu keras smpe cuma bs bentuk model bulat doank. Anehnya, kadang berhasil jg tanpa disangka. G tw jg masalahnya dmn. Klo boleh tw, ada gak sih, ukuran yg pas buat campurannya supy gak kelembekan ato kekerasan? Ato, brp lama sih waktu mixerin supya adonan gak kelembekan? Makasih bnyak infonya y mb... Salam kenal^-^

    ReplyDelete